Kamis, 05 Maret 2009

When Mr. Lukman asked

Sebenernya tahu gak sih gambaran pekerjaan seorang teknik kimia?

Dosen Manajemen Industri Pak Lukman mengumbar pertanyaannya di ruangan kelas. Hmm,,,pertanyaan itu belum bisa aku jawab dari dulu ketika aku masih kelas 3 SMA sampe sekarang semester 4. Malah pertanyaan itu ngebawa ku pada satu pertanyaan yg ditujukan padaku dulu. Kenapa sih kudu teknik kimia ? Banyak orang baik sobat2Q bahkan ortuku sendiri menanyakan kenapa aku bisa seteguh ini dan mantap dgn pilihanku saat itu.

Entah kenapa sejak sobat2Qku SMA mulai menampakkan wajah tua gara2 bingung mau ngambil kuliah apaan. Cuma aku yg belum mau pusing dgn itu. Aku masih pengen fokus ngerjain soal dan soal, rajin ngikutin bimbel, kalo dirumah udah kaya anak pingitan, diiieeeem aja di kamar. Kutemukan diriku paling rajin, ya semasa aku kelas 3 SMA.

Menjelang UM UGM baru tuh aku mulai berpikir kemana aku kuliah nanti. Baru saat itulah aku tersentak betapa aku telat menyadari pentingnya ini. Yah, setelah semua temen2Q udah pada tahap membangga2kan pilihannya kepada yg lain. Kalo disamain sama bayi, temen2ku udah pada bisa jalan, sedangkan aku masih berjuang keras untuk tengkurap.

Aku mulai berusaha keras nyari2 info ttg pilihan2 kuliah mana yg kiranya prospektif. Dari mulai baca buku, wira-wiri ke BK, konsultasi tentor bimbel, browsing internet, tanya2 yg udah pada kuliah, semuanya kulakukan. Sampe akhirnya pilihanku jatuh pada Teknik Kimia. Sebenernya pengen Elektro tapi kayanya terlalu tinggi seperti pepatah bilang Tuyul merindukan Planet Uranus. Jaaaauuuuhh Bo'!!!

Akhirnya aku kekeh dgn pilihanku ini dan entah kenapa langsung ada chemsitry gitu dgn pilihanku ini. Setiap info yg aku dapet, kayanya makin meneguhkan diriku dgn pilihanku. Aku selalu menghitami bulatan2 kode jurusan teqim dari UM UGN sampe UM UNDIP. Walaupun semuanya gak tembus....HUhuuhu...! Tapi semuanya kebayar dgn tembus di SPMB (pilihan 1 = teqim undip dan pilihan 2 = teqim uns). Sekeluarga langsung tumpengan ngerayain keberhasilanku. Ooooh senangnya hatiku turun panas demamku (ikut2an iklan inzana)

Well, back to now
Sebenernya tahu gak sih gambaran pekerjaan seorang teknik kimia?

Aku menggumam lagi, menurutku banyak sih bidang pekerjaan seorang Chemical Engineers. Malah menurutku hampir semua industri membutuhkan kita, coba deh sebutin aspek kehidupan mana yg gak ngelibatin kita2?! Lalu muncul pertanyaan

Kira2 aku nanti bakal kerja dimana ya??
Pengen kerja sebagai konsultan. dateng ke pabrik, jalan2 ngeliat kegiatan produksi ditemani direktur atau pemilik perusahaan. Lalu ngomong ngalor-ngidul diikuti anggukan dari pemilik perusahaan dan diakhiri dgn ucapan terima kasih kepadaku. Seolah kata2 yg kuucapin seperti kata2 sakti yg banyak diikuti orang. Hahahaha...cool...kerenzz!!

Namanya juga cita2, perlu usaha kesana dan gak mungkin secara ajaib langsung jadi konsultan. Ada step2 yg kudu dilalui. Tapi paling gak sedikit banyak ini aku udah merancang hidup dan nentuin value hidup aku. Dari value ttg apa yg kita yakini sebagai hal yg penting di hidup kita lalu kita rancang arah hidup kita mau kita bawa kemana. Aku harus berusaha menaiki tangga impianku dan jika aku telah mencapai puncak tangga ini kuharap tangganya bersandar pada tembok yg benar.

Thats all
Met Malem...

0 comments:

Posting Komentar

Tolong, biarkan aku mencarimu...

Happy Couple

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers