Senin, 22 Desember 2008

Seminar Nasional Nanoteknologi HMTK UNDIP

Pada tanggal 13 Desember 2008, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) Universitas Diponegoro menggelar Seminar Nasional Nanoteknologi yang bertemakan “Aplikasi dan Manfaat Nanoteknologi pada Industri di Era Krisis Energi. Seminar Nasional yang bertempat di LPPU Tembalang menyedot perhatian sekitar 275 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa baik di dalam kota Semarang maupun di luar kota Semarang. Selain seminar nasional, HMTK juga menggelar Pameran Penelitian dan Bazar yang bertempat di halaman depan tempat seminar diadakan.
Tema Nanoteknologi yang diangkat memang masih merupakan hal yang tergolong baru di kalangan mahasiswa, oleh karena itu melalui seminar ini diharapkan dapat memberikan wawasan awal kepada mahasiswa tentang bagaimana terobosan teknologi baru ini mampu memberikan manfaat yang signifikan bagi kehidupan. Teknologi seper semilyar meter ini telah mampu diteliti dan dikembangkan untuk berbagai kepentingan, mulai dari energy yang ramah lingkungan, pangan, kesehatan, teknologi informasi dan komunikasi, transportasi, hingga pertahanan dan keamanan. Di era krisis energi ini, nanoteknologi mulai dipikirkan orang menjadi sebuah solusi.
Dalam kesempatan ini, dihadirkan dua pembicara yaitu Dr. Nurul Taufiqu Rochman selaku Ketua Masyarakat Nanoteknologi Indonesia dan Agus Subagio, S.Si, M.Si dosen Fakultas MIPA UNDIP yang berkonsentrasi pada masalah nanoteknologi. Acara tersebut dimoderatori oleh Dr. Ir. Didik Dwi Anggoro, M.Eng salah satu dosen Teknik Kimia UNDIP dan Cahyo Andrianto, mahasiswa Teknik Kimia.
Acara ini dilakukan dalam bentuk talkshow dimana sedikit pemaparan materi oleh kedua pembicara, lalu sesi berikutnya lebih banyak diadakan diskusi dan tanya jawab baik dari peserta maupun dari moderator kepada kedua pembicara.

Sang SeKum
Hehehe...pamer!!


Kamis, 17 Juli 2008

Lets Think It Over!

Pernah nggak sih kita berpikir begini :

Ketika kita meminta, "Tuhan ambillah kesombonganku dariku."
Tuahn berkata, "Tidak, bukan Aku yang mengambil tapi kau yang harus menyerahkannya."

Ketika Kita meminta "Tuhan sempurnakanlah kekurangan anakku yang cacat."
Tuhan berkata, "Tidak, jiwanya telah sempurna, tubuhnya hanyalah sementara."

Ketika Kita meminta, "Tuhan beri aku kesabaran".
Tuhan berkata, "Tidak, kesabaran didapat dari ketabahan dalam menghadapi cobaan, tidak diberikan, kau harus meraihnya sendiri."

Ketika Kita meminta, "Tuhan beri aku kebahagiaan."
Tuhan berkata, " Tidak, kuberi keberkahan, kebahagiaan tergantung kepadamu sendiri untuk menghargai keberkahan itu."

Ketika Kita meminta "Tuhan jauhkan aku dari kesusahan."
Tuhan berkata, "Tidak, penderitaan menjauhkanmu dari jerat duniawi dan mendekatkanmu pada-Ku."

Ketika kita meminta, " Tuhan beri aku segala hal yang menjadikan hidup ini nikmat."
Tuhan berkata, :Tidak. Aku beri kau kehidupan supaya kau menikmati segala hal."

Ketika kita meminta, "Tuhan bantu aku mencintai orang lain, sebesar cinta-Mu padaku.
Tuhan berkata, "Akhirnya engkau mengerti anak KU"

apakah ini sering terjadi di kehidupan kita?
Pasti.

Kadang kita berpikir bahwa Tuhan tidak adil.
Sudah susah payah meanjatkan doa, meminta dan berusaha, pagi-siang-malam tidak ada hasilnya.

Kita mengharapkan diberi pekerjaan, puluhan, ratusan lamaran telah kita kirim, tapi tak ada jawaban sama sekali, sementara orang lain dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan.

Kita sudah bekerja keras dalam pekerjaan mengharapkan jabatan, tapi jusru orang lain yang mendapatkannya tanpa susah payah.

Kita berharap diberi pasangan hidup yang bai da sesuai, tapi justru berakhir dengan penolakan dan kegagalan. Orang lain dengan mudah berganti pasangan.

Kita menginginkan harta yang berkecukupan, namun justru kebutuhan yang terus meningkat.

Kadang permintaan kita adalah yang terbaik karena menganggap kita mengetahui dengan pasti apa yang dibutuhkan TETAPI Tuhan jauh lebih mengetahui keadaan kita melebihi dari apa yang Kita pikirkan karena Dia adalah Sang Pencipta dan Dia tahu dengan pasti apa akibat bila permintaan kita dikabulkan Nya sedangkan diri Kita masih belum siap menerimanya.
Kita akan semakin jatuh, semakin jauh dari pada-Nya dan akan membanggakan kemampuan diri sendiri dan tidak berharap sepenuhnya kepada-Nya.

Berbahagialah bila doa anda belum dijawab karena Tuhan akan membimbing dan menguatkan kamu sehingga pada saat kamu diberkati oleh-Nya, bibir dan mulut kamu nggak bakal berhenti bersyukur dan memuji kebesaran nama-Nya

Mungkin doa kamu tidak terkabul sekarang
Tapi Tuhan tahu kapan mengabulkan doa-doa mu
Karena Tuhan tahu yang terbaik yang kita tidak tahu.

Selasa, 01 Juli 2008

Tips Menulis

Menulis itu sebenarnya asyik, apalagi fleksibilitas dari segi waktu
dan tempat, membuat kegiatan ini sebenarnya bisa jadi profesi yang
mungkin banget. Sebenarnya lagi, menulis juga nggak ribet amat. Dan beberapa kendala
mungkin bisa diantisipasi.

Beberapa tips ini mungkin bisa sedikit membantu.

1. Banyak baca, so pasti ya?:)

2. Mencintai Bahasa, senang utak utik kata, bikin eksperimen utk ganti
ungkapan2 usang yang sudah terlalu sering kita dengar. Dekat2 dengan
KBBI juga akan memperkaya kosa kata, paling nggak bisa meminimalisir
kebuntuan karena kehabisan kata2.

3. Buka mata dan telinga, hidupkan panca indra kita, coba latih
kepekaan, dengan kepekaan ini hal2 yang sederhana sebenarnya muncul sendiri.

4. Diskusi, jangan malu diskusi dengan siapa aja, suami, bahkan anak,
kakak, teman sahabat, penulis? Ketika menemukan hambatan bercerita.
Dengan diskusi nggak jarang kebuntuan bisa terpecahkan. Paling nggak
merangsang berpikir atau melihat dengan sudut pandang lain

5. Gabung dengan komunitas menulis. sekarang ini banyak, dari yang ada
pertemuan rutin seperti Forum Lingkar Pena, ada juga yang melalui
mailing list seperti pembacaanadia@yahoogroups.com di mana kita bisa
diskusi dengan pengarang2 dan sesekali posting tulisan kita untuk uji
kemampuan, biar dpt masukan dari teman2 lain juga.

6. Gabung ke milis2 lain juga berguna, ini bisa jadi cara baca yang
lain utk tetap update dengan permasalahan2 di sekitar kita.

Lainnya?
Hm, memulai dengan pengalaman selalu lebih mudah. Lainnya lagi, mulai
dengan dunia yang kita cintai atau kita kuasai sehingga jika mentok,
paling nggak bahan bakar utk survive lebih banyak.

Jangan lupa Menulis untuk diselesaikan, kasih wkt terhadap tulisan2
kita yang hanya sepotong itu untuk menemukan endingnya. Seperti karya
lain, maka tulisan hanya bisa menjadi sebuah karya jika sudah
diselesaikan.

Stok sabar sangat diperlukan. Nikmati setiap prosesnya. Sebab begitu terbit tidak banyak yang bisa kamu lakukan lagi. Jadi kalau mau menambah gizi tulisanmu, lakukan semaksimal mungkin. Tulisan yang tergesa-gesa tidak akan memuaskan, tidak hanya bagi pembaca tapi juga bagi kamu yang menulisnya.

Benar utk pertama tulislah dengan hatimu, jangan terpaku pada aturan2 yang dibuat orang2, kalau itu membuat ruang bergerakmu makin sempit. Bebaskan dirimu untuk berekspresi dengan jujur. Tentu bukan bebas yang bablas.

Setelahnya jangan cepat mengirim file tulisanmu ke media, ttp endapkan beberapa saat kemudian kembali dengan kaca mata editor. Ya, jadilah editor pertama bagi tulisan2mu.

Sertai juga dengan ngotot:) dan berdoa. Cari motivasi terbesar yang
kira2 akan menggerakkan jari jemari kita lebih cepat. Menulis lebih
banyak, menulis setiap hari, apa saja, merupakan latihan mengungkapkan
gagasan, termasuk nulis hal2 ringan di diary, milis atau blog.

Ingat, apa pun profesi kita sekarang, selalu bisa dilekatkan dengan
profesi menulis. Dengan itu pula kita bisa mengabadikan dunia2 lain
yang kita cintai, berbagi pikiran, pengalaman terhadap orang
lain, hingga semoga sebagian dari kita akan tetap abadi, sekalipun
usia berakhir. Lebih banyak yang bisa dikenang anak cucu kita, insya
allah:)

selamat menulis:)

Jumat, 13 Juni 2008

When I'm Down

Rabu, 5 Maret 2008
Phuuuuff…Setiap kali ketemu dia, bawaanya sakit hati dan cemburu teruss…!!!. Mending menghindar kalo emang itu lebih baik. Yudi…kuatkan hatimu. Don’t be sad!, karena akan selalu mengganggumu dan kenangan masa lau akan membuatmu khawatir dengan segala kemungkinan di masa datang dan akan menyia-nyiakan kesempatanmu pada hari ini.
Jangan muramkan wajahmu…
Jangankan padamkan semangatmu…
Jangan hilangkan harapanmu…
Jangan bersedih, karena rasa sedih tidak akan pernah mengembalikan sesuatu yang hilang dan semua yang telah pergi...
(theme song:Flanella,Aku Bisa)

Kamis, 6 Maret 2008
Hari ini adalah hariku.Action…action…and action!!. Aku harus lepas dari jeratan kesedihan ini. Aku gak bisa berlama-lama larut dari perasaan kehilangan ini. Aku gak boleh terus dalam angan-angan tentangnya yang terus menggangguku!...Dasar Cewek!! Hari ini adalah milikku. Aku terus melarang diriku untuk bayangin dia, ntar bagaimana dia di masa datang, itu masih gaib, belum pasti…!!!Sangat hina mengapa aku bisa memikirkan itu. Aku mau tunjukin kualitasku.Kualitasku di kuliah, sama temen2, keluargaku yang tercinta, n yang paling penting mempersembahkan kualitas shalat yang khusyuk, bacaan Al-Qur’an, dzikir sepenuh hati, keindahan dalam akhlak, dan kerelaan dengan semua yang Allah SWT putuskan.

Cheeers Up BOYZ….!!!

Jum’at, 7 Maret 2008
Lumayan, perasaanku agak mendingan. Teringat cita-citaku buat jangka waktu 4 tahun mendatang. IPK-ku lulus nanti kudu diatas 3 n komanya kudu gedhe (Cum Laude kalo bisa…Amien…tapi harus optimis Bisa!!!). Aku baru saja habisin buku, n bukunya ini yang ngingetin aku dengan tujuan awalku hidup di Semarang ini.
Saya hanya menyelesaikan apa yang telah saya mulai. Saya hanya mencari apa yang telah saya inginkan. Dan kebahagiaan saya peroleh bukan dari apa yang saya dapatkan tetapi dari proses untuk mendapatkannya…”
Jadi jika disambungin dengan kehdupanku “…selesaikan apa yang sudah kamu mulai…” Ya!! Tujuanku dapet IPK>3,00 belum selesai. Aku belum berhasil dan aku akan melakukan sampai selesai!!
Munculnya Masalah sama dengan Munculnya peluang untuk membuktikan kehebatan”
I BELIEVE I CAN….!!!
(theme song: My Chemical Romance:I don’t love you)

Sabtu, 8 Maret 2008
Sudah kuputuskan, kan kupendam perasaanku ke dia dalam-dalam, kukubur saying dan cintaku ini sangat dalam dan aku tak sudi lagi mengotori tanganku ini untuk kembali mengais dan menggalinya kembali. Kuanggap masa lalu itu sudah mati.
Dek Novi,,,thankz untuk semua kisah yang pernah kamu berikan. Darimu kubelajar mengenal apa itu cinta hingga akhirnya kurasakan cinta yang begitu mendalam padamu. Aku janji gak akan berubah seperti dulu saat kamu tiba di hadapanku, hadir dalam kehidupanku, member warna dalam setiap hari-hariku, mengisi sela-sela jariku ini dengan genggaman erat dan hangat darimu. Entah apa yang terjadi jika kamu tidak datang, begitu culunnya aku saat ini…(T,^)
Dek Novi yang cantik, kamu mengenal Yudie sekarang sama seperti Yudiemu dulu waktu SMP. Aku masih kaku kalau berhadapan sama cewek. Aku item, aku jelek, sampe sekarang penyakit di pipiku ini belum sembuh juga. Pokok’e dari segi tampang, aku ngerasa gak punya itu. Aku dari hatiku sendiri sulit jatuh cinta sama orang lain, tapi ketika aku sudah menaruh hati sama orang lain (dan pertama kali itu kamu, my first love) aku akan tulus mencintainya sepenuh hati.
Dek Novi,,,kudapati akhir-akhir ini perasaanku begitu kacau sampai saat ini. Aku terus memikirkanmu kembali pada pelukanku, tapi perasaan itu hanya bayangan kosong yang memuakkan. Tapi dari semua sikapmu semakin menguatkan diriku bahwa kamu gak akan pernah kembali. Sepertinya perasaanku mengatakan kamu terlalu egois tuk mengungkapkannya. Sekarang aku tak perlu memikirkan itu lagi, karena sudah kuputuskan.
Yudie…yang sabar Men!! Allah SWT Maha Melihat dan tak pernah sekalipun tidur, Dia-lah Dzat yang selalu terjaga melihat kerajaan langit dan bumi-Nya. Apalagi Cuma seorang dirimu, begitu mudah Alloh SWT dapat membolak-balikkan perasaan seseorang. Kamu inget, setiap tangisanmu akan berakhir dengan bahagia dan senyuman. Sekarang yang mesti kamu lakuin adalah menyelesaikan apa yang telah kamu mulai. Optimis jalani kehidupan ini, inget sama ortu di rumah yang banting tulang ngasih duit bau keringet mereka buat hidupmu di Semarang ini. Inget janjimu kalo kurva IP-mu kudu naik terus. Bahagiakan ortumu dengan prestasimu disini, jangan malah memberikan mereka berita kegagalan. Apalagi air matamu ini, malah ortumu bilang kamu itu konyol, nangisin sebuah hubungan yang menurut mereka gak ada faedahnya itu.
Yudie yang sedang dirundung kesedihan, kamu masih memiliki temen2 TeQim yang menurutku mereka asyik, baik2, perhatian, kekeluargaan tinggi. Yakinilah kamu akan mendapatkan kesenangan yang lain dari temen2mu ini. Sering2lah hang out bareng tuk saling mengakrabkan diri dan sejenak nglupain beban n masalah.
Whoooy!!! Chemical Engineering Fighter, memang hari2 kemarin sangat berat buatmu tapi itu gak akan berlangsung lama, seminggu, dua minggu, sebulan, dua bulan, satu semester. Kamu akan lupa apa yang kamu sedihkan. Dan berjanjilah kamu akan menertawakannya kelak. Tugas2, pelajaran2 kuliah, pekerjaan2, akan menyibukkanmu, maka dari itu. Sibukanlah Dirimu!!

Minggu, 9 Maret 2008
Phuuuuff….jam setengah satu…Sekian uneg-unegku. Kayanya untuk sekian lama, aku gak akan nulis semacam ini lagi. Aku ogah semua blog ini kupenuhi dengan kesedihan dan aku gak mau ini terjadi juga dengan hidupku nantinya. Perasaan manusia tidak sesederhana ini, ada tangis ada tawa, aku mencoba untuk mengurai tangis ini tuk menghadirkan tawa, menghibur hati, dan mencari solusi.Yudie…ridho…sabar, semuanya akan baik2 saja. Buat Aida yang tadi malem sempet kehilangan helm, saat kita sama2 dengan Novi dan Afif pergi keluar bareng. Hehehe…
Hmmmff…Ngantuk! Ini akhir dari segelintir sebuah kisahku…hari2 yang kuanggap cukup berat tuk menjalaninya.

I’M SURE THAT’S ALL WILL BE HAPPY ENDING…
BYE…
(theme song: Ari Lasso,Badai Pasti Berlalu)

Jumat, 23 Mei 2008

Similaritas

Similaritas Teknik Kimia


Di dalam bidang Teknik Kimia ada 4 tipe similaritas yang penting, yaitu :
  1. Similaritas geometris (kesebandingan ukuran)

  2. Similaritas mekanis
    • Similaritas statis (kesebandingan deformasi)
    • Similaritas kinematis (kesebandingan waktu)  
    • Similaritas dinamis (kesebandingan gaya)

  3. Similaritas termal (kesebandingan temperature)
  4. Similaritas kimia (kesebandingan konsentrasi)

1. Similaritas Geometris
Diantara dua sistem dikatakan ada similaritas geometris bila ada hubungan dari titik pada keduanya.

X1 = Kx . X2  
Y1 = Ky . Y2 
Z1 = Kz . Z2
dimana Kx = Ky = Kz ; K = faktor pengali. Bila Kx ≠ Ky = Kz maka similaritas diantara kedua sistem tersebut dinamakan “distorted similarity”.

  1. Similaritas Mekanis
     A. Similaritas Statis
Semua benda padat akan mengalami perubahan bentuk bila dikenai tekanan (stress). Bagian-bagian yang dikenai tekanan akan berubah dari posisi semula.
Similaritas statis didefinisikan sebagai :
Benda-benda yang similar secara geometris akan similar secara statis, bila keduanya dikenai gaya yang konstan maka perubahan bentuk dari keduanya adalah sedemikian rupa sehingga keduanya tetap similar secara geometris.“ 

B. Similaritas Kinematis
   Gerak dari dua sistem dikatakan similar bila partikel-partikel yang homolog terletak pada titik-titik yang homolog pada waktu yang homolog pula. Jadi similaritas kinematis ada di antara 2 sistem bila :
  • Ada similaritas geometris diantara keduanya. 
  • Vector-vektor kecepatan dan percepatan pada titik-titik dan waktu yang homolog mempunyai rasio yang konstan dan arahnya homolog.
Bila diantara dua sistem ada similaritas geometris ( Kx = Ky = Kz = KL)
Faktor skala kecepatan : Kv = KL / Kt
Faktor skala percepatan : Ka = KL / Kt 2 = Kv / Kt
    C. Similaritas Dinamis
      Pada dua sistem dikatakan ada similaritas dinamis bila bagian-bagian homolog dari kedua sistem mengalami gaya netto yang similar. 
Misal ada dua sistem yang distribusi massanya similar, yaitu m’= Km.m , dimana m dan m’ adalah massa dari bagian-bagian yang homolog dan Km konstan. Berdasarkan hokum Newton, gaya yang bekerja pada sebuah partikel dari sistem I dengan massa m adalah :
Fx = m . ax 
Fy = m . ay 
Fz = m . az
Sedang pada sistem II :
F’x = m’ . a’x 
F’y = m’ . a’y 
F’z = m’ . a’z
Bila di antara kedua sistem ada similaritas kinematis, maka :
kFx = F’x/Fx     = m’ . a’x / m . ax   = Km . Kx / Kt 2
kFy = F’y / Fy   = m’ . a’y / m . ay   = Km . Ky / Kt 2
kFz = F’z / Fz    = m’ . a’z / m . az   = Km . Kz / Kt 2
 
     Ini adalah factor skala untuk komponen gaya total pada partikel-partikel yang homolog. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwadiantara 2 sistem ada similaritas dinamis bila keduanya ada similaritas kinematis dan distribusi massanya similar.
  1. Similaritas Termal 
          Similaritas termal terjadi pada sistem-sistem yang ada aliran panasnya. Panas dapat mengalir dari satu titik ke titik yang lain dengan cara konduksi, konveksi, radiasi, gerakan keseluruhan (“bulk movement”) sistem karena perbedaan tekanan. Proses radiasi, konduksi, dan konveksi tergantung pada perbedaan temperature antara kedua titik tersebut. Sedangproses perpindahan panas yang terjadi karena gerakan atau aliran sistem tersebut.

         Perbedaan temperature antara sepasang titik pada suatu sistem dengan sepasang titik yang homolog disebut beda temperature homolog. Jadi similaritas termal 2 sistem akan ada bila : 
    • Ada similaritas kinematis 
    • Rasio antar 2 beda temperature homolog adalah konstan.  
    • Ada similaritas geometris
              Bila diantara 2 sistem ada similaritas termal maka kecepatan aliran panas pada bagian-bagian yang homolog harus mempunyai rasio yang konstan. Namun, similaritas termal dapat terjadi hanya bila radiasi dan konveksi atau konduksi dan konveksi diabaikan.
    1.  Similaritas Kimia
    Similaritas kimia ada pada sistem reaksi kimia yang komposisinya berubah dari titik ke titik, dari waktu ke waktu, baik dalam proses batch maupun siklis. Jenis maupun komposisi kimia dalam kedua sistem tidak perlu sama. Yang penting ada hubungan tertentu antara konsentrasi komponen yang akan diperbandingkan. Komponen yang akan diperbandingkan tersebut dinamakan komponen yang homolog.
         Konsentrasi suatu komponen kimia dalam satu elemen volume pada waktu tertentu tergantung pada konsentrasi mula-mula, kecepatan pembentukan atau pengurangan komponen karena reaksi kimia, kecepatan difusi masuk atau keluar dari elemen volume, dan kecepatan perpindahan komponen tersebut karena gerak keseluruhan dari sistem.
    Kecepatan reaksi kimia tergantung pada temperatur, kecepatan difusi tergantung pada gradient konsentrasi, dan kecepatan “bulk transport” tergantung pada pola aliran. Perbedaan konsentrasi antara komponen – komponen yang homolog pada waktu yang homolog disebut beda konsentrasi homolog. Jadi similaritas kimia antara 2 sistem ada bila :
    • Ada similaritas geometris 
    • Ada similaritas termal  
    • Ada similaritas kinematis (bila kedua sistem bergerak) 
    • Rasio antara beda konsentrasi homolog konstan (disebut faktor skala konsentrasi,  (Kc = (delta)c’ / (delta)c = tetap)

    1. Similaritas Lengkap
    Bila suatu kejadian fisik atau sistem dipengaruhi oleh sejumlah variable maka analisa dimensi terhadap variable-variabel tersebut akan menghasilkan satu himpunan lengkap produk tak berdimensi :
    f (phi1, phi2, …, phi n-r)
    phi1, phi2, …, phi n-r : grup tak berdimensi yang juga merupakan criteria similaritas.

         Bila semua grup tak berdimensi dari kedua sistem sama, maka kedua sistem itu disebut similar lengkap / sempurna. Dalam praktek, tidakah mungkin untuk membuat 2 sistem yang similar dalam segala aspek. Biasanya hanya sejumlah tertentu grup tak berdimensi yang dianggap penting.
          Tetapi hal ini ada kelemahannya. Kemungkinan ada satu variable yang tidak begitu berpengaruh terhadap suatu sistem, tapi sebaliknya sangat berpengaruh terhadap sistem lainnya. Misal sistem I berupa aliran fluida di dalam terowongan (pipa dengan diameter sangat besar), sedang sistem II adalah aliran fluida di dalam pipa kecil. Disini kekasaran permukaan pada pipa besar tidak begitu berpengaruh terhadap aliran fluida tersebut. Sebaliknya aliran fluida di dalam pipa kecil akan dipengaruhi oleh kekasaran permukaan pipanya. Hal inilah yang disebut “scale effect”.

    Sabtu, 03 Mei 2008

    Tentang Yudie's Unscientific Journals

    Prayudi Eko Setyawan













    Saya seorang profesional muda yang berkecimpung di industri baja. Berawal sebagai Project Leader untuk proyek perusahaan baja PT. Krakatau Steel Tbk, saya kini menjadi Supervisor di PT. Krakatau Posco yakni Joint Venture Company antara PT. Krakatau Steel, Tbk (Indonesia) dengan Posco (Korea Selatan).

    Saya besar di Solo hingga SMA dan pindah ke Semarang menuntut ilmu di  Universitas Diponegoro jurusan Teknik Kimia angkatan 2007. Kini saya tinggal di Cilegon.

    Saya suka : 
    • musik, 
    • bercerita, 
    • bekerja (asli..beneran!), 
    • nge-date, dan 
    • berinvestasi. 
    Jadi apa yang saya tulis disini murni pengen berbagi pengalaman dan ilmu yang bermanfaat.
    Yudie's Unscientific Journals pertama kali dibuat kala ingin menumpahkan kegalauan yang terjadi semasa menjadi mahasiswa. Cailaaaah...!! :DD Seiring waktu berjalan saya mulai merasakan kematangan dalam nge-blog. Kegalauan mulai saya ganti dengan hal-hal dan kegiatan-kegiatan positif yang berguna buat pengembangan pribadi (Catet ini wahai anak muda!). 

    Yudie's Unscientific Journals adalah rekam jejak saya dari awal kuliah hingga sekarang. Dan saya akan terus mengisi blog ini dan blog ini akan senantiasa menjadi diari elektronik saya layaknya Accio Pensieve-nya Dumbledore. Saya akan selalu tersenyum sendiri kala saya membuka lagi tulisan-tulisan saya dulu.

    Hope U enjoy and sometimes laugh with me :)

    Wellcome!!

    Assalamu 'alaikum Wr.Wb.
    Selamat Berkunjung di Blog-ku, di blog ini sengaja dibuat bertema TEKNIK KIMIA, aku bermaksud ingin berbagi ilmu dengan teman-teman semua, gak harus kuliah di jurusan Teknik Kimia (sukur2 ada yang satu jurusan), tetapi murni pengen berbagi ilmu dan tentunya nambah temen disini.

    Kalo ada yang pengen kenal aku liat di di multiply aja, alamatnya :
    http://yudex88.multiply.com
    Atau di
    friendster juga bisa, kunjungi aja yudie_elect@yahoo.co.id


    Kutunggu tanggapan temen2...

    Trims before..

    Happy Couple

    Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers