Senin, 30 Maret 2009

Postingan di Saat Kelas yang Terkonci

Tadi pagi waktu kuliah humidifikasi dan pengeringan ada kejadian konyol dan menggemparkan terjadi. Tatkala kita kudu mempresentasikan tugas yg udah dikasi dosen. Waktu aku udah nyampe di kampus baru aku inget kalo ada bahan materi yg tertinggal. Hahaha...akhirnya aku ijin ke dosenku, Prof. Bambang buat ijin ke toilet. Padahal aku langsung ngibrit balik lagi ke kontrakan buat ngambil bahan yg tertinggal terus balik lagi ke kampus tercinta.

Waktu udah nyampe pintu nih, aku coba buka pintunya, pengen segera masuk karena nyadar agak lama daku keluar kelas. Waktu mau buka, Eh...kog susah dibuka??! Aku coba sekali lagi, tapi tetep gak bisa kebuka. Eeeeeeh...aku makin cemas. Aku SMS Dhani buat keluar sebentar, sekedar bukain pintu dari dalam. Belum di bales.

Kacruuut...pikiranku udah ngerasa gak enak nih. Jangan2 dosennya lagi sensi ma aku?? Jangan2 anak2 pada eneg ngeliat mukaku?? Jangan2 dosennya tahu lagi aku cabut dari kel;as tadi??! Jangan2 mereka bersekongkol buat ngunci aku dari dalem biar gak bisa ngebiarin aku masuk??!...Akh terlalu banyak pikiran2 jeleknya yg muncul.


Aku bengong dan bingung. Jelas banget aku gak bisa dapet ilmu, gak bisa absen, dianggap bolos, dan gak bisa maju presentasi. Akh...kacau..kacau!! Aku cuma kluntang-kluntung di kampus bingung mau ngapain. Agak lama akhirnya Dhani lewat SMS bilang ke aku,
"Yud, kata Prof. Bambang kamu disuruh ke pengejaran. Bilang kalo pintu kelas terkunci. Temuin Pak Kari (penjaga gedung)."

Aku shock. Ternyata pikiranku kalo mereka udah eneg liat aku sama sekali gak beralasan. Sesaat aku seneng. Tapi ada suatu tanggung jawab berat yg aku kudu pikul : membebaskan temen2ku dari Prof. Bambang! Eh salah!!!!...Menyelamatkan temen2 dan prof. Bambang yg kejebak di kelas. Tanpa banyak ba bi bu lagi, aku lari ke pengajaran. Aku bialng ke bu Ani, pegawai di situ,

"Bu Ani, Prof. Bambang kekonci di kelas, gak bisa keluar!..."
Reaksi pertama,
"Haaaaah...kog bisa?!!!

Akh geblek-geblek! aku malah memperparah keadaan. Harusnya aku gak bilang seolah keadaan bener2 genting, padahal cuma kekunci biasa aja. Jelas aja reaksi Bu Ani kaya gitu, guru besar teknik kimia selevel Prof. Bambang seperti beliau khan gak lucu tuh ke konci di ruangan kelas.

Sesaat di ruang pengajaran, sedikit heboh ngedenger berita dari aku. langsung pegawai2 disitu segera menghubungi Pak Kari (penjaga gedung) buat ngebenerin pintu kelas yg secara gak sengaja aku baru tahu, terkunci dengan sendirinya. Akhirnya Pak kari pun datang, dengan muka tanpa ekspresi beliau dgn entengnya ngebenerin kunci pintu dan akhirnya pintu kelas pun terbuka.

Hurrray....Huuurrray!!

Siapa superheronya??!!?? Kuis buat kalian. yang bisa ngejawab dapet foto eksklusif dari aku. Wakhakhakha...bercanda ding!

Tapi abis kelas terbuka. Aku gak masuk kelas lagi. Aku udah terlanjur sakit hati karena gak bisa masuk. Uuukh!!

Jumat, 27 Maret 2009

Kebiri yang Punya Laundry!!

Kebiri yg punya laundry. Mereka udah bikin pakaian2ku kelunturan gak karuan gini. Kemeja putih satu2nya sukses mereka nodai. Oh tidaaak....koleksi baju2 kuliahku berkurang!!! Malapetaka! Apa kata temen2, sahabat2, pengemar2ku nanti?! Kemungkinan terburuk :
1. Pasaranku bakalan turun
2. Kontrak syuting aneka makhluk buatan langka bakal diperpendek
3. Dicemooh infotainment
4. Dikucilkan dari masyarakat, dan
5. Aku sebagai android paling cute n chubby-chubby di planet ini bakalan dilempardari bumi ke galaksi yg tak bernama. Oooooooh....ini mimpi buruk!

Terbilang jarang aku ke laundry. Kalo gak bener2 gak ada waktu buat nyuci sendiri, aku dgn terpaksa nyerahin pakaian2 kesayanganku itu ke laundry deket kontrakan rumah. Aku orang yg lebih percaya nyuci pakaian sendiri daripada nyerahin ke siapapun sekalipun itu ortuku. Mereka itu kadang memperlakukan kemeja sama aja dgn memperlakukan celana jeans. Pernah sekali aku liat mereka sikat tu baju yg kainnya alus dgn gaya orang yg lagi nyikat WC. Ssreeek...Ssreeek...! Oh tidak! Aku kapok, akhirnya sejak SMA aku udah usaha buat nyuci sendiri. Belakangan aku baru tahu apa yg aku liat dulu itu adalah akting mereka biar aku bisa mandiri gitu. Yah, mereka berhasil!!

Ketika aku buka bungkusan yg isinya baju2 hasil laundry-an itu, aku kaget bukan kepalang. Sempet sekilas, aku mikir "Loh, kemarin di kemeja ini gak ada corak ginian?? Sekarang kog jadi ada?! Apa mbak2-nya yg ngasih desain baru buat kemejaku ini? Geblek, kog aku ya masih sempet2nya mikirin itu. Terus barulah tuh aku sadar kalo ada yg gak beres dgn ini semua.

AaaarrrgggHH....siapa yg ngelunturin bajuku??! Whoooey...coraknya jelek, gak suka!! Tanggung jawab whoey!!

Seketika aku nyoba nyari kuitansi penerimaannya. Baru inget udah aku buang tadi. (Aiiih dasar dong-dong!) Alhasil aku hanya bisa meratapi baju2ku ini. Aku kapok ke laundry, sedangkan anak2 serumah pada tahu kasusku dan gak akan ngelaundry disana.

Pelajaran moral :
Jangan percayakan pakaian2 kotormu pada orang lain. Apalagi underwear2 kesayanganmu, jangan heran kalo jumlahnya bisa berkurang. Lebih baik nyuci sendiri.
*gak nyambung*

Kamis, 26 Maret 2009

"Makanya ditulis dulu..."

Ternyata saran dari temen2 banyak benernya juga.

"Kalo mau ngomong ditulis dulu point2 apa yg mau disampein, biar gak belibet..."

"Makanya ditulis dulu..."

"Daripada malu, mending kamu baca aja apa yg kamu tulis..."

Aku baru ngerasain manfaatnya pas ketika seharian ini ada rapat kerja di organisasiku (FST). Aku harus maparin program kerja satu tahun ke depan yg udah kita buat bareng2 staf. Aku asli gugup ketika udah deket giliran aku presentasi dan ternyata SekDept-pun sama2 deg-degannya pula karena bakalan dilihatpengurus2 yg lain. Sampe tak bela2in gak ke kamar kecil dan lebih baik nahan pipis karena takutnya giliran buat aku bisa kapan aja.

Huhuhu...untung gak terkencing2 waktu presentasi dan so far alhamdulillah berjalan baik. Gak bisa bayangin deh, kalo ada sesuatu yg basah yg ngerembes di celana di tengah2 aku presentasi. mau kasi alesan gara2 dateng bulan juga gak bakalan diterima. Haduh...mau aku buang ke mana ni muka, jika bener2 kejadian...

Ketika udah deket giliran, jantung udah Dag...Dig...Dug...Dhuerr!! Aku nyoba tarik nafas, gak manjur. Aku komat-kamit baca do'a, mental. Aku niat pengen push-up biar irama jantung teratur juga bakalan dicap orang hyper. Dilematis abiss! Di tengah2 jantung yg degubnya udah kaya lari marathon, aku inget saran2 dari temen2 tadi. Akhirnya aku tulis semua point2 penting yg akan aku sampein, termasuk gagasan2, pemikiran2, ide2, dan sedikit jokes buat memeriahkan suasana. Dari hasil pemikiran point2 yg aku liat loncat2 gak beraturan gini, aku nyinkronin satu2 dan ngoneksiin satu sama lain. Akhirnya jadi sebuah bahan pemaparan yg bagus. yang ada sekarang aku malah jadi Pede dan gak sabar pengen presentasi. Once again...Thanks Ya FrenZ!

Mulai sekarang ketika mau bicara di depan banyak orang, emang kudu prepare semuanya biar terlihat perfect. Paling gak point2 yg mau disampein bisa tersampaikan dan gagasan kita bisa dipahami orang lain.

Aku menilai diriku sendiri sebagai sosok yg terkadang terlalu berapi2 ketika mau nyampein gagasan ke orang lain. Dari yg berapi2 itu terkadang lagi masih berupa point2 yg masih tercipta acak. Jadi ketika moment aku ngomong terkadang lagi dan lagi suka belibet. Moga ke depan aku jadi lebih baik...

Selasa, 24 Maret 2009

Pengen Blogging tapi...

Aaah semrawut...semrawut!! Alarm hape gak pernah bisa bantuin aku buat bangun pagi. Ketika alarm berbunyi dengan bodoh dan gilanya (karena gak punya kesadaran) bangun terus lari dan langsung ngabisin nyawa sang hape dgn nge-shutdown tanpa kesadara. pula. Abis itu dgn linglung melemparkan diri kembali ke kasur dan ngelanjutin mimpi yg tertunda. Aku baru tersadar lagi ketika anak2 pada bangunin aku buat sholat subuh. Emang dasarnya aku kebo binal yg selalu kurang belaian kasur, tanda2 kesadaran aku pun segera lenyap seabis sholat, kadang aku bisa tidur di atas sajadah. Parah!!

kesemrawutan pun berlanjut tatkala kuliah yg selalu jam 07:30 dgn pede-nya aku bangun jam 07:20. Sepuluh menit lagi kuliah dimulai. Aku langsung ngambil pakaian, ngambil peralatan mandi dgn jurus kodok mabok menahan nafsu aku berjalan ke kamar mandi seperti lunglai dan lemah gemulai sambil makan gulai! (Klothaak!! seseorang ada yg nimpuk aku pake gayung dan berkata, Apaaaan sih loe?!!)

Aku pontang panting ngeraih tas dan ngacir menuju kampus. Telat sepuluh menit. Aku ninggalin kamarku, berantakan gila! Sisa keberingasan semalam (emang ngapain aja mas ??!!). Sampe sekarang aku masih belum sempet ngeberesin semuanya.

Tadi waktu kuliah Matematika Teknik Kimia II, mata ini masih merah sisa kelelahan semalam ngerjain proposal PKM. Asli pedes banget. Aku selama kuliah tadi ngucekin mata mulu sampe berair. Temen2 bilang aku kaya abiz diputusin gitu. Putus nenek moyang loe, pacaran aja kagak!

Hari ini aku pengen banget blogging. Siang tadi abis kuliah 3 sks tadi, aku masih sempet bisa pulang ke kontrakan. Kurasa waktu yg sempurna buat nulis. Ketika mau nulis, alamak...aku nge-blank!Rasanya pengen bget nge-blog tapi gak ada yg mau ditulis. Di kepala itu ide2 sebenernya meletup-letup berebut pengen bget ditulis. Tapi yg bener2 pengen banget ditulis itu gak aa. an dgn begonya aku ketiduran pula. Gagal sudah.

Abis dhuhur, aku bangun. Balik lagi ke kampus. Ada kuliah Metodologi Penelitian jam 2 siang ini. Aku masih penasaran kog bisa aku nge-blank tadi. Sampe2 di dalam kelas tadi aku mikirin itu mulu. Maklum masih pemula di dunia blog, jadi perasaan kaya gini ditanggapi secara serius. Aku sukses bengong aja di kelas. Apa yg dosenku bilang di kelas pun sama sekali gak ada yg nyanthol di otak.

Giliran dosen nanya ke kelas, ada penjelasan yg mungkin kurang jelas, aku tersadar dari lamunan. Sontak karena aku ngerasa bersalah karena gak ngedengerin apa yg dosen bilang di kelas tadi aku dgn sok toy gak tahu bahaya yg akan aku hadapi, aku ngacungin tangan hendak bertanya. Hehehe...cari muka dikit seolah aku merhatiin pelajaran terus dari tadi. Ketika semua mata tertuju padaku dgn pede-nya aku bertanya tentang ribetnya bikin penelitian. Tapi pertanyaan tadi entah akunya yg salah ngomong atau dosenku yg gak begitu paham omonganku, ngejawab dgn kalimat yg sama sekali gak nyambung dg apa yg aku tanyain. Aku nanyanya kesana beliau jawabnya kesitu. Akhh...roaming bget deh! Oke, lengkaplah sudah keanehan hari ini.

Kenapa ya bisa nge-blank gini??

Senin, 23 Maret 2009

Jelajah Bandungan

Hmm...sebenernya agak telat juga baru ngepost kegiatan jalan2 ke daerah Bandungan bareng temen2 kuliah hari Kamis kemarin. Itu semua gara2 akhir2 ini hari-hariku bisa digambarin dgn 3 kata : pusing, capek dan ngantuk. Kuliah ga bisa dianggap enteng (dari dulu ding!), makin kesini makin spesifik dan makin complicated. Sebenernya hari itu sebagian anak2 ada 2 mata kuliah, tapi berhubung dosennya ngedampingin angkatan 2006 buat Studi Industri ke Jogja, beliau minta ngeganti hari. Kapan lagi ada hari kosong dan kesempatan buat ngumpul seneng2 bareng, akhirnya dimanfaatin buat ngadain acara melancong ke Bandungan.

Kamis kemarin kita jalan2 ke daerah Bandungan, kita mampir ke umbul Sidomukti, ke Candi Gedong Songo dan makan gurame bakar. Umbul Sidomukti banyak wahana yg bisa dimainkan, kaya Flying fox, ATV, Jembatan tali, kolam renang, pancingan, dll...wah mungkin seharian kayanya gak cukup. Tapi bukan salah anjing menggonggong sehingga kafilah berlalu, di tempat loket masuk, tertulis gedhe disitu HARI KAMIS TUTUP. Nah lho!! Kenapa hari kamis sih??! Kita sama2 bingung n kecewa udah jauh2 kesini. Jadinya kita cuman liat2 dan poto2 doang, gak bisa nyobain wahana yg ada disitu.
Cah Ganteng menaklukkan Sidomukti, Eh...liat tuh jembatannya, dibawahnya itu beneran jurang!

Rejonk said, Eh Yud bintangnya banyak ya...ukh romantis!
Yudex said, eh iya Jonk,co cwiiiit buruan make a wish
!

Perjalanan lanjut ke Candi Gedong Songo, namanya aja Gedong Songo,berarti ada 9 candi disana. Tapi kita udah keburu capek n laper dan akhirnya cuman sampe di candi no.3. Abis itu balik lagi. Kita dilanda aus dan capek, pengen segera makan. Dan rangkaian jalan2 ini ditutup dgn makan gurame bakar di daerah Jimbaran. Wisata yg singkat memang.

Rombongan Karang Taruna

Candi ke-1

Nungguin gurame bakar...
Eh beitewei rasa hape itu gimana ya?! udah pernah ada yg nyoba nelen???


Ayo gurame kesini dong...

Sabtu, 21 Maret 2009

Tinggal di Rumah VS Tinggal di Kontrakan

Roda bus kota menggelinding pelan menelusuri jalan2 di kota Solo. Baru aja aku pindah angkutan dari bus ekonomi jurusan Semarang-Solo dan beranjak naik bus kota Damri jalur B menuju rumah sebenernya. Aku mencoba mengamati setiap detail jalan yg dilewati, adakah yg berubah dari wajah kota ini. Aku melepas pandangan ke spanduk2 dan baliho yg tergantung acak disitu, adakah acara, pergelaran, seminar, atau kegiatan apapun yg akan digelar di weekend ini hanya sekedar untuk membunuh rasa bosen selama aku di rumah. Tiba bus kota di depan jalan arteri Slamet Riyadi. Ada pasar baru yg dibuka disitu, namanya Night Market Ngarsopuran. Terletak di jalan Diponegoro.

Nyampe rumah, langsung memberangus makanan2 yg tergeletak bebas di meja makan. Ada tahu, roti, dan segelas teh hangat milik ayahku. Hmm...rasanya makanan paling enak di dunia adalah ketika makanan nyampe di mulut yg udah begitu lapar. Dalam sekejap isi meja udah bersih, ayahku cuman bisa sinis dan minta aku ngebuatin wedhang teh lagi. Adikku Windi lagi buat mie instan. Rasanya cacing di perut masih bergoyang2 minta makan lagi. Akhirnya aku merengek ke adikku utk ngebuatin mie buatku.

Aku : Ndi, buatin aku juga dong! Laper nih, tadi siang belum makan.
Windi : Buat sendiri lah! Ogah ah!
Aku : Ayolah, aku juga minta kamu buatin belum tentu setahun sekali khan?!
Windi : Halaaah...kayanya aku juga seumur idup gak pernah tuh mas buatin aku mie. Weeeek!!
Aku : (kutatap matanya, kupancarkan tatapan paling memelas) Tega bget sih sama kakakmu ini?...
Windi : Iye...iye...mau apa? goreng ato rebus?
Aku : Goreng!! (aku menjawab dgn mantap)
Windi : Hukh, udah berasa kaya raja aja mas, nyuruh2.
Aku : ya..gitu deh!! (langsung nyelonong mandi)

-------------------------------------

Ada suatu perasaan yg sama setiap kali aku pulang ke rumah. Rasanya fasilitas yg aku dapet di rumah bersama keluarga itu beda sama fasilitas yg aku dapet waktu di rumah kontrakan bersama temen2 kuliah.

Kalo di Tembalang, Semarang bisa dibilang makanku begitu teratur dan tinggal pilih mau makan apa secara disini banyak bget warung2 makan atau resto yg berdiri sepanjang jalan daerah kampus. Aneka makanannya banyak tuh, tinggal pilih. Sepanjang uang yg aku punya baik dari kiriman ortu atau dari hasil ngajar privat, aku bener2 bebas mau nyari makan. Kalo sarapan seringnya makan roti tawar susu ditemenin segelas favorit nescafe classic , karena aku penggemar berat kopi. Makan siang atau lunch seringnya di warung makan Nyamleng atau di kantin kampus. Kalo dinner seringnya anak2 nyoba2 masuk warung2 penyet yg seabreg di jalan dan nyoba bandingin enaknya di warung2 yg lain.

Nah kalo di rumah, tentunya aku kudu nyesuain ama makanan yg dimasak ibuku. Kalo di kontrakan khan makanan yg nyesuain ama mood-ku. Tapi masakan ibuku tuh top markotop dah, mau masakin apa aja, berasa enak kecuali kalo ada pete, jengkol, dan terong bakal nongol di panci sayur. Uuukh...Aku mending nyari makan di luar di sekitaran kampus UNS yg jaraknya deket ama rumah.

Itu baru urusan perut. Kalo di rumah kaya gini, aku ngelakuin aktivitas yg gak begitu berarti. Pulang itu ya cuma pengen ngilangin penat aja karena kalo dah di kampus aku bakalan tenggelam dgn aktivitas yg seabreg banyaknya. Dari mulai kuliah, nyalin tugas n pe-er temen (lhoh?!), ngerjain laporan praktikum, ngurusin organisasi, de-el-el.

Urusan hangout juga jadi berasa beda disini. Di rumah, gak ada yg bisa diajak main cuma sekedar nonton, wisata kuliner nyoba2in makanan baru, atau cuman jalan2. Mau main ke tempat temen SMA udah susah. Nah kalo di kontrakan, aku bisa ngajakin anak2 sekontrakan kadang juga temen2 kampus. Banyak lah yg bisa dilakuin kalo udah bareng2.

Oh ya satu lagi, kalo di rumah kalo mau online kudu ke warnet, agak mahal lagi. Sedangkan kalo di kampus bisa ber-wifi ria, online di perpus, di pengajaran, di Pojok BNI Widya Puraya, di warnet pun, aku biasanya ngambil paket, misalnya gocenk / 3 jam, atau tengah malem bisa betah 5 jam ber-online ria di warnet sekitaran kampus dgn harga fantastis.

Rabu, 18 Maret 2009

Menemukan Keutuhan Hatimu

Aku mulai denger makin banyak dari temen2ku yg sekarang udah pada punya pacar. Sedangkan di sisi lain dgn statusku yg masih belum berubah hingga sekarang jadi jojoba (jomblo-jomblo bahagia). Kadang aku pengen sekali tahu motif apa yg membuat mereka mau ngejalanin hubungan yg dekat secara emosi itu. Apakah mereka menemukan keutuhan hatinya bersama kekasihnya? atau hanyalah ingin membunuh rasa bosan karena terlalu lama kesepian?! Pengen baget aku nanyain ke mereka, tapi aku tahu pasti ada yg akan merasa terusik jika pertanyaan ini bener2 aku lempar ke mereka atau kudapati jawaban yg takkan memuaskanku.

Mungkin yg barusan baca bakalan ngatain aku orang yg sok jual mahal, sok ganteng, sok imut walaupun ada benernya. Hahaha...padahal kalo ada yg maupun itu gara2 khilaf dan aku pun langsung tumpengan di rumah. hehehe....Eniwei, bukankah orang itu kudu Pe-De kalo kita banyak kelebihan walaupun minusnya juga naudzubillah buanyaknya. Bukankah semua orang diciptakan tak ada yg sempurna. Di dunia ini manusia sempurna itu ada dua, yg satu udah meninggal dan yg satunya belum lahir. Artinya the perfect person is nothing here!! Ada yg ganteng banget, tapi mukanya idung semua. Ada yg punya betis indah, tapi jari kakinya jempol semua. Kan gak lucu tuh!? Hehehe...walaupun sebenernya juga gak se-exstreme itu sih...

Back to the topic.
Okelah kalo ada yg bilang mungkin aku orangnya terlalu pemilih dan mempersulit diri. Tapi bukankah keberlangsungan suatu hubungan itu tergantung dari kadar cinta yg dimiliki diantara mereka?? Menurutmu, orang itu memilih untuk berpacaran hanya karena igin menghilangkan dahaga karena kesepian itu hubungannya bisa long life?? I don't think so...
Alangkah mengesankan ketika kita menemukan keutuhan hati kita di hatinya?? Seseorang yg sebenarnya adalah kamu yg sebelumnya belum kamu temukan hingga akhirnya dia ada di hadapanmu, disampingmu dan bersamamu saat ini??
Hubungan yg terakhir kali aku jalin bersama cewek berlangsung selama kurang lebih 3,5 tahun. Dulu kita sangat cocok, tapi sekarang she just someone in the past. Hubungan kita berakhir dgn sukses tanpa ada kebencian sedikitpun didalamnya.

Dalam 4 paragraf ini, aku cuma penasaran ajah karena pertanyaan2 itu begitu buat aku terusik dan menyingkirkan textbook "transport phenomena" dan ngepost blog ini. pertanyaan yg ditujukan kepada mereka yg sedang atau mau menjalani sebuah hubungan. Mungkin pertanyaan itu juga buat aku...

Senin, 16 Maret 2009

Ngawul di Simpang Lima dan Pengumuman Seleksi

Minggu pagi jam 5 kemarin aku sama temen2Q udah nyampe di Simpang Lima, kita mau ngawul men! Tahu ngawul ga? artinya itu jualan. Apa yg kita jual, kawan?! Kita jualan pakaian bekas yg masih layak jual tapi gak layak pakai! Hehehe…bercanda ding! Simpang Lima kalo minggu pagi banyak orang yg jalan2 sambil belanja. Udah kaya pasar, tapi cuman ada di Sabtu malem dan minggu pagi. Tujuan kita ngawul tuh pengen ngehimpun dana buat kegiatan organisasi kita. Dari pakaian2 yg udah gak kepake’ dari temen2 semua kita kepul disini dan terus kita jual.

Perlu kalian tahu, ini adalah pengalaman pertama aku jualan di Simpang Lima. Dan karena ke-soktoy-anku dalam hal jual-menjual akhirnya membawa banyak cerita disini. Nyampe disana udah lumayan rame, kita langsung ngegelar dagangan. Dari ilmu yg aku dapet dari bertapa sambil puasa 30 hari 30 malem di gua monyet, menyelami gunung mendaki laut ke barat mencari kitab suci akhirnya aku menerapkan ilmu yg udah aku dapet disini. Tak lama beberapa orang dateng ngeliat dagangan kita. Transaksi pun tak terelakkan…

Aku : Mari bu’ liat2 dulu! Ibu cakep deh kalo pake celana jeans ini. Coba deh Bu’!! (mengeluarkan jurus rayuan monyet)
Pembeli 1 : Wah mas celananya ya gak muatlah buat saya, Mas ini gimana sih?! (agak sebel sama aku)
Aku : Tapi modelnya bagus kalo yg make Ibu’ (terinspirasi dari the power of kepepet)
Pembeli 1 : Bagus dari mananya, lha wong gak muat gini! (ibunya makin kesel ma aku)
Aku : Yaudah deh, kalo gitu. Ibu diet aja dulu. Ntar juga pas buat ibu. Beli yah Bu’?!
(Terdengar suara sandal nimpuk jidat orang)

Pembeli 2 : Mas celana jeans ini harganya berapa?
Aku : 20 ribu mbak

Serius, barang2 disini diobral murah gila, celana jeans yg paling mahal disini harganya 20 ribu ada yg kejual cuman gocenk pun banyak.

Pembeli 2 : Wah, mahal banget, separonya
aja, ntar aku beli deh!
Aku : Ehhmmm…boleh setengah harga, tapi celananya biar tak potong setengahnya dulu ya!
Pembeli 2 : Akh, gak asik nih masnya nih!
Dalam hatiku pengen ngumpat, Situ Yg Gak asik!!


Untuk menarik perhatian khalayak biar makin dirubung kaya monyet rebutan pisang akhirnya kita pake promosi suara. Pengennya ada yg bersedia jadi penari perut tapi bakalan gak ada yg mau, bisa2 aku ikut dijual karena terlalu komersill, akhirnya kuurungkan niatku. Emang aku yg udah punya bakat entrepreneur, gak bisa aku tahan lagi apapun caranya buat ngasilin duit sebanyak2nya dari ngawul ini. Sekali lagi aku n temen2ku makin kenceng tereak2 buat narik massa. Ayo…ayo…dipilih…dipilih!

Obral abiz …Obral abiz! Monggo-monggo dipun pirsani rumiyin!

Silahkan diliat diliat, peduli mahasiswa…peduli mahasiswa! Kasihanilah kami…buat ngedanain penelitian (lhoh?!)

Yang beli saya do’ain cepet dapet jodoh, panjang umur, rejeki lancar, tambah cakep!

Yok, yang dingin…yang dingin! (Eh mas, ni jualan pakaian atau jualan aqua!?)

Celana pendek 5 ribuan aja, bisa dipake semua jenis pria mau pria tulen, jadi-jadian, pria matang, pria setengah matang (emang telor!). Serba guna selain buat celana bisa buat serbet, dan tentunya bisa buat topi, Ayo mas-mas dan mbak2 yg pengen lebih disayang pacarnya, beli kolor ini. Ni serius, aku tereak2 penuh gairah! Aku sadar ternyata betapa aku menjiwai lakonku sekarang. Hohoho…! Hahaha…baitewei eniwei itu hanya beberapa kejadian tawar menawar yg nyeleneh, yg gak bakalan orang mau beli kalo yg ngejual aku. Bermacam2 orang yg beli dagangan kita dari mulai penjual lain sampe pemulung pun ada yg sanggup beli produk kita. Kalo penjual lain, sangat biadab kalo masalah tawar menawar. Bayangin 7 potong pakaian, dihargai 30 ribu doang. Itu berarti sepotongnya berapa ya?!...Terus dari sini pakaian2 tadi bakalan mereka jual lagi, tentunya harganya lebih tinggi dari yg ia beli. Padahal pakaian2 ini masih banyak yg bagus2 loh! Tapi so far kita dapet lumayan dari sekali ngawul ini, Dito ngitung kita dapet 400-an ribu lah. Kata temen2Q yg biasa ngawul disana, angka penjualan yg aku lakukan terbilang fantastis! Mereka menyatakan bangga dan puas dgn kinerjaku. Dan aku dinobatkan sebagai sales tergokil versi tabloid Bobo. Menurutku sih…Hmmf…Biasa aja tuh (sombongnya!).

----------------------------------

Jam 8-an kita berkemas buat pulang, dan aku kudu balik cepet ke kampus buat interview hari kedua, untuk bakal calon staff Dept.Technopreneurship yg akan bekerjasama dgn aku untuk kepengurusan satu tahun mendatang. Seperti kemarin wawancara digelar sampe sore. Dan hasilnya, lebih dari yg aku bayangkan. Dari lima departemen yg ada di FST, departemenku yg paling banyak peminatnya. That’s a lot of number for a open recruitment! Sekarang aku jadi bingung milih best of the best person yg ikut seleksi. Semuanya punya keunggulan2 yg bisa dibanggakan. Beberapa dari mereka udah sering ikut KIR (Karya Ilmiah Remaja) di sekolah dulu, ada juga yg jebolan anak2 olimpiade. Sedangkan aku sendiri gak punya prestasi yg bisa aku banggain. Once again, kalian luar biasa! Aku mau gak mau harus milih 10 orang aja dan lainnya mungkin bisa di-switch di departemen yg lain. Dan bismillah…moga pilihanku ini gak keliru dan ini yg terbaik. Dan kemarin itu juga, udah terbentuk staff 2009. Congratulate for U all guys!!

----------------------------------

Proses seleksi udah berakhir jam 7malem, habis itu aku kudu ngajar les. Muridku anak SMA kelas 2,besok dia ada mid semester, jadi aku agak sedikit bekerja keras buat ngajarin dia. Tanggung jawab moral, kalo murid asuhanku ini gak ngalamin peningkatan nilai akademik. Aku pulang ngajar sekitar setengah10, nyampe rumah jam 10. Aku tepar, dan tewas kelelahan. Bau kecut karena cuman mandi tadi pagi aja, kalo mau malem itu takut kena rematik. Masih punya waktu nih buat sarapan n bikin jurnal ini. Udah hari senin lagi, waktu kaya cepet bget berlalu. Kembali ke bangku kuliah dan nyerap ilmu dari dosen.

I Love Monday!

Sabtu, 14 Maret 2009

Hasil Meng-interview Hari Pertama ini...

Bibirku kering, mata jadi sayu dan akhirnya terkapar di kasur setelah seharian ini meng-interview calon2 staff Departemen Technopreneurship. Capek banget, dari jam 9 pagi sampe 3 sore nonstop ngadepin berbagai macam orang dan mengutarakan pertanyaan yg isinya sebenernya sama dan berulang2. Wawancara ini ada;ah gerbang utama temen2 mahasiswa teknik 2008 untuk masuk ke sebuah komunitas yg namanya FST. Aslinya sih gak nyangka ternyata banyak juga yg minat masuk Forum Studi Teknik yg akhirnya aku kewalahan sendiri meng-interview satu-satu. Belum lagi abiz interview kudu kumpul lagi buat evaluasi hari ini dan briefing buat besok. Aku bisa disentri kalo begini terus...!

Forum Studi Teknik, suatu organisasi mahasiswa tingkat teknik yg konsern terhadap masalah penelitian yg iklimnya di UNDIP masih belum begitu berasa. Aku diamanahi jadi Kepala Departemen Technopreneurship pada kepengurusan FST 2009 ini. Jadi setahun mendatang aku bersama temen2 2008 ini akan bekerja bareng ngejalani program2 kerja Departemen nantinya. Lewat interview seharian tadi, terlepas dari capeknya mewancarai temen2 tadi, aku cukup bangga dgn mereka. Betapa minat dan komitmen mereka bisa ngebuat aku yakin kalo lembaga ini bisa makin maju bersama mereka. Aku jadi makin semangat buat nyusun program2 kerja bersama mereka. Kalian luar biasa!!

Aku jadinya makin dibuat gak sabar pengen segera gelar rapat perdana bersama mereka. We'll be a great team you know!

Chayo...Chayo!!...sangat-sangat berapi-api nih!!

Jumat, 13 Maret 2009

Pengen Berantem Sama Cuaca

Sekarang aku lagi pengen ngelabrak cuaca akhir2ini. Aku pengen ngajak berantem ma dia sekarang. Maunya dia apa sich??!! Tadi dari abiz sholat jum'at sampe kuliah selesai, asli gerah bangetBo'!! Semua temen dan dosenku sampe ngeluh dibuatnya.Terus waktumau pulang ke rumah, kagak ada angin, kagak ada topan (emang ada gituh?!) tiba2 ujan deres. Sebenernya sih kejadian biasa, tapi hari ini gak. Aku baru aja nyuci semua pakaianku yg seabreg itu dan aku jemur di luar!! Aaakh dasar kura-kura!! (hehe...serapahnya imut ya...kura-kura disalahin)

Seminggu ini aku belum nyuci sama sekali , gak sempet gitchu loch. Aktivitas banyak di kampus, dari jam 07:30 sampe 16:00, setiap hari 5 kali dalam seminggu dari Senin sampe Jum'at.Weekend kalo gak pulang ke Solo ya main2 ma anak2dan ngeberesin kamar sambil bersih2. Kalo ada yg pernah masuk ke kamarku terus dia langsung cerita ke temen2 kalo di kamar Yudie ada puluhan kain gombal kotor ada dimana2. Well...emang bener adanya. Tapi keliru dikit sih, itu bukan gombal sebenernya. Itu pakaian2ku yg kotor yg belum sempet kecuci. Terpampang dan terpajang indah di setiap dinding kamar. Sekilas seperti lukisan maha agung yg dihasilkan dari sentuhan tangan pemuda ganteng tak tahu malu ini. Hahaha....!!! Soal karya seni itu aku 121% ngaco!! Tetep aja pakaian kotor. Dasar kura-kura!! (lagi khan, kasian bget tuh kura-kura)

Pokoknya cuaca di Semarang gak tentu gini sekarang. Kadang panasnya minta ampun terus tiba2 ujan dgn sendirinya. Sering juga terjadi hujan lokal. Kawasan Semarang atas (tembalang-red) hujan deres di Semarang bawah malah kaya kota spa, panas abiz! Gak bisa diprediksi.

Yep, demikian laporan pemantauan cuaca di tembalang dan sekitarnya. Prayudi Eko...kontributor Semarang. Melaporkan. Kembali ke laptop.

Abis ini Nyewa film akh...

Happy Friday Night Guys!! ^_^

Kamis, 12 Maret 2009

Dipecundangi Main Winning Eleven dan Crash Nitro Kart

Aku bukan bocah gaptek.

Tapi anak2 bilang kalo aku gaptek. Aaarrrgh...kejamnya dunia. Gimana bisa, cuman gara2 gak bisa main Winning Eleven, anak2 kompakan bilang aku bocah gaptek. Yaa ampyuuun...!

Orang serumah sekarang punya kebiasaan baru semenjak Cahyo gabung jadi anggota An-Nadzir Boys, main PS 2. Bagi mereka Cahyo udah kaya Barack Obama yg ngasih permen rasa kuku kaki buat anak2 kecil. Seolah dia ngebawa perubahan bagi dunia. Beginilah adanya, suka gak suka Cahyo memberi hiburan baru. Dan aku adalah pihak yg gak suka.

Pernah nyoba main WE, hasilnya sangat memalukan. Aku hobi bget ngoleksi kartu merah. Dari mulai jegal kiper waktu masih megang bola sampe dapet kartu kuning gara2 jegal pemain. Hasilnya bisa ditebak, penalti yg kalo diitung gak cukup pake satu tangan. Dan hasil skornya sangat memilukan bagi orang yg ngeliatnya, selalu diatas lima dan aku gak pernah masukin satu gol pun. Ada juga kalo stress suka masukin bola ke gawang sendiri.

Kalo mau nantangin main game racing, boleh aku berani. Kan cuman mencet gas terus belokin ke kanan kiri doang. Gampang n simpel abiz. Ari nantangin aku buat main Crash Nitro Kart, balapn konyol yg bisa ngeluarin bom, roket, angin topan dan senjata mematikan lainnya yg intinya bisa nyampe finish duluan. Aku baru pertama kali main game ginian. Katanya sih seru n gampang mainnya. Ya sutralah, akhirnya kuturuti kemauannya...Ayo Ri' kalau mau menang, langkahi dulu kolor-kolor kotor ini!! Hohoho...!!

Dua menit kemudian

Aku jadi bulan-bulanan Ari, di bom, kasi roket, di pasangin jebakan. Jadinya aku dicincang, dihabisin, dikoyak secara membabi buta. Ari cuman bisa ngakak terus selama permainan dan aku makin lama makin esmosi denger ketawanya. Pengen sekali aku bekap tu mulut, sumpelin tu lobang idung, kucek tu mata n makein topi tu kepala dgn kolor2 bau itu. Huukh....aku merah padam ngeliat gokart-ku dibuatnya ncur lebur dibuatnya dan finish di posisi paling buncit mulu.

Lima belas menit kemudian.

Aaaarggh...Game-nya Gak Seru!!! Aku tereak sambil ngelempar tu stik PS ke kasur. Aku ngambek. Ari dgn sukses mempecundangin aku dgn game yg satu-satunya ku kuasai. Aku jadi semakin ilfill ma PS. Dan seterusnya...aku mending milih jadi penonton setia aja daripada dapet malu dipecundangin terus...Huhuhu...T_T

Senin, 09 Maret 2009

Yudex Nglurug Sekaten

Wew acara Wedangan Solo Raya (WSR) Nglurug Sekaten minggu kemaren dapet banyak pengalaman baru. Untuk pertama kalinya aku bisa kenal secara langsung para multiply-ers Solo Raya yg tergabung di WSR ini. Sebelumnya komunikasi cuman by MP doang dgn saling ngasih komen di blog masing2. Sekarang bisa tatap muka langsung, oh ini orangnya yg sering ngunjungin MP-ku, oh ni orangnya yg ngeposting blog ini, pokoknya bisa kumpul saat itu ada kesenangan dan ketakjuban sendiri deh. Aku bisa dibilang tergolong sangat baru berada di komunitas ini. Join juga mungkin baru 2 bulan kemarin.

Kemarin rencananya ada acara jelajah museum keraton, ketemu sama kerabat / abdi dhalem keraton, liat gamelan dan ngadain lomba foto siapa yg bisa dapet momen lucu dan unik disitu. Dulu pernah sih masuk keraton, tapi cuman liat2 doang sambil poto-poto sama rejonk dulu. Tapi kemarin ada mas Surya guide yg jelasin sejarah tiap benda yg dipajang disitu. Kita diajak keliling2, meski puanas abiz waktu itu. Disana kita bisa liat persiapan para abdi keraton yg lagi nyiapin gunungan buat acara gunungan hari ini. Yep! hari ini mesti keraton udah kaya lautan manusia, semuanya berharap berkah dari gunungan tersebut.


Mas Walah bercerita ttg sejarah sekaten, dimana sekaten berasal dari kata “syahadatain”. Dulu pada jamannya, hiburan rakyat itu cuma wayang dan gamelan, belon ada tuh yg namanya bioskop, konser musik, apalagi tempat clubbing seperti jaman sekarang. Jadi ketika pihak keraton ngadain gamelan, semua rakyat berbondong2 pergi ke keraton. Ketika pas acara, adzan sholat dikumandangkan, “konser” gamelan dihentikan sementara dan para masyarakat diajak pergi ke masjid. Waktu itu sebagian besar masyarakatnya masih beragama hindu, budha dan islam belum begitu berkembang disana. Pada akhirnya mereka masuk islam juga, tentunya dgn awalan ngucapin kalimat syahadat tadi. Terus lanjut ke masjid agung buat ishoma (istirahat sholat makan). Habis itu acara semi-bebas, da yg liat gamelan, da yg poto2 ngambil objek yg unik dan lucu.

Oh ya, sedikit cerita nih! Ada satu hal yg selalu identik dgn yg namanya sekaten. Ketika aku pas liat gamelan disana, hampir sebagian besar pada berjualan nginang, pecut (cambuk) dan telur asin. Waktu aku nanyain yg jualan sama dikasi tahu temenku. Ternyata itu simbol. Aaaakh...orang solo itu ternyata senengnya main simbol2an, me-metafora-kan, me-personifikasi-kan suatu hal dgn benda2 mati.


Kata orang sih ada kenikmatan tersendiri ketika nikmatin nginang sambil dengerin gamelan.mengalun. Nginang sendiri terdiri dari lima macam bahan : tembakau (mbako), injet, daun sirih, gambir, dan bunga kantil. Lima macam itu menyimbolkan Rukun Islam (syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji). Hihihi...bukannya merendahkan atau apa, tapi kayanya maknanya maksa!


Kalo cambuk itu bisa diartikan dua hal, pertama simbol kalo orang itu harus bekerja keras dan kedua adalah sebagai cambuk kalo orang gak sholat. Disitu cambuknya warna-warni, lucu pula. Kalo yg dijual itu buat cambuk orang, bukannya sakit, tapi bakalan ketawa kegelian. Hehehe...


Kalo telur asin, orang sering nyebutnya telur / endhog kamal. Kamal = beramal (oooh...indahnya pemaksaan, hahaha...). Artinya orang itu harus beramal sebanyak2nya kalo mau bahagia dunia akherat.

Tepat hari ini 12 Rabiul Awal, dahulu kala, telah lahir baginda Rasulullah SAW. Manusia sempurna, manusia paling berpengaruh di dunia, ajaran2nya akan selalu abadi di hati setiap muslim di belahan dunia manapun.

Minggu, 08 Maret 2009

Review : Film Kambing Jantan

Menyusul kesuksesan buku Kambing Jantan, sebuah catatan harian pelajar bodoh yg telah menjadi best seller, kini Kambing Jantan bertransformasi dari bentuk sebuah buku menjadi bentuk komik (Kambing Jantan, sebuah komik pelajar bodoh) dan sebuah film layar lebar (Kambing Jantan, sebuah film pelajar bodoh). Kalo aku mengapresiasi ketiganya, antara buku, komik, dan film jika mau dibandingkan, gak nyangka ternyata berbeda.

Kalo bukunya lebih pada catatan2 kesehariannya selama tahun 2002-2004, jadi masih sangat luas cakupannya. Kalo komik lebih pada cerita2 konyol dia sewaktu tinggal di Adelaide, Ostrali sono. Sedangkan filmnya, lebih spesifik lagi ttg kuliah dan drama kehidupan asmaranya dia. Mungkin karena tuntutan cerita di film harus dalam kesatuan cerita yg utuh, maka kehidupan kuliah dan cintanya aja yg lebih diexplore lagi kayanya ya. I don't know, it just my opinion.

Kalo bicara film (namanya juga review film), secara keseluruhan bagus, unik, lucu, dan dramatis. Beberapa scene yg buat aku terkesan yakni :
  • Aksi biadabnya Edgar yg suka E'ek di sembarang tempat dan begitu narsisnya mamerin "tatat"nya meski gak frontal buka celana gitu gak. Tapi cukup freak buat anak seumuran dia. Dith, Dith loe ajarin apa aja sih adikmu itu?? hehehe...Tapi sayang bget adik2nya yg lain kayanya gak di expose ya, cuma nongol aja di kamera.
  • Meja Khayalan. Brilian. Apalagi pas dialog kambing dan kebo disitu. Mereka terpisah benua, tapi terasa begitu dekat karena ngeliat satu benda yg sama : bulan. Disitu digambarin karena saking deketnya mereka berdua seperti berada di kamar yg sama. Kamar khayalan.
  • Dika dan Harianto waktu magang jadi tukang mandiin jenazah. Hahaha...si Harianto sok berani ngajarin Dika cara mandiin mayat dgn baik dan benar kaya ngajarin sholat. Giliran ada kiriman mayat yg berdarah2, nyalinya ciut dan langsung pingsan dgn sukses. Setiap itu pula Dika rela menyeret2 si Harianto itu.
  • Waktu Dika rela pulang naik pesawat ke Jakarta hanya demi menyelamatkan hubungannya dgn Kebo. Disitu Kebo kecewa berat sama Kambing, dan ditengah2 semakin memanasnya berantemnya, Dika menyela dgn begonya, tapi melow abiz : "Boleh minta minum gak? Aku aus. Di pesawat aku belum minum. Aku numpahin 3 gelas tadi. Aku berantakan tanpa kamu". Cuiiih...gombal gila!! Aku spontan ketawa. Dith! sejak kapan loe dapet kata2 gombal itu??

Buatku ni film agak lumayan berat, kenapa berat?? Karena ada beberapa leluconnya dia yg buat aku berpikir dulu baru bisa ketawa. Butuh loading yg lama dan temen2ku bereaksi sama dgnku. Film ala Dika disitu aku ngerasa gak dapet. Rasanya kog agak beda sama yg kubayangin ketika baca buku sama komiknya.

Saranku sih, kayanya butuh ada "Kambing Jantan Extended" dimana butuh tambahan2 cerita yg bikin film ini bisa dirasa utuh. Namanya aja catatan harian, pengennya sih format film-nya lain daripada yg lain yg lebih "diary bget".

Hohoho...terlalu banyak cerita nanti malah pada gak nonton filmnya. Film ini agak berkesan buat aku karena ada kekacauan2 yg tercipta sebelum aku nonton ini. Kacau abiz kalo nontonnya banyak orang dan yg dateng gak jelas berapa orang.

Sabtu, 07 Maret 2009

Kekacauan Sebelum Nonton Film KJ

Hari jum'at kemarin ceritanya aku ngebet bget liat Kambing Jantan the movie yg premiernya hari kamis kemarin. Sesekali kemarin aku ngunjungin website-nya si Raditya "si Kambing" Dika yg disitu terpampang setiap progress yg udah dilakukan dalam proses pembuatan film selama hampir dua tahun itu. Aku begitu penasaran gimsns tho wujud film KJ dan ngeliat akting si Kambing di layar lebar. Untuk menyalurkan hasrat pengen nonton itu, aku ngajakin temen2ku buat liat di Citra 21.

Uuukh susah bget ternyata ngumpulin mereka buat nonton bareng. Dari mulai nyamain jam mau nonton sampe ngadepin temnen yg plin plan, mau ikut tapi gak jadi terus ikut lagi, gak jadi lagi. Untung kesabarnku belum menguap habis, jadi masih tak sabar-sabarin. Sebelum semuanya runyam dan berimbas pada kegagalan acara ini kuputusin buat beli tiket dulu dan nge-fix-in 8 orang, aku, Dito, Alfin, Ari, Nurul, laelia, Sofiah, dan Ningrum. Dari sini dimulailah bencana yg ditandai dgn kekacauan-kekacauan kecil.

Menjelang film diputer, SMS dateng bertubi-tubi yg nantinya buat aku semakin gila :
Laelia : Yud, Mega mw ikut lho?
Aku : Udah pas 8 orang.
Laelia : Lha terus piye? Kasian mega...Jam berapa? Ntar ketemu dmna?
Aku : Ya gak bsa, main jam 18:45,,di CL
Mega : yud,,ntar mlem jd nonton gag? jam brpa?
Aku :Jadi dong, jam 18:45, Ni sapa ya?
Mega : tiket na udah pesen blon?
Aku : Udah, Ni sapa to?
Mega : mega bzbzbzz...-+"
psn brp yud? lebih gag?
Aku : Gak itu, pas 8 orang...maaf ya Meg
Mega : wkawkwaawk...ciip" gpp koq...slm ajah buat yg nnton ;p hoho~
Ari : Yud, k bwah mbek sopo? Njemput aida bsa ga? Aku ga bsa ikut ki. Ngelesi. Jadi dy yg gantiin...
Aku : Oh gtu, wah aq sama dito. Aida bwa mtor sndri wae jmput sofiah.
Ari : Dy ga bleh k bwah naek mtor ndiri. Nek ga bsa yo wis ah. Gpp
(Nah lho!! ada satu orang yg gak bsa, lebih satu tiket. )

Laelia : Yud..ntar jdiNa jm brp?
Aku : dibiangin jam 18:45
Laelia : Oke...ntar ketemu di citra 21 ya...
Alfin : Yud cp aja yg mau ikud nnton?
Aida : Yudi, bsk kmu pulang ke Solo?
Sofiah : Jd ga yud?
Aku : Jdi to ya, kmu sma alfin ya...
Sofiah : Yo2, jam piro?
Aku : Main jam 18:45. Nanti biar alfin yg jmput. Q tgguin dsana...
Aku :Fin, ntar jmput sofiah ya, aq brgkat dluan nnti. Aq dh blang ke dya koq...
Sekarang ngrusin tiket yg lbih satu ini. Tadi mega blang mw ikut, ywda aku blang ke dy da satu tiket yg ksong.

Aku : Meg km mw ikut to? ni da tmenku yg gak jadi. Mau ga?
Mega : gag de, trlanjur da jnji ma yg laen ._' heuheuheu...
Allfin : Jam brpa? aku g tw ki?
Wawawah...keadaan mkin kacau, baru aku sadar ternyata eh ternyata infrmasi kurang, bnyk yg gak tahu ttg jdwal nntonnya nih!! Pada dteng on time gak yo? Aku ngeliat tiket yg kupegang, wah bisa tekor ni aku!! Aku sama dito gak bsa byangin nnti yg dateng brapa biji orang.

Aku : kmu jmput az habis maghrib, lngsung ksni. Main jam 18:45 di CL
Aku : Rul bioskopnya main jam 18:45. Tak tunggu di CL
Eka : Yud, salah no. ini nomornya Eka
Aaaargh...pke salah nomor lagi, kucek lagi ternyata yg error orang yg pnya hape, nama Nurul ada dua dan satunya pnya Eka, Akh geblek...geblek!

Sofiah : Mash lama kn? aku lom mkan ne!
Ini lagi...tgal 30 mnit lagi main, msih enak2an mau makan. Enaknya ni orang mw diapain ya?

Aku : Rul bioskopnya main jam 18:45. Tak tunggu di CL
Rul msalnya ksni km bsa jmput aida ga?
Nurul : Km udah psen tiket tho? Blum kn? Aq g jdi piye? lha ini aj aq bru nympe rumah, blm ngapa2in, blm mndi jg e...Aida d tebengin aja...

Naah lho lagi! Statusnya skrag, ada 2 tiket nganggur, blom pasti ada yg gntiin. Jam udah mepet, ma ngajakin sapa, jga udah gelap gak tahu mw gmna. Aku berencana nyuruh dito bwt jdi calo tiket dan nawarin orang yg pada antri tiket disana dgn joget2 striptis sbgai pengalih perhatian. Tapi aku bakalan disumpelin mulutku dgn sepatunya. Akhirnya kuurungkan niatku. Aku nyuruh dia bwt bantuin mikir dan menaksir kerugian gara2 peristiwa ini.

Aku : Sof, nnti aja makannya, ntar g keburu, lagian aq dah bilang alfin jmput kamu abis magrib.
Aku : Aku udah beli nih Rul! Aq dh dibawah soalnya!...Pliz bget deh, tolong jmput aida. Gmana?
Nurul : Hyaaaa...koq udah beli?? aq bru aja ngabari sofia nek g jdi ikt...bru pulang les yud...G smpet wktunya ne? nek mau nyusul bw mtor cape yud. Anak2 co' pda blum brgkat kn? Aida kasi tebengan aja...
Emang sih blum pada brgkat, itu juga mengkhawatirkan...jangan2 pada gak dateng, atao telat! aaaakh...makin pusing. Akhirnya aku SMS-in satu2, ni tgal 5 menit lagi pintu teater udah dibuka, belum da yg nongol.

Aku : Lae, klian pada kemana??!
Aku : Rum, klian pada kemana??!
Nurul : Mav Lo yud, tiketQ kasike k yg lain aja. Kalo terpaksa ga ada gmpanglah ntar...tak gnti yop gpp...
Akhirnya Laelia dan Ningrum nongol, kurang 4 orang lagi dan pintu teater udah dibuka.

Sofiah : Masih d POM bensin tembalang, ckup ga?
(Sekitar 8 kilometer dri sini, gila blum nyampe2 juga tuh orang!)
Aku : Cepetan yo...
Sofiah : keburu ga?
Aku : Pintu teater udah dibuka, suruh alfin ngebuuut!!!
Aku : Kalo udah nympe di bioskop bilang yo...
Sofiah : Yo'i
Aku : Udah nyampe blum? Aq sama yg lain masuk dulu...

Akhirnya kami berempat masuk teater dulu, dgn 4 tiket yg masih nganggur...Oh pailid...pailid dah!! 15 menit film diputer, Sofiah SMS aku kalo udah nyampe. Aku beranjak dari kursiku, melangkah keluar, bawain tiket bwt mereka. Dan akhirnya kita nonton juga...Pyuuuuh. Enam orang. Tiket lebih dua. Hebat sekali! Mubazir gila!!

Sekarang waktunya Review Film Kambing Jantan.

Kamis, 05 Maret 2009

When Mr. Lukman asked

Sebenernya tahu gak sih gambaran pekerjaan seorang teknik kimia?

Dosen Manajemen Industri Pak Lukman mengumbar pertanyaannya di ruangan kelas. Hmm,,,pertanyaan itu belum bisa aku jawab dari dulu ketika aku masih kelas 3 SMA sampe sekarang semester 4. Malah pertanyaan itu ngebawa ku pada satu pertanyaan yg ditujukan padaku dulu. Kenapa sih kudu teknik kimia ? Banyak orang baik sobat2Q bahkan ortuku sendiri menanyakan kenapa aku bisa seteguh ini dan mantap dgn pilihanku saat itu.

Entah kenapa sejak sobat2Qku SMA mulai menampakkan wajah tua gara2 bingung mau ngambil kuliah apaan. Cuma aku yg belum mau pusing dgn itu. Aku masih pengen fokus ngerjain soal dan soal, rajin ngikutin bimbel, kalo dirumah udah kaya anak pingitan, diiieeeem aja di kamar. Kutemukan diriku paling rajin, ya semasa aku kelas 3 SMA.

Menjelang UM UGM baru tuh aku mulai berpikir kemana aku kuliah nanti. Baru saat itulah aku tersentak betapa aku telat menyadari pentingnya ini. Yah, setelah semua temen2Q udah pada tahap membangga2kan pilihannya kepada yg lain. Kalo disamain sama bayi, temen2ku udah pada bisa jalan, sedangkan aku masih berjuang keras untuk tengkurap.

Aku mulai berusaha keras nyari2 info ttg pilihan2 kuliah mana yg kiranya prospektif. Dari mulai baca buku, wira-wiri ke BK, konsultasi tentor bimbel, browsing internet, tanya2 yg udah pada kuliah, semuanya kulakukan. Sampe akhirnya pilihanku jatuh pada Teknik Kimia. Sebenernya pengen Elektro tapi kayanya terlalu tinggi seperti pepatah bilang Tuyul merindukan Planet Uranus. Jaaaauuuuhh Bo'!!!

Akhirnya aku kekeh dgn pilihanku ini dan entah kenapa langsung ada chemsitry gitu dgn pilihanku ini. Setiap info yg aku dapet, kayanya makin meneguhkan diriku dgn pilihanku. Aku selalu menghitami bulatan2 kode jurusan teqim dari UM UGN sampe UM UNDIP. Walaupun semuanya gak tembus....HUhuuhu...! Tapi semuanya kebayar dgn tembus di SPMB (pilihan 1 = teqim undip dan pilihan 2 = teqim uns). Sekeluarga langsung tumpengan ngerayain keberhasilanku. Ooooh senangnya hatiku turun panas demamku (ikut2an iklan inzana)

Well, back to now
Sebenernya tahu gak sih gambaran pekerjaan seorang teknik kimia?

Aku menggumam lagi, menurutku banyak sih bidang pekerjaan seorang Chemical Engineers. Malah menurutku hampir semua industri membutuhkan kita, coba deh sebutin aspek kehidupan mana yg gak ngelibatin kita2?! Lalu muncul pertanyaan

Kira2 aku nanti bakal kerja dimana ya??
Pengen kerja sebagai konsultan. dateng ke pabrik, jalan2 ngeliat kegiatan produksi ditemani direktur atau pemilik perusahaan. Lalu ngomong ngalor-ngidul diikuti anggukan dari pemilik perusahaan dan diakhiri dgn ucapan terima kasih kepadaku. Seolah kata2 yg kuucapin seperti kata2 sakti yg banyak diikuti orang. Hahahaha...cool...kerenzz!!

Namanya juga cita2, perlu usaha kesana dan gak mungkin secara ajaib langsung jadi konsultan. Ada step2 yg kudu dilalui. Tapi paling gak sedikit banyak ini aku udah merancang hidup dan nentuin value hidup aku. Dari value ttg apa yg kita yakini sebagai hal yg penting di hidup kita lalu kita rancang arah hidup kita mau kita bawa kemana. Aku harus berusaha menaiki tangga impianku dan jika aku telah mencapai puncak tangga ini kuharap tangganya bersandar pada tembok yg benar.

Thats all
Met Malem...

Selasa, 03 Maret 2009

the BRAINSTORMING BEGIN...

Baru selesai kuliah hari pertama di semester empat ini (bagi temen2ku yg lain udah hari kedua). Rasanya masih ada yg ilang. Nuansa liburannya masih berasa, rasanya baru kemarin aku main ke tempat temen2 SMA-ku, ngelancong ria, baca tv dan radio, nonton buku (lhoh kebalik, hahaha..jayuz!). Sedangkan sekarang harus berangkat kuliah pagi terus, tergopoh-gopoh naik tangga menuju lantai 3 karena sering telat, belum tugas yg seabreg, praktikum, organisasi, waaah...dolan-dolane kether (baca= acara main2nya berantakan)

Sekarang back to reality, bukan karena aku berasal dari khayangan, bukan, tapi lebih karena inilah kehidupanku yg harus aku jalanin penuh semangat, usaha, dan kesungguhan. Dari sini one step closer to my dreams, kuliahku adalah batu pijakan menuju masa depan dan perlu kerja keras kalo mau masih ingin bersaing dgn yg lain. And now the BRAINSTORMING BEGIN...

Heyhey lagi online di Perpus UNDIP tepatnya di Pojok BNI. Gila, baru pertama kali masuk sini (hahaha...keliatan mahasiswa yg ketinggalan berita). Lumayanlah bisa ngepost blog dari sini, ruangannya nyaman bget, komputernya baru2, ber-AC, ada ruang bacanya juga, bukunya juga macem2 dan baru2. Aku menyadari betapa terlalu lama aku berkutat dgn 4K (Kantin, Kampus, Kontrakan, Kakus). Sampe2 setahun lebih baru tahu ada tempat keren kaya ginian.

Sebenernya kesini aku niatnya pengen nyari jurnal tentang reaksi heterogen dan katalis jenis padat buat tugas mata kuliah Teknik Reaksi Kimia II. Kemarin senin kan aku gak masuk, jadinya baru tahu kalo hari pertama udah ngasih tugas ginian. Fuuuh...(dalam hati, Jangan Ngeluh Yud!!)

Sampe puyeng nyari di Springerlink, science direct, proquest, dan banyak lagi site2 yg punya pustaka jurnal2 yg terbaru. Sebenernya UNDIP udah membeli jurnal2 tersebut dgn berlangganan di website2 yg tadi itu. Tapi bukannya nemu, ekh malah pusing ternyata jumlahnya ribuan judul. Buseeet...di pengumuman UNDIP baru berlangganan 2240 judul (proQuest). Jadilah sekarang, aku buka' satu2 judul jurnal mana yg fulltext yg bisa diunduh. Sampe akhirnya aku puyeng, ya udah ngeblog aja dulu, hehehe...

Oh ya kemarin malem kan, ceritanya aku ditinggal sendirian. Tapi dugaanku salah, masih ada mas Rizal yg betah tinggal di kontrakanku yg lama. Dia kaget ngeliat ada monyet satu ini belum pindah2 juga. Aku bilang, ntar aja lagi males mindah2in barang. Akhirnya malem itu kita habiskan malam berdua nonton film "Do'a Yang Mengancam" dan "Terminal". Udah agak jadul sih, tapi so far filmnya bagus og, aku terkesan filmnya "Do'a Yang mengancam" itu yg diperanin sama Aming extravaganza. Ceritanya dia kesambet petir terus dapet kekuatan bisa ngeliat masa depan dan masa lalu serta bisa tahu lokasi orang hanya dgn ngeliat fotonya doang. Film besutan Haning Bramantyo itu bisa dibilang bagus sih dari ceritanya.

udahan akh, udah Dhuhur, sholat...sholat!!

Senin, 02 Maret 2009

Kembali Kuliah dan Rumah Kontrakan Baru...

Finally aku meninggalkan kota Solo tercinta demi menuntut dosen, eh salah menimba dosen, waduh salah lagi bloon, tepatnya menuntut ilmu di Semarang ini. Dan sekarang udah nyampe di Semarang yg katanya brand mark-nya Semarang Pesona Asia (SPA), tapi emang bener juga, Semarang ini bener2 spa! Semarang Puanaz Abiz!! Hehehe...tadi berangkat naik motor sambil pake earphone di sepanjang jalan. Kira2 berangkat tadi pukul 3 terus nyampe disini pukul 5 an.

Abis nyampe di kost suasananya sepi banget. Ruang tamu berantakan dan kamar2 udah pada dikunci dan kosong mlompong gak ada orang berikut isi2nya. Oh ya mungkin tadi pagi mereka udah pada beresin barang2 mereka. Kita hari ini satu rumah kontrakan ini mau pindah kandang ke rumah kontrakan baru. Yiiihaaa....!!! Goodbye An-Nadzir House!!

Sekarang disini aku ditinggal sendirian, karena emang aku yg paling belakanang nyampe di Semarang secara hari ini udah dimulai kegiatan perkuliahan. Rumah kaya kapal pecah, dispenser dan monitor TV udah diambil. Asem tenan, mau munum apaan nih!!? Masak mau ngemis ke tetangga sebelah atau ke warung, "Pak, kasihani saya Pak, belum minum...minta seteguk air Pak buat ngelanjutinidup...?!" Well, gak segitunya juga kali. Wah masak mau minta2, bisa2 turun nih pasaranku. (Ceileee...berasa kaya model sampul majalah kereta api karena badanku mirip gerbong kereta daripada dimiripin ama lokomotifnya).

Seabis nyampe aku coba buka2 apa yg ibuku tadi bawain buat aku soalnya belum sempet kebuka'. Ehmmm ada gula, sabun, minuman sachetan, eh apa ini? ada biskuit MP ASI? Baru setelah kubaca kemasannya aku nyibir. Dasar cicak! (hehe..serapahnya imut ya?!! hehehe...) MP ASI itu adalah Makanan pendamping ASI untuk usia 12-24 bulan...Oh God!

Kapan ibuku sadar kalo aku lebih mirip bayi gorilla??? Misterius...

Bujug busyyet! Ibuku itu kog ya sempet2nya bawain biskuit ginian. Buat bayi lagi!! Mungkin emang ibuku baru sadar kalo aku lebih mirip bayi gorilla berusia 12-24 bulan kali ya?! Huhuhu...T_T

Oh ya hari ini komunitas multiply Solo yg dinamakan Wedangan Solo Raya diundang oleh Solopos FM untuk on air buat ngebahas perayaan SEKATEN. pengen dengerin mereka on air tapi aku udah harus berangkat ke Semarang. Tapi untuk acara Nguluruk Sekaten itu so pasti dateng, kebetulan pas libur.

Wah...aku bakalan sendirian di kost malem ini. Mau beres2sin barang juga akh...Besok aku juga mau nyusul mereka...

Kuliah...Kuliah...Kuliah!!

Semester ini pokoknya the Best Action!!

Chayo!!

Minggu, 01 Maret 2009

Pengakuan: Aku Ikan Sapu-Sapu yg Nyasar di Daratan

Aku ngaku selama liburan ini di rumah waktu buat ibadah lebih sedikit daripada ketika aku di Semarang (Hehehe...liburan udah selesai baru ngaku). Satu contoh ketika di rumah aku sholat berjamaah cuman maghrib dan isya. Shubuh aja malah kadang rebutan sama matahari buat "setor" ibadah di hadapan Alloh. Setelah sholat kualitas zikir pun berkurang gak seperti biasanya. Ini yg paling aku resahkan. Mungkin gara2 kurangnya meng-upgrade diri dgn liqo', mentoring, dan kajian2 sejenisnya. Biasanya sih liqo', mentoring, dan kajian2 seperti itu aku dapet di kampus, kost kontrakan, dan banyak tempat yg lain. Jadinya aku ngerasa keimanan ini mengalami eskalasi (ceilee bahasanya) yg signifikan, kadang naik, kadang jatoh bebas.

Jadilah aku sekarang ngebikin sebuah pengakuan. Mungkin karena kurangnya aku "mengingat Rabb-ku" yg begitu cethek aku jadi ngerasa seperti gak begitu nyaman dgn diriku sekarang. Liburan ini setiap pagi aku ngerasain kurang begitu bergairah. Kayanya agak susah gitu, memotivasi diri buat diri sendiri ketika di rumah. Baru waktu sholat ashar tadi, Sang Kuasa sedang membangunkanku dan mengajakku untuk lebih "intim" lagi dengan-Nya. Abis sholat ashar tadi begitu aku zikir...

Ya Alloh...hati ini bergetar, jantung ini terpacu begitu kencang, mataku berkaca2 dan aku sesengukan dgn bibir bergetar kala "ingat" Sang Penciptaku. Sebulan ini, selama libur ini, begitu lama aku "tidur". Aku inget kalimat yg pas dgn keadaanku saat ini, kurang lebih seperti ini : "Dzikir bagi manusia bagaikan ikan mas yg ada di kolam, jika ikan itu dikeluarkan dari kolam, apa yg akan terjadi?" Aku jauh dari dzikir dan aku ikan sapu-sapu.

Aku mencoba meresapi (lagi) makna tasbih, tahmid dan tahlil yg selalu didengung2kan seabiz sholat itu. Aku kira ajaran seperti ini bukan hanya kita temukan dalam Islam saja, tetapi juga dalam ajaran agama yang lain.

Subhanallah (Maha Suci Alloh)
Manusia adalah tempat kesalahan dan kealpaan. Kesempurnaan manusia justru terletak pada ketidaksempurnaannya. Dengan memahami konsep ini, hati kamu akan selalu terbuka untuk memaafkan orang lain. Seorang dokter terkenal Gerarld Jampolsky menemukan bahwa sebagian besar masalah yang kita hadapi dalam hidup bersumber dari ketidakmampuan kita untuk memaafkan orang lain. Ia bahkan mendirikan sebuah pusat penyembuhan terkemuka di Amerika yang hanya menggunakan satu metode tunggal yaitu, rela memaafkan!

Alhamdulillah (Segala Puji Bagi Alloh)
Aku ngebuktikan sendiri statement ini bahwa orang yang bahagia adalah orang yang senantiasa mengucapkan rasa syukur dalam situasi apapun. Apa yang kelihatannya baik, belum tentu baik. Sebaliknya, apa yang kelihatan buruk belum tentu buruk. Orang yang bersyukur tidak terganggu dengan apa yang ada di luar karena ia selalu menerima apa saja yang ia hadapi.

Allahu Akbar (Alloh Maha Besar)
Kamu akan ngerasa bahwa hanya Tuhanlah yang Maha Besar dan banyak hal-hal yang kita pusingkan setiap hari sebenarnya adalah masalah-masalah kecil. Masalah-masalah ini bahkan tidak akan pernah kita ingat lagi satu tahun dari sekarang. Penelitian mengenai stres menunjukkan adanya beberapa hal yang merupakan penyebab terbesar stres, seperti kematian orang yang kita cintai, kecelakaan lalu lintas, dan sebagainya. Hal-hal seperti ini bolehlah kamu anggap sebagai hal yang ''agak besar.'' Tapi, bukankah hal-hal ini hanya kita alami sekali-sekali dan pada waktu-waktu tertentu? Kenyataannya, kebanyakan hal-hal yang kita pusingkan dalam hidup sebenarnya hanyalah masalah-masalah kecil.

Dan ternyata biang korek, eh biang kerok semua ini adalah aku sendiri. Kenapa aku gak nyaman dgn diriku sendiri karena aku ikan sapu-sapu yg nyasar di daratan. .

Happy Couple

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers