Sabtu, 28 Februari 2009

Terapi Lagi ke Jogja

Abiz dari jogja nih naik kereta, aku ngejalani terapi sama mas Anto. Dia itu orang pRata Penuhinter, tapi gak pake tanda kutip, sedikit sakti mungkin. Udah beberapa bulan aku bolak-balik ke jogja cuma mau konsultasi ttg gangguan kelenjar yg ada di pipi sebelah kananku ini. Dia tahu banyak hal ttg sistem peredaran darah, sistem kelenjar, sistem saraf, dan pokoknya khatam dan hafal deh kalo ngomongin onderdil tubuh kita ini.

Hari ini dia menaikkan sistem tenaga yg ada di tubuh aku karena liburan kuliah aku udah selesai. Sebelumnya pas sebulan ini aku libur, khan gak begitu banyak aktivitas yg aku lakuin jadi dia nurunin tuh sistem tenaga yg ada di tubuh aku. Bilangnya sih gitu. . .karena emang liburan ini aktivitasku gak sebanyak ketika udah mulai kuliah, jadi berat badanku kemarin sempet naik 5 kilo dalam waktu 2 minggu. Lima Kilogram!! Berat itu sama aja kaya aku dipaksa makan nasi satu gentong sekali nelan. Eh, pada bingung gak yo dgn ini, sebenernya aku juga ragu ngepost ini. Tapi yowislah, udah terlanjur, sayang kalo diapus. Hehe...stay tune! (emang radio bisa ganti channel!)

Oh ya, kira2 udah 3 tahunan mungkin aku punya "ketidakberesan" dgn sistem kelenjar yg ada di tubuhku. Dampaknya adalah tinmbulnya "bengkak" yg nongol tanpa rasa malu di pipi sebelah kanan aku. Pernah dulu jadi tumor dan sempet dioperasi sama dokter spesialis bedah dalam dokter Joko Dlidir, tapi hasilnya nihil dan masih ada yg gak beres. Serius!! Aku pernah ngidap tumor!! Setelah itu ada saudara ibuku nyaranin aku ke mas Anto ini sampe sekarang. Dan aku "ditata lagi semua sistem yg ada di tubuh aku dan melakukan penyembuhan dari dalam.

Metodenya sebenernya simpel bget, suruh olahraga, banyak makan, ketawa setiap hari (sampe kebablasan jadi gila gini). Semacam pencampuran metode akupuntur sama pengobatan Herbal lah kalo kalian bisa bayangin itu (kalo bayanganku sih, buah dan sayur ditusuk2 gitu terus suruh nelan pake idung). Hihihi...bercanda ding! Pertama kali dulu, aku disuruh ngeblend lobak putih campur nanas. HOOekk...!!rasanya kaya tanah gambut dicabein, pedes secara emang lobak itu agak pedes. Lobak putih berguna buat menetralkan racun yg larut dalam darah sedangkan nanas mengandung banyak vitamin C buat sistem kekebalan tubuh. Saat itu dimulailah penderitaanku minum jus buah neraka. Eneg abis deh pokoknya! Inget, udah pernah ngerasain tanah gambut dicabein kan, kurang lebih seperti itulah. Pertama kali minum dulu sukses buat aku muntahin sarapan tadi pagi. Hooeek...!!

Dari situ aku menjalani terapi penyembuhan alami yg sampe beberapa kali, dan emang ada hasilnya. Bengkak di pipiku semakin lama semakin berkurang. Menurut mas anto lagi, sistem tubuh aku udah bagus, jadi kalo pengen hasil maksimal aku kudu operasi sekali lagi buat ngebersihin semuanya. Tapi operasi yg dilakukan dgn metode penyinaran yg ada di beauty center bukan di rumah sakit. Kenapa begitu? karena "sinar" yg dipake di rumah sakit lebih cadas daripada di beauty center, jadi biar gak rusak semuanya dan efek samping yg ditimbulkan pun gak begitu berbahaya. Rencana sih mau semester depan, tapi gak tau bisa rutin gak karena mungkin bisa dilakukan operasi penyinaran beberapa kali (kedengerannya serem bos) dan kuliahku gak bisa dianggep remeh.

Abiz terapi, ngerasain keliling kota jogja naek bus transjogja yg baru beberapa bulan dioperasikan terus beli topi di Malioboro. Malem minggu jadinya capek!

Have A Great Weekend!!

Jumat, 27 Februari 2009

When I miss something....

Hari ini adalah hari jum'at, tepat 13 tahun yg lalu Nintendo melahirkan game Pokemon yg sepanjang sejarah mampu menandingi kejayaan Mario Brothers (Mario Bros). Kota Solo, the Spirit of Java cerah berawan. Burung masih berkicau, rumput masih bergoyang, kota Solo masih tergenang, dan aku disini masih cinta rupiah.

Well, aku bangun gak begitu bergairah hari ini. Kemarin malem abis isya' udah ngantuk puol, sms gak ada yg tak bales (karena emang gak ada yg ngirim). Kebiasaan kalo di rumah, nganterin Rita adikku paling kecil ke SDnya terus sarapan beli cenil, gethuk, dan pukis di pasar setiap pagi (I'm crazy about jajanan pasar). Tiba2 aku begitu ngangenin beberapa hal selama sehari ini :

Gitar Klasik
Aku bener2 kangen sama gitar klasik kesayanganku, tapi sayang gitar itu udah rusak sekarang. Pelaku yg begitu biadab dan keji yg tidak memiliki rasa gitariawi mematahkan neck gitar sampai putus dari badannya adalah Mang Dhani. Orang Bandung item (heran biasanya kan tipikal kulit orang sono tuh kinclong2) itu emang secara gak sengaja ngejatohin gitar kesayangnku itu waktu dia lagi bersih2 kamarnya. Ddddhuaaak...!!! Gitar itu jatoh dan neck gitar itu putus begitu aja, ngakunya sih gitu. Pokoknya seabis ini aku bakalan minta pertanggungjawaban buat ngeganti gitar itu, harus mirip mulai dari bentuknya hingga bunyinya.

Bus tingkat
Yep, bis tingkat. Terakhir kali aku naik bus tingkat itu mungkin masih SD. Aku inget waktu itu sama bapak nonton pagelaran wayang di Sriwedari. Kursi favoritku lantai atas bagian paling depan. Bisa ngeliat semuanya begitu jelas dalam keadaan bus yg berjalan agak pelan. Bus bermesin Volvo itu beroperasi di jalan2 utama di Kota Solo seperti di Jalan Slamet Riyadi. Aku kangen pengen naik lagi dan duduk paling depan paling atas. Kalo gak ortu yg bakalan marahin aku, mungkin aku dah jadi kenek bus tingkat sekarang. Hehehe...Tarik Mang!!

Five, Westlife, dan Backstreet Boys
Pas mau ngepost ini, lagu di headphone muterin keep On Moving-nya Five. Aku keranjingan boysband. Yiiihaa...masa2 boysband adalah masa2 dimana aku sedang puber2nya (Sampe sekarang mungkin masih puber). Kira2 era boysband itu pas jamannya aku SMP. Sampe2 dulu aku ngumpulin sobat2ku buat ngebentuk sebuah boysband. Keren gak tuh, namanya indonesia banget deh, Geger Jaya Group. Hahaha...namanya lebih mirip grup orkes keroncong sih. Tapi sekarang personel2nya ngacir entah kemana, semuanya bencong microfon deh kalo dulu. I miss U guys!
Terus yg terakhir...aku pengen makan mie bandungnya deket masjid Solihin dan makan Sirloin steak di WS didepannya. Uhhmmm....Yummy!!
Hehehe...

Kamis, 26 Februari 2009

Lelucon Garing si Cah Olo part 1

Hari ini aku belum bobok (cailah...bahasanya), tadi malem menjalankan kebiasaan favoritku. Kelayaban tengah malem buta menyatroni warnet langgananku deket kampus UNS yg hanya dgn gocenk bisa online 5 jam sejebolnya mau surfing kemana aja terserah. Murah dan praktis, gak usah bawa CPU, monitor, keyboard, dan mouse buat online pake wi-fi (iya, aku juga bingung kenapa gak bawa laptop aja). Dan aku ngerasa 5 jam tadi seperti belum cukup buat beredar di dunia maya. Tapi mata ini udah tinggal 5 watt, nahan kantuk tapi setelah pulang ke rumah langsung suruh nyuci motornya adikQ dan bapakQ. Aku langsung mandi biar agak segeran abis capek mandiin tunggangan bapak dan adikQ itu.

Dan disinilah aku, males2an di depan TV. Mataku terusik ketika liat infotainment yg sekarang kaya minum obat aja, 3 kali sehari pagi, siang, dan sore. Aku layaknya ibu2 rumah tangga, pembantu lainnya (eh aku golongan mereka ya?!) dibuat heran. Maaf ya perlu diluruskan kalo aku bukan penggila infotainment. Mending liat badak ujung kulon ngupil (idungnya segedhe apa ya?), itu beritanya lebih edukatif daripada para seleb yg kawin-cerai2. Banyak bget berita yg sebenernya konyol dan memalukan itu kog ya tetep disiarin. Nih aku rangkumin semua berita seleb hari ini yg menurutku GAK PENTING PAKE BANGET :

Jreng...Jreng...Jreng !!(suara gendhing seolah bertalu, lho kog gitu bunyinya?!)
Ta Da!!

Inilah SALEB (Seputar Selebritis)
Kabar2 yg menggoyangkan dunia infotainmet akan kami rangkum disini tentunya hanya di SALEB...Seputar Selebritis...Jeng...jeng...Jeng!!

Tjauhkakh Vemirsyah! Dewi Pesing digosyipkan sudah khawin syuuuri sama Aldiansyah Tahi. Apa yg sedyang tjerjadi dgn merekah berduah, kenapah merekah melakyukhan khaawin syuuuri padahal akh merekah berduah sama2 menyandhang statyus lajang. Single gitchu loch! Available Now!!? Ada apakah gerangan yg sedyang tjerjadih? Sebhuah misterih abad ini : Dimanakah Dewi Pesing dan Aldiansyah Tahi sering nyalon?! Kita tanya Galileo.

Hari ini Vemirsyah tahu?! Andi Sokkaya melapyorkhan gugyatchan pencyemaran namah baikh atas dirinya yg dilakhukhan oleh Katiyem Wilson. Saya bimbang gulana Vemirsyah, tjumah garah2masalah undangan bisa sampe ke mejah hijau. Permen kog kaya ginich, gak masyuk akyal!

Demikian SALEB, sampai jumpa di berita penting gak penting lainnya hanya di SALEB.

NB : Harap dibaca dgn memonyongkan bibir 5 senti diatas permukaan kulit wajah anda.

Pertama kali aku baca lagi ini, aku ngakak menyadari ke-error-anku hari ini. Hasil tulisan gak jelas hasil dari pikiran orang yg matanya dah mbeler gara2 kecapekan pgen bobok. Tapi setelah dibaca lagi, aku jadi ragu. Menurutmu terlalu biadab dan kaya tabiat orang bar-bar gak sich? Ngelanggar kode etik gitu?!

Aku sangat2 appreciate buat yg ngasih komen buat postingan yg ini. Kalo gak gitu aku gak bakalan tahu. Best Regards.

Rabu, 25 Februari 2009

Menikmati Hari-Hari Terakhir Liburan.

Gak terasa udah minggu terakhir liburan semester ganjil. Aneh ya, aku liat temen2ku UNS, ITT Telkom, STAN, ITB, UGM, ITS, udah berjalan kuliahnya. Lhah aku, jangankan merangkak, bangun aja belom. Kalo diitung2 sebulan lebih liburnya. Dulu waktu minggu pertama rasanya pengen cepet2 masuk kuliah lagi, tapi sekarang, eekh males bget kalo mau balik ke Semarang. Udah pè-wè di rumah.

Dan siklus kehidupan kuliahku akan dimulai lagi. The Praktikum is begin. Semester genap ini aku dapet Praktikum Proses Kimia...Apaan tuh? Ngapain aja ya? Belum tanya angkatan atas sih. Pas libur2 gini bingung mau ngapain, nah pas praktikum aku bingung yg mana dulu yg harus kukerjain.

Laporan all the way!
Gak cuman di tas, di atas kasur, di bawah kasur, di lantai, di atas TV, di kamar mandi pun ada. Kertas2 folio itu penuh dgn tulisan tangan kita. Aku mengacungkan jari tengahku. Bukan. Aku masih haram buat bercinta. Aku liat jari tengahku benjol karena kebanyakan nulis laporan.

Kalo diliat2 laporan2 praktikum selama ini, tebelnya segepok. Kalo mau difungsiin buat bantal, bisa. Buat gepuk maling, apa lagi. Dijamin langsung dipaketin ke neraka jahannam sono.

Kemarin anak2 teqim pada ribut soal KP (Kerja Praktek), aku yg orangnya kurang up to date kalo masalah kuliah. Udah kaya kebo ompong, abiz pada bingung mau KP dimana, sama siapa. Pokoknya pada ribut sendiri. Sedangkan aku, bingung apa yg harus aku bingungkan.

Aku di sms alfin, temen kuliahku. Dia ngajak aku buat sekelompok sama dia. Lalu aku curhat (halah nggaya!) kenapa anak2 pada ngeributin KP. Terus dia nyritain tetek bengeknya sampe aku paham. Kita bingung mau nyari link buat KP dimana. Aku nanya di milis alumni, klub CESTR (Chemical Engineering Stirred Tank Reactor), di facebook alumni, website majari, pokoknya aku nyari info sebanyak2nya.

Sampe akhirnya aku di kasi tau alumni, kalo mau suruh ngajuin proposal ke PT. Pupuk Sriwijaya Sumatera bagian mana aku lupa. Itu sementara yg mungkin kita berdua mau KP disana. Pengen nih ke luar jawa. Asik kali ya!?!

Bytheway ternyata posting blog lewat hape nikmat membawa sengsara, baru ini nyoba. Tangan dah keriting n jari ngapal bentuk keypad. .

Selasa, 24 Februari 2009

Jalan-jalan ke Tawangmangu Asyik Sekali

Adi adalah temenku kuliah di T.Kimia UNDIP tapi setahun disana dia tiba2 banting stang ikut SNMPTN lagi dan keterima di FK UNS. Hari sabtu kemarin aku sama Ari ngajakin Adi dan temen kuliahnya, si Ajat iseng ngisi weekend ini main2 ke daerah Tawangmangu. Sebenernya sih mereka udah kelar liburannya gak kaya Aku dan Ari, tapi berhubung kita cuma 2 ekor doang kan gak seru akhirnya diajakin deh Adi. Kita mau jalan2 ke Air terjun Jumog dan Candi Sukuh. Kita berempat kesana naik motor.

Obyek pertama kita datengin air terjun dulu. Resiko kalo sabtu2 kaya gini, banyak bget orang berpacaran disana. Tapi justru disinilah ide2 ngaco bermunculan. Kita mau ngambilin gambar mereka2 yg sedang masyuk mesra di sudut jalan menuju air terjun. Obyeknya ini sebenernya baru aja dipugar, jadi hutannya masih asri. Kalo aku bilang nih secara aku mahasiswa, tempat ini merupakan kondisi operasi proses yg optimal buat mereka pacaran. Udah tempatnya masih rimbun, sepi dan hawa dingin pegunungan Lawu emang cocok abis. Rencananya gambar2 itu mau kita ajuin ke majalah Trubus, judul artikelnya Populasi spesies langka kian menurun. Waakh sirik abis kita tuh! Haha...ha..! Akhirnya sampe di air terjunnya, ngeliat pemandangan bagus ini, seolah mata kita sama memercikkan cahaya...Clink! Seperti layaknya James Bond ngeluarin gadgetnya dgn begitu keren, dua kali gerakan tangan, kamera udah standby mengabadikan sifat banci kamera kita. Jepret...jepret!
















Eh. . . potoin dong !
Eh sekali lagi, lagi!
Akh jelek akh, potoin lagi!
Eh, da yg liat celanaku gak, hanyut nih (loh?!)
Pokoknya percakapan kita setelah itu monoton bget. Abis puas berpoto2 ria. Kita ngelanjutin obyek yg kedua.

Ehemz...Candi Sukuh ini bagi yg udah pernah kesana, mesti ada kesan tersendiri. Soalnya ini candi beda ama candi2 yg lain. Candi ini banyak orang yg namain candi mesum. Kenapa mesum?? karena di candi ini ada relief2 (maaf ya!) penis dan vagina, karena emang disini dulu dijadikan tempat upacara apa gitu lupa aku namanya, pokoknya kaya honeymoon gitu deh. Tapi gak semua reliefnya seronok lho, cuma beberapa lokasi doang. hahaha...disinilah puncak kegokilan kita. Foto2 dibawah ini jadi saksi bisu, betapa aku disini, just iseng foto bersama salah satu arca yg agak gimana gitu. (Rate mode : 20+)
















And then here we are :




Sabtu, 21 Februari 2009

Anak ayamku sayang, Anak ayamku malang

Kemarin aku dikejutkan sama adekQ namanya Rita yg masih kelas 4 SD yg nyodorin aku sama peliharaan barunya. Seekor anak ayam yg mungkin karena tuntutan pasar mengecat seluruh tubuhnya jadi warna-warni (emang ada ya anak ayam ngecatin diri sendiri?!). Aku yg bisa ngebayangin masa depan si anak ayam ini sebulan, eh gak seminggu ke depan bakalan terenggut masa depannya di tangan adekQ itu. Aku mencium gelagat tidak baik dgn orientasinya memelihara binatang langsung aku labrak. Karena dulu dia pernah melihara binatang yg colourfull itu.
Aku : ngapain beli anak ayam lagi ?
Rita : lucu og mas, ijo-ijo gini.
Anak ayam : Piek...piiiieeek!
Aku : ntar mati lagi...! (cemas)
Anak ayam : Piiiieeek!
Rita : kali ini gak akan aku mandiin lagi mas! paling aku basuh mukanya doang biar segeran gitu! ntar aku ajak jalan2, aku selimutin pas tidur.
Aku dan anak ayam : (gubraaak!)

Terserah deh!!

Dan bener, seharian adekQ lengket banget ma tu peliharaan baru, si anak ayam ijo yg masa depannya Auk Akh Gelap! Dari mulai diajak jalan2, diajarin ngais2 tanah, matuk-matuk nyari cacing, main petak umpet bahkan sampe diajarin terbang dgn melempar tu anak ayam dgn biadabnya. Khakhakha...kasihan tu anak ayam. . .!

Malemnya tu anak ayam dimasukin ke dalam rumah, Rita tetep kekeh ga mau soulmate barunya itu kedinginan di luar. Aduuuhh. . .aku jadi bingung mana majikan mana piaraan sih!!

Esok paginya tepatnya pagi ini Rita bangun tidur, loncat dari kasurnya, niatnya sih pengen bangunin tu anak ayam. Waktu itu Ibu lagi sibuk nyiapin sarapan, waktu keluar dari pintu belakang, semua orang dikejutkan dgn suara yg memilukan. AdekQ sontak histeris dgn apa yg terjadi di depan mata kepalanya sendiri. Ibuku yg terakhir nimbang badannya sekitar 70an kg dgn sukses dan meyakinkan nginjek tu anak ayam. Aalaamaak...Umur anak ayam itu gak nyampe sehari doang di tangan Rita, jauh dari yg kuramalkan.

Ternyata sebelum dia mati, Rita diam2 minjem hapeku dan mengabadikan saat2 terakhirnya bersama si anak ayam ijo yg masa depannya Auk Akh Gelap!























Anak ayam Ijo...
Riwayatmu kini...

Nampung Curhatan

Dalam satu minggu ini, gak nyangka dapet cerita/curhatan dari temenku ttg pengalaman cinta mereka yg berakhir gara2 satu alasan : kosong. Yep, mereka terjebak dalam percintaan yg mampus di tengah jalan gara2 ceweknya ngerasa kosong.
Kosong ya ?
Kosong. . .
Ketika mereka mengutarakan itu, aku juga masih begitu susah mencerna kata itu. Selintas aku begitu kasihan pada kedua temenku itu dan menganggap pacar mereka begitu egois gila gampang banget mengutarakannya.

Temenku pertama bilang belakangan ini sebelum dia diputusin dgn sukses, si do'i mulai susah dihubungi. Ketika dia telepon kadang mulai gak diangkat, SMS mulai putus di tengah jalan. Dia mulai khawatir dgn kelangsungan hubungan dia dan pacarnya. Sampai akhirnya ketika dia nelpon pacarnya, dan do'i bilang kalo dirinya udah gak punya feeling ttg temenku ini. Semenjak itu, temenku gak pernah berhenti utk nyari tahu alasan kenapa dia bisa bicara begitu. Temen2nya pun dimintain tolong, nyari tahu kenapa sikap pacarnya itu bisa berubah kaya gitu. Semuanya berujung pada satu kesimpulan, si do'i udah gak ada feeling sama temenku ini. . . Oh Damn.

Aku inget gimana perjuangan temenku ini menjemput cintanya jauh2 dari Semarang ke Bogor cuma pgen ketemu sama sesosok manusia doang, pacarnya. Ia ngerelain waktu hari tenang sebelum ujian, libur semester, kapanpun waktu yg memungkinkan buat ketemu sama si do'i. Dia banting tulang, gulung koming, jungkir balik ngais2 tanah (emang ayam jago kung fu?!) ngumpulin duit buat menantikan pertemuan mereka. Tetapi seolah itu bukan kompensasi kalo hubungan mereka bisa langgeng.

Menurutku jarak Semarang-Bogor yg ngebuat kekosongan ini. Aku juga bingung, dulunya mereka bisa ngetawain masalah jarak ini, tapi ternyata sekarang keyakinanku itu runtuh. Masalah jarak ini yg buat temenku meringis. Sekarang temenku ini beusaha ngebangun hatinya lagi. He said, Life must Go On, Bung!

Temenku yg kedua ceritanya hampir mirip sih, tapi yg ini menurutku gak punya usaha buat menegakkan kembali hubungannya. Ketemuan ya sekedar ketemu doang, pembicaaran juga udah mulai garing, pokoknya udah gak ada keterlibatan emosi yg gedhe dalam hubungan mereka. Dia udah tahu bakal terjadi kaya gini, dia gak akan menyesalinya. Sekali lagi contoh buat aku bahwa Long Distance Relationship banyak cacatnya.

Selamat malam semuanya. . .
Enjoy Your Weekend Frenz!!


Numpang Curhatan

Dalam satu minggu ini, gak nyangka dapet cerita/curhatan dari temenku ttg pengalaman cinta mereka yg berakhir gara2 satu alasan : kosong. Yep, mereka terjebak dalam percintaan yg mampus di tengah jalan gara2 ceweknya ngerasa kosong.
Kosong ya ?
Kosong. . .
Ketika mereka mengutarakan itu, aku juga masih begitu susah mencerna kata itu. Selintas aku begitu kasihan pada kedua temenku itu dan menganggap pacar mereka begitu egois gila gampang banget mengutarakannya.

Temenku pertama bilang belakangan ini sebelum dia diputusin dgn sukses, si do'i mulai susah dihubungi. Ketika dia telepon kadang mulai gak diangkat, SMS mulai putus di tengah jalan. Dia mulai khawatir dgn kelangsungan hubungan dia dan pacarnya. Sampai akhirnya ketika dia nelpon pacarnya, dan do'i bilang kalo dirinya udah gak punya feeling ttg temenku ini. Semenjak itu, temenku gak pernah berhenti utk nyari tahu alasan kenapa dia bisa bicara begitu. Temen2nya pun dimintain tolong, nyari tahu kenapa sikap pacarnya itu bisa berubah kaya gitu. Semuanya berujung pada satu kesimpulan, si do'i udah gak ada feeling sama temenku ini. . . Oh Damn.

Aku inget gimana perjuangan temenku ini menjemput cintanya jauh2 dari Semarang ke Bogor cuma pgen ketemu sama sesosok manusia doang, pacarnya. Ia ngerelain waktu hari tenang sebelum ujian, libur semester, kapanpun waktu yg memungkinkan buat ketemu sama si do'i. Dia banting tulang, gulung koming, jungkir balik ngais2 tanah (emang ayam jago kung fu?!) ngumpulin duit buat menantikan pertemuan mereka. Tetapi seolah itu bukan kompensasi kalo hubungan mereka bisa langgeng.

Menurutku jarak Semarang-Bogor yg ngebuat kekosongan ini. Aku juga bingung, dulunya mereka bisa ngetawain masalah jarak ini, tapi ternyata sekarang keyakinanku itu runtuh. Masalah jarak ini yg buat temenku meringis. Sekarang temenku ini beusaha ngebangun hatinya lagi. He said, Life must Go On, Bung!

Temenku yg kedua ceritanya hampir mirip sih, tapi yg ini menurutku gak punya usaha buat menegakkan kembali hubungannya. Ketemuan ya sekedar ketemu doang, pembicaaran juga udah mulai garing, pokoknya udah gak ada keterlibatan emosi yg gedhe dalam hubungan mereka. Dia udah tahu bakal terjadi kaya gini, dia gak akan menyesalinya. Sekali lagi contoh buat aku bahwa Long Distance Relationship banyak cacatnya.

Selamat malam semuanya. . .
Enjoy Your Weekend Frenz!!


Kamis, 19 Februari 2009

Yudie Lebih Melek Buku

Ada kenikmatan tersendiri ketika aku asik membedah tiap2 kata yg tercetak dalam setiap buku yg kubaca. Apalagi sekarang lagi rajin2nya ngeblog. Tujuanku membaca disini pengen memiliki lebih banyak perpustakaan kata2 yg tentunya ngaruh ke keberagaman tulisan yg akan nongol di blog ini, biar gak monoton gitu kata2 yg ditulis. Semakin banyak referensi berarti makin bagus kan, dan membiarkan aku semakin menuju otentisitas dan originalitas diriku sendiri.

Semingguan ini sebenarnya pengen memperdalam riset yg pgen aku lakuin. Tapi ketika dihadepin pada dua pilihan, Babi Ngesotnya Raditya Dika di tangan kiri dan Fermentation and Biochemical Engineering Handbook-nya Vogel di tangan kanan. Waduh, serba dilematis. Setelah membaca , , , ,menimbang, , , , mengingat, , , , maka diputuskan. . . . . Babi Ngesot dulu aaah! Hahaha...tertawa kecut. Sampe sekarang buku Vogel masih belum kebuka2, huhuhu...

Dari aktivitas membaca ini, aku mulai melek buku meski sebenernya agak telat. Dari situ aku tahu Raditya Dika yg udah aku baca keempat bukunya : Kambing Jantan (yg udah jadi filmnya, nunggu tayang), Cinta Brontosaurus, Radikus Makan Kakus, dan terakhir Babi Ngesot (paling favorit). Baca bukunya bikin hidungku kembang kempis nahan tawa dan kadang bisa ngakak terkekeh-kekeh. Kemudian Ferdiriva yg bukunya Cado-Cado (Catatan Dodol Calon Dokter), lumayan lucu, agak jayus, garing (in my opinion, lho!) tapi paling gak aku tahu gambaran mengenai kehidupan KoAss menghadapi pasien2nya. Lanjut, Arham Kendari yg ngepublish catatan2 blognya lewat bukunya Jakarta Underkompor. Kalo yg ini lucunya khas Arham bget. Beitewei, thanks ya mas udah approve blog multiply-ku. Selain buku2 komedi kaya tadi, aku juga seneng baca buku2 berat, kaya yg barusan aku kelar bacanya Rectoverso-nya Dewi Lestari yg mengkolaborasi antara album lagu dan bukunya yg merupakan prosa dari tiap lirik dalam albumnya. Satu hal ttg buku ini, Cuakep Abizz!!. Pinter bget ngolah kata, dan memandang suatu hal dari sudut pandang yg jarang orang memaparkannya karena disitu dalam 11 cerpennya, gak banyak aku temuin Dee berlaku sebagai orang ketiga di luar cerita.

Dua hari kemarin aku main ke tempatnya Ari, temen sekontrakan aku di rumahnya di Ngawi. Aku naik bis jurusan Solo-Surabaya, ternyata bis2 suroboyonan itu sopirnya ugal2an, pada ngebut2 semua padahal di dalam bis itu ada stiker yg tertulis jelas disitu "Bila Sopir ngebut/ugal2an, mohon SMS 0815 510 ****". Aku jadi semakin heran tatkala kutanya salah seorang penumpang disampingku dimana bis ini bener2 dalam kecepatan tinggi.

"Pak, gak khawatir apa bis ugal2an kaya gini?!" tanyaku. Lalu bapak itu menjawab dgn perasaan gelisah.

"Waduh mas, saya lebih khawatir kalo nyampe terminal kemaleman, justru bis ini lajunya gak kenceng2 amat mas" ujarnya agak kecewa dan seolah pgen neriakin sopirnya biar lebih punya taste!! (eh salah lebih kenceng nyopirnya!!)..Buset ni orang, berarti stiker itu gak ngefek dong! Pengen aku jerit,

Pak kita sekarang lagi gak pengen nyetor nyawa ke akherat sekarang!!

Arrrghh... keluarkan aku sekarang!!

Rabu, 18 Februari 2009

Aku paham apa maumu...

Kau dan aku tahu kenyataan perasaan akan terungkap
Namun kita berupaya tuk membungkamnya
Tapi tetap hati kita tak bisa mengingkari kehampaan yang terjadi
Cuma kita tak tahu kapan saatnya tiba
Salah satu dari kita akan mengutarakannya, yaitu kamu.

Lalu akankah kita buang kenangan bertahun-tahun itu?
Hatiku meronta merengek jawaban yang bisa membuatku bungkam
Dan saat itu aku belum puas, aku belum bisa mengerti dirimu
Sampai akhirnya aku dijewer untuk tahu
Kau ingin hatimu bergejolak lagi mengisi kehampaan yang ada
Tapi tak sendiri, tak bersamaku, aku terluka
Aku terlambat mengerti

Kuurungkan niatku tuk meraih tanganmu saat itu
Meski kita sudah bertahun-tahun merasakan tiap jengkal kulit masing-masing
Kuingin lupakan bagaimana nikmat berjabat denganmu saat itu
Karena sesaat aku begitu membencimu lebih dari apapun
Dalam keadaan marahku itu, aku kembali dijewer untuk tahu
Ini lebih baik daripada kejengahan ini berakhir runyam
Memantik api pertengkaran yang tak kita inginkan
Akhirnya belakangan aku mengerti
Aku senang, hati kita saling merela tanpa saling mencerca
Aku paham apa maumu...

Coffee Addict

Dua hal yg bisa mengaruhin secara instant moodku di pagi hari ada dua, music and coffee. Dua hal itu yg gak bisa aku lepasin dari kehidupanku, moodku bisa bener2 jelek kalo salah satu diantaranya gak ada di pagi hariku, jujur aku ternyata bisa mood2an kaya gitu.



















Setiap hari entah itu di pagi hari saat mau memulai hari atau malem saat lagi pengen melek lebih lama, secangkir kopi selalu melengkapi hari2ku. I'm coffee addict, coffee makes me crazy! . Seringnya yg aku lakuin kalo pas sebelum berangkat kuliah pagi gitu bikin kopi dgn racikan khas ala Chef Yudie : 3 sendok makan gula dan 1 sendok teh kopi diaduk bersama kurang lebih 150 ml air panas. Air panas, kopi, dan gula itu buatku harga mati. Takaran itu selalu begitu kalo menurut seleraku, kalo gak kaya gitu dijamin aku bakalan emoh, ogah minum.

My music adalah my theme song. Kalo masalah music, apapun waktu aku dengerin deh, kadang moodku terbawa suasana ma warna musiknya. Pas lagunya rock, alternative, modern rock aku bisa jingkrak2 n melolong sepuasnya dan jadi semangat dan pas lagunya metal (melow total) aku juga bisa kebawa2 melow juga. Apalagi kalo pas liriknya itu ngena bget di kehidupanku, dijamin aku gak akan bosen dengerin tuh lagu dan masukin tuh lagu di playlist Hape dan MP3-ku. Baitewei, lagu2 apa aja yg masuk jadi Original Soundtrack of My Life aku upload di Yudie's Theme Song di blog ini.

Oh ya, kayanya gejala2 insomniaku udah mulai ilang. Itu karena kecapeken akhir2 ini, capek ngelakuin hal2 yg sebenernya gak penting,hehehe! Dari insomnia kemarin aku dapet pelajaran, jangan pernah tidur di pagi bolong. Kenapa? karena mesti aku ngimpi ttg hal2 yg aneh. Yep, karena aku gak bisa tidur waktu malam, jadinya waktu tidurku bergeser di pagi hari dan bisa bales dendam sama ngantukku. Aku mengistilahkan mimpi2 pagi yg aneh itu dgn nama Morningmare (hahaha...indahnya pemaksaan makna, maksa bget!).

Morningmare itu ada yg aku pergi ke kampusku di Semarang dari Solo bawa motor sambil ngebut karena takut telat, nyampe di kampus baru aku sadar kalo aku masih pake kolor dan kaos singlet. Terus ada juga mimpi dikejar ma keluarga sendiri dan orang sekampung mau dihabisin, mau dikeroyok, terang aja aku lari dan semakin kelelahan, tapi mereka pada gak berhenti ngejar aku, lalu perasaan putus asa, pasrah ma keadaan, capek kumpul jadi satu, pas udah dirubung massa baru aku bangun dan ketika bangun aku ngerasa capek, pegel,dan kaya orang depresi gitu. Ngeri pokoknya ngeri!

But right now the morningmare was over. Paling gak, gak akan mimpi aneh2 lagi. Mungkin gara2 kopi yg aku minum pas malemnya, dan aku agak ngerubah habit aku yg minum di malem hari ketika mau tidur digeser pas maghrib ketika udah selesai makan, atau kalo gak di pagi hari.

I'm Crazy about Coffee!!

Senin, 16 Februari 2009

Sepak Terjang Ibuku Membasmi Hama Rumah

Sesaat aku hampir kejebak dalam pemikiran ini, Akh hari ini gak ada momen istimewa yg mendorong aku buat ngenote ini. Seharian ini aku kaya tikus sawah yg keluar dari kolong pematang kalo pas lagi laper aja. Tapi segera aku sadar pas inget kata2 motivasi buat penulis2 di jagad ini. Penulis gak boleh manja meski dalam waktu, tempat, dan situasi apapun tinta tetap tercurahkan, pena tetap tergoreskan, keadilan harus tetap ditegakkan dan bumi harus cepat diselamatkan!! (Power Rangers kaleee!).

Tapi perlu digarisbawahi, cetak Bold dan Italic spasi 1,5 ya, kalo aku sebenarnya gak pengen jadi penulis. Ngeblog disini karena aku ngrasain keasikan tersendiri kalo cerita keseharian ttg kehidupan disekitarku. Yah kehidupan sekitarku, tapi hari ini aku nemuin titik balik dimana gak cuman kehidupan sekitar aja yg seru buat diungkap. Pemahaman, pemikiran, ide2 yg meluap2 meski cuma terbesit doang sepertinya seru juga. Aku inget postinganku ttg iklan Ponds yg kemarin, definetely I did it. Ternyata aku sudah ngelakuinnya, secara gak sadar. So, in my blog I can write anything!

Back to story, kemarin malem pas aku lagi nonton TV tiba2 dikejutkan oleh suara pukulan. Sumber suara dari ruang tamu. Aku penasaran beranjak kesana, ternyata pas masuk aku megap liat ada sesuatu di dinding. Seekor tokek warna item keijoan sebesar lengan tanganku sedang lari2 diuber ma bapakQ yg udah bawa balok kayu gedhe siap mau giling tu tokek.

Gila Bo' gedhe banget tokeknya, menderita obesitas kali ya tuh Tokek. Mendengar keributan itu, Ibuku dateng. Tau ada tokek, ibuku berlari ke belakang ngambil balok satu lagi, sedangkan aku. Arggh..batang sapu aja cukup. Setelah bala bantuan datang tu tokek makin terpojok, akhirnya dia ngumpet di belakang lemari di sudut ruangan. Capek mungkin main metak umpet ma bapak. Ini kesempatan, kita bertiga nyergap tu tokek, ngegeser lemari dikit abis itu dgn sigap sebuah benda keras melukai tu binatang. Tokek itu terlempar dan jatuh pingsan, tapi kepalanya masih gedhek2 gitu, pusing kali ya!

"Habisin aja tu tokek, Mas" seru ibuku

Tanpa tedeng aling2, sekali lagi digenjet tu tokek pake kayu balok itu lagi. Ccceeekk! Pukulan bapak kali ini strike. Tapi, ekh masih gedhek2 lagi, udah akhirnya tampuk eksekusi dialihkan kepada ibuku. Wah sosok satu ini, kalo dirumah udah terkenal Raja Tega kalo urusan gicek menggicek tikus, kecoa, ular, tokek, dan binatang melata lainnya. Balok yg dibawanya sekonyong2 didaratkan ke pala tokek naas itu. Kali ini bunyinya, Creet...kemudian...croot!

"Udah Bu'!! Cukup!" pintaku sambil merem nahan eneg pas pukulan pertama ibuku buat kepala tokek naas itu berceceran ngotorin lantai. Pukulan kedua gak tau tuh bentuknya tu tokek apa masih bisa dikenalin. Akhirnya jenazah tokek itupun disemayamkan di gerobak sampah yg ada di samping rumah. Kematian yg sungguh tidak berperike-tokek-an.Huhuhu...

Sepak terjang Ibuku emang udah gak perlu diragukan lagi. Aku jadi inget waktu dulu pas aku lagi periksa tandon air di lantai atas. Tiba2 ada suara mencurigakan di tong tempat nyimpen barang2 yg ga penting. Aku ngendap-ngendap pengen tau ada apaan, waktu pas mau ngintip lewat bibir tong itu, tiba2 mata kami menatap satu sama lain dgn perasaan yg sama (eidyan sok romantis!).

Kaget bin Takut! Ada tikus!! Parahnya tu tikus langsung loncat dan nabrak jidatku, aku yg saat itu belum beranjak langsung histeris ngeri. Ibuku yg punya Rat Detector langsung mencium gelagat tidak baik dgnku.

"Ada apa to Yud?!!" tanya ibuku

"Ada tikus di tong Bu!'" seruku

Beliau langsung berlari naik, Lalu dari tong itu tiba2 kami denger suara Ciiit...Ciiit...Citt!
"Masih ada Yud!" kata beliau. "Tungguin itu tong, sebentar Ibu abis ngrebus air.
Akhirnya aku tungguin itu tong, masih bersuara jg lho, aneh, jangan2 banyak lagi pikirku. Tak lama ibuku nongol sambil bawa cerek ngresbu air tadi. Seketika air yg mendidih itu dituang ke dalam tong!! Gila!!

Hasilnya, jeritan Cit Cit Cit itu makin bersahut2an, kaya lomba kicau burung gitu, buaanyak bget kayanya. Semakin lama suaranya makin menghilang. Aku yakin mesti di dalam dah pada mateng kali ya, pikirku. Sampai suara itu dah ngilang, kami berdua membongkar lagi semua isi dalam tong. Sapai semua terangkat, aku cuma bisa megap doang liat disitu...kuhitung...ada...SATU,.... DUA,...TIGA, EMPAT...

"Ibuk, ada DELAPAN tikus rebus disini!!" seruku kaget

"Tangkapan Besar, Nak! Hahaha" tawa gelak ibuku begitu keras saking bangganya.

Bujug Busseeet, aku ngeliat satu keluarga utuh itu mateng secara berjamaah disini, minus satu tadi yg nabrak jidatku. Pada basah kuyup dan kulit mereka memerah. Entah perasaanku senang atau terharu jadinya. Hatiku sebenernya menjerit, tak kuasa menahan rasa iba. Selamat Jalan semoga selamat sampai tujuan.

Jumat, 13 Februari 2009

ValDay is Nothing.

Huuaakh...sepertinya aku pengen cepet2 tanggal 14 ini cepet berlalu. Demam valentine merebak dimana2, dari mulai siaran TV, radio, koran, internet, dan tak luput acara2 yg digelar di kota Solo ini semua pake tema2 yg serba pink, serba hati, serba lophek2. Gak, aku bukan benci tanggal 14 Februari, tapi aku benci Valentine. Bukan karena saat ini aku belum punya pacar buat ngerayainnya tapi meskipun aku punya pacar pun aku gak akan keluar bareng dia pas tanggal itu. Selama ini gak ada yg bisa matahin prinsipku ini kalo :

1.Sendirian di Valentine itu ga akan buat kita mati gtu loh =p

2.Sendirian di Val day itu ga akan ngurangin kegantengan atau kecantikan kita kog

3.Ga Rugi!!Kita beli coklat mahal2,ga harus berbagi ma pasangan,mendink makan ndiri aja,lebih kenyangg hohohohoho....

4.Emang Val day itu cuma buat yg pasangan. Val day itu kan hr kasih sayang,,,bkn hr sepasang kekasih...tul ga...! Wheee bijak kali aku ini !

Habis ini entah apa yg aku dapet dari orang2, sebuah tepuk tangan, jabatan tangan ataukah
sebuah timpukan teflon dan gamparan dahsyat yg mendarat ke mukaku. Aku gak mau bayangin2 yg aneh2 lagi ah!

Cerita dikit, terakhir kali aku menyambut valentine adalah saat aku duduk di bangku kelas 3 smp. Itu valentine pertama dan terakhir buatku. Itupun aku cuma ngasih coklat silver queen 2 batang. Coklat itu aku kasih ke Novi yg dulu kita belum jadian, yaaa...bisa dibilang coklat pemikat aja,hehe...Dan yg kukasih itu gak banget deh. Gak ada hiasan2 disitu, fresh dari supermarket, dan aku ngasihnya itu berikut kresek2nya. Parah banget gak tuh. Sedangkan aku dapet dari dia (waktu itu kita tuker2an coklat ceritanya) coklat silver queen juga tapi dihias dgn pita2 gitu. Aku jadi nyesel kenapa gak kupercantik dulu coklatku sebelum ngasih ke dia. Setelah jadian kita gak pernah ngrayain lagi yg namanya valentine, itu karena setelah tahu bahwa valentine itu gak penting buat dirayain. Islam ngajarin kita untuk mengungkapkan kasih sayang tiap hari. Gak perlu nunggu momen yg sempurna buat ngungkapin cinta itu, setiap hari adalah istimewa buat kita dan kita bisa meluapkannya setiap saat kita pengen. Dan prinsip itu terus kupegang hingga sekarang.

Segitu aja kali ya...

Kamis, 12 Februari 2009

Si Manusia Kalong dan Iklan Ponds

Tiga hari ini aku di rumah malah jadi manusia kalong. Selalu aku baru bisa pules sekitar jam 3 malem,kadang malah azan shubuh terdengar baru bisa tidur. Itupun gak langsung ngambil air wudhu buat sholat tapi malah ngelanjutin mimpi yg tertunda..hehe,. dasar kebo!!

Rasanya gak enak bget, badan tuh dah capek tapi gak bisa merem2! Tadi malem aja deh,

aku dah meringkuk di kasur jam 10,

terus bangun jam 12, tengah malem,

nyoba merem lagi baru bisa jam 1,

Bangun jam 3, azan shubuh pules lagi,

Jam setengah 6, lagi enak2nya tidur, eh mukaku diraupin (baca:dibasuh mungkin ye?!) sama bapakQ, kog agak bau deterjen ya? usut punya usut ternyata, aaarggh..bapakQ lagi nyuci (ughhhf...dasar!!). Suruh sholat, (oh ya baru inget, dasar kebluk! hehe...).

Apa jangan insomnia? aawhh...TIDAK!!
Hey, ini berita bagus atau buruk ya?!

Padahal kalo dipikir2, gak ada pikiran yg mesti dipikir2 utk menjadi beban pikiranku (pusing?? lekas pergi ke kamar kecil, dipuas2in muntahnya,hahaha!). Tiga hari ini juga gak ada aktivitas yg nguras fisik. Pusing juga ya, libur2 gini bukanya dipuas2in molornya malah gak bisa pules. Moga aja g makin parah deh!

Di rumah aku lebih sering nonton TV, kalo di kost akh...boro2 liat TV, ga sempet boss dan kalo aku liat TV di kostQ tu tak lain karena hasil transfungsi dari monitor komputer yg dicolokin pake TV tunner, dan bukan sulap bukan sihir memang semua juga kaya gitu monitor dimodif jadi TV.

Hal yg buat aku tergelitik adalah sekarang buanyak bget iklan2 pemutih atau pencerah wajah, kulit, dan benda2 kosmetik lainnya yg secara membabi buta menawarkan hasil yg mengagumkan. Kulit jadi lebih putih, keriput menghilang, tanda penuaan lainnya pokoknya ilang. Okelah aku nyomot iklan Ponds. Disitu digambarin suami yg sebelumnya ga romantis jadi romantis gara2 istrinya kini jadi kian cantik gara2 pake itu produk.

Aku jadi bertanya buat para suami istri yg udah berumah tangga (ya iyalah masa disebut pacaran!! hehehe...). Apakah yg membuat pria bisa bertahan sama pasangan wanitanya gara2 dia jadi kian putih, tidak lekas tua? pernahkah aku nemuin kasus di mana seseorang ditinggalkan karena kurang putih? Sekarang padahal kaum pria tidak sebegitu menyoalkan ttg kecantikan kulit, wajah, berat badan. Okelah tidak ada pria yg gak mau pasangannya cantik dan menarik. Tapi mereka tidak menuntut sebegitu radikal gimana pasangannya harus mencapai kesempurnaan fisik. Tapi kenapa mereka masih aja direpotkan dgn masalah kecantikan? Bingung gak sama kalimatku??

Intinya bukankah cinta itu menerima keadaan fisik dan mental pasangan secara apa adanya? Kenapa mereka masih disibukkan dgn hal2 yg berbau meningkatkan kualitas kecantikan (beda lho dgn menjaga) padahal sudah punya pasangan?

Hwaaaahaa...aku baca lagi tulisanku ini kog jadi pusing ya! Kalo sukur2 ada yg baca ini, pupil mata jadi mengerut, bola mata membesar, lalu mata berputar2 itu adalah efek samping sehabis baca tulisan ini. Segera jauhkan dari jangkauan mata anda, segera istirahatkan selama 2 jam mata anda setelah baca ini. Bisa menyebabkan kebutaan sementara! Haha...bercanda Ding!!

At least...Sorry nyampah!
^_^

Rabu, 11 Februari 2009

Yudex Bingung mau Riset Apaan!!

Hari ini seharian mantengin komputer nonstop dari jam 10 pagi sampe 5 sore. Aku lagi pengen nyoba nyusun proposal penelitianku, lagi interest nih ma yg namanya buah saga yg dibilangin ma dosenku kalo kadar proteinnya itu ngalahin kacang kedelai. Kalo yg lain nyoba nyari artikel ttg biji rambutan yg bisa normalin kadar gula darah secara daerah kost2anku itu buuaaanyak bget pohon rambutannya dan aku tuh doyan bget yg namanya rambutan dan abis makan bijinya itu kan terus dibuang. Lha disinilah otak jeniusku penasaran (haiiaaahh...ngggayaaaa! hahaha!) kenapa ya gak dimanfaatin aja bijinya itu.

Terus aku juga pengen tuh neliti ampas kopi, bisa gak yo dimanfaatin lebih lanjut karena tiap pulang ke Solo di daerah Bawen tepatnya daerah Banaran, ada disitu berhektar-hektar tanaman kopi dan tentunya pasti ada pabrik pengolahan yg mengekstrak kopi menjadi bubuk kopi yg siap jual dan ampasnya tuh sepertinya belum dimanfaatkan secara optimal.

Hehehe...inspirasi ttg ide riset emang bisa dateng darimana aja ya. Orang2 pinter bilang kalo Indonesia tuh banyak bget masalah, jadi ya banyak bget hal2 yg bisa dijadiin ide buat penelitian (hahaha...miris juga ya..)

Abis searching di google, dapet tuh artikel2nya. Abis itu aku coba rangkumin jadi satu dan inilah hasilnya :

Rambutan
Sebagai gambaran, dalam setiap 100 gram (sekitar 3 buah) rambutan terkandung 69 kalori, sekitar 18,1 gram karbohidrat, serta 58 mg vitamin C.
Kadar vitamin C buah rambutan lebih tinggi dari jeruk manis. Sebab, dalam 100 mg jeruk manis hanya terdapat 49 mg vitamin C.
Kadar serat rambutan juga cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah.
Di dalam buah rambutan ini mengandung lemak dan polifenol cukup tinggi. Biji rambutan menghasilkan khasiat hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah)
Karakter buah seperti rambutan ini cocok dikonsumsi orang-orang yang tengah berdiet menurunkan atau menjaga berat badan.

Limbah Ampas Kopi
Ampas kopi mengandung minyak dengan 11-20% berat. Jumlah ini setara dengan bahan baku biosolar tradisional seperti kelapa sawit atau kacang kedelai.
Satu kilogram ampas kopi bisa diolah menjadi empat ons briket yang dipadatkan.
Limbah kulit kopi sebagai bahan baku pupuk organik.
2,8 kilogram bahan baku kopi bisa diolah menjadi 1 kilogram bubuk instan. Selebihnya merupakan limbah yang selama ini tidak banyak dimanfaatkan para pabrikan.

Buah Saga
Daunnya dapat dimakan dan mengandung alkaloid yang berkhasiat bagi penyembuhan reumatik.
Bijinya mengandung asam lemak sehingga dapat menjadi sumber energi alternatif (biodiesel).

Kog semua ngarahnya ke arah biodiesel ma biosolar ya. Well, emang sih biodeisel dan biosolar sekarang adalah sebuah pasar yang sedang menggeliat. Aku liat di beberapa SPBU udah banyak yg jual biosolar yg kadar emisinya rendah, lebih irit, lebih bertenaga. Jadi ide bagus bwt riset tuh!

Hwaaa...hari ini cuacanya friendly bget, gak panas juga gak hujan. Cocok bget buat bercengkerama dgn bantal n guling terus buat pulau jawa dgn cat iler!! (dasar orang gila!!).

Happy Weekend Frenzz


Selasa, 10 Februari 2009

Semarang Kaline Banjir...Huhuhu

Hari ini aku melakukan hal yg ga' penting. Ngeliat banjir. Dari radio, koran, buletin friendster temen, di internet, bahkan di TV (hadeeeeh...buanyak bget) aku denger kalo Semarang Utara dan Barat banjir. Sebenernya sih bukan berita yg menggegerkan jagad dunia persilatan (ya iyalah..!) karena Semarang emang rajin berlangganan ama yg namanya banjir. Bahkan aku baru tau kalo daerah Semarang Barat itu meski ga' hujan tetep aja banjir secara daerah situ emang deket pantai. Yailaah...Kota yg aneh.

Semarang dari sabtu kem
aren sampe selasa dan sampe berita ini diturunkan. Hujan juga belum nampakin wajah bosennya dan kayanya makin semangat aja tuh. Nyambung ma postinganku yg sebelumnya, cuaca di Semarang emang bikin berantem. Hari ini aku bertekad pengen liat dgn mata kepala sendiri liat keadaan Semarang banjir kaya apa. Dan bener aku kesana naik motor kesayangan, berbekal do'a dan modal nekat. Tujuanku adalah Stasiun Tawang karena emang yg aku liat di TV disitu yg paling parah, waktu itu juga Bandara A. Yani ditutup sementara gara2 landasannya masih tergenang (Ckckck!)

Nyampe di Kota lama, sejauh mata memandang bnyak bget sampah2 terbaring lemas di jalan2 ninggalin kesan kumuh. Masih
banyak genangan disana sini, pikirku acara puncak tergenangnya Semarang mungkin kemarin kali ya. Gedung2 tua terus di bawahnya ada air sekilas mirip Venezia di Italy sono, tapi cuma sekilas, seterusnya ya tetep aja Semarang!!!. Ekspedisi berlanjut, udah mau nyampe stasiun, air makin meninggi dan kulihat sih masih tinggian knalpot motorku jadi kuserobot aja. Disinilah tirai petaka dibuka.












Kota Lama yg tergenang, kemana orang2??

Tiba2 di belakangku ada bis gedhe yg nyalip dan air sapuannya itu ngenain busi motor. Alhasil motorku ngambek di tengah jalan, Ndredetdetdet...det! Dah selesai. Motor berhasil mogok. Parahnya posisi saat itu masih di tengah jalan dan berat hati kutuntun motorku itu di tengah2 jalan. Motor n mobil berseliweran acuh dan aku, terus dan terus menuntun sampe akhirnya aku dipanggil ma Mas2 yg mendirikan posko disana.











Terjebak...T,T

Motorku akhirnya dibenerin dan bisa dihidupin lagi, waktu kutanya berapa mas, dia bilang ga usah (Hohoho...namanya aja posko).












Motorku...

Petualangan berlanjut dan kesialan karena keisengan pun ikut2an berlanjut. Aku meneruskan perjalanan, nyari bagian jalan yg masih kering. Belok sini eh ada air, masuk sini eh ada air lagi, waktu tinggal persimpangan jalan terakhir eh masih tergenang juga. Makin kesini makin aku sadar kalo aku ...dikepung banjir!! Wheee...lha..dalah! Piye iki!! Di depan banyak orang nyoba ngeringin busi motor mereka, di samping masih air air dan air. Tak salah lagi, aku kudu balik ke jalan tadi dan ketemu sama mas2 di posko tadi. Sambil cengar cengir aku nanya jalan balik ke masnya. Masnya dgn senyum geli bilang kalo emang jalan waktu kamu berangkat itu satu2nya. Waduh, aku melihat jalan yg tergenang itu dgn memelas, mohon supaya jgn buat motorku ngambek lagi. Siapa yg mau benerin!!!??

Apa boleh buat aku menerjang genangan yg mematikan (matiin mesin motor!) itu. Dan sudah kuduga, motorku mogok lagi!! Sial kuadrat. Aku nuntun motorku itu dari tengah jalan hingga jalan bener2 kering. Ya...200 meteran lah. Abis nyampe, aku istirahat, cepek boss nuntun motor di genangan air. Aku liat motorku, hmmmmff...Kucoba nyetarter motor, g bisa idup. Tapi emang yg aku tau ya cuma itu, satu kali starter ga respon, dua kali ga ngaruh, tiga kali, sepuluh kali... Hmmmmffff!! Bermodal ke-soktahu-anku, aku nyoba buka businya, masih basah, kubersihin pake lap. Tiup2 bentar, kustarter lagi. Dan Eng Ing Eng! langsung siuman! Hwahaha...senangnya hatiku turun panas demamku!

Aku langsung ngebut ninggalin TKP, dan sumpah gak lagi lagi deh liat banjir. Itu yg pertama dan terakhir kali sayang. Di tengah perjalanan pulang dalam guyuran hujan, aku merenung...bener2 iseng.

Habis ini ke kampus dulu terus nyampe kost aku mau langsung buru2 packing, mau pulang ke Solo, takut kesorean pulang, ntar nyampe rumah bisa2 malem.

See Ya Later

Buat temen2Q, sobat2Q...Have A Great Holidays. . .!! ^_^

Minggu, 08 Februari 2009

Semakin Malam Semakin Waras?? I don't think so...

Benar kata orang, ketika malam semakin larut, tingkat kewarasan kita dipertanyakan. Pikiran dgn nikmatnya menjelajahi khayalan2 diri. Saat itu bahkan tak jarang kita lupa diri kita sebenarnya (atau malah kita tahu siapa diri kita sejatinya! ceileeeh segitunya Yud!). Apa kelebihan kita, kekurangan kita, apa kekuatan yg kita punya, tantangan kita sebenarnya, and many many many more...

Sebenarnya banyak bget pemikiran2 yg meletup-letup memercikkan impuls ke saraf otakku untuk diajak menyelami apa yg telah aku lalui selama ini. Tapi aku bingung mau darimana mengutarakannya, karena...ya pemikiran manusia bagiku seperti lingkaran tak berujung, yg ada hanyalah lingkaran itu makin melebar dan melebar. Tentu saja setiap orang punya diameternya sendiri2...TsaaaaH!! Macam mana pula ini!!

Aku coba tarik nafas...coba nerjemahin apa yg terjadi. Kubiarkan jariku mengetik sendiri menyampaikan apa yg ada di kepala.
Here I goes...










Kita sadar sudah melangkah sejauh ini. Kau dan aku melalui jalur yg berbeda. Ingatkah kau pernah mengatakan kalau memang kita dipertemukan kembali pada satu jalan. Mungkin berarti petualangan asmara ini cukup sampai disini. dan langit pun menunjukkan kuasanya. Kau dan aku memang ditakdirkan bersama.


Sampai saat ini kita masih saling menjauh. aku dan hidupku, kau dgn duniamu. Kubiarkan ku mengikuti suara dalam hati. Dan kuyakin kaupun melangkah dgn pasti.

Pernahkah kau sejenak berpikir. Adakah yg salah dgn jalan yg kita lalui. Kau tahu sekarang aku berpikir seperti itu. sejenak ku berhenti dan menoleh ke belakang. Apa aku yg salah telah membiarkanmu pergi atau dirimu yg salah telah melewatkanku berlalu. Atau malah aku keliru mengartikan kata salah. apapun itu kita sudah mengambil pilihan.

Jika melihat aku sekarang bisa kukatakan aku sangat bersyukur. Aku lebih melek dgn duniaku sekarang, banyak hal yg ternyata memberikanku keindahan makna di setiap peristiwa. Bener sumpah asli! banyak hal. Tidak bisa kuceritakan satu per satu, nantilah biar tersirat saja tulisan2 berikutnya.

Dek, kalau bukan kita sepakat mengakhiri hubungan ini, tak mungkin aku jadi seperti ini sekarang. Tak perlu tengok ke belakang saat kita menempuh jalan kita sendiri. aku yakin tidak ada diantara kita menyesali ini. Tapi aku tidak tahu seberapa indah kau dgn hidupmu saat ini, kuyakin itu tapi seberapa? Aku coba ceritakan semuanya, dan kaupun bisa menyimpulkan sendiri.

At least once again thx for all the peoples

Sabtu, 07 Februari 2009

Pengen Ribut sama Cuaca.

Cuaca di Tembalang bener2 ngajak tawuran,tiap hari eksis banget ngujanin terus bikin males kalo mau keluar. Begitu PeWenya mlungker di kasur seharian. Buat saat ini kasur n segala hal yg diatasnya adalah my soulmate. Di kost cuma ada aku ma Ari.

Eniwei Libur2 gini aku baru sadar kalo aku lagi masa2 suburnya dgn hal tulis menulis. Sekarang lgi produktif ngeposting blog disamping nyari artikel2 buat proposal penelitian buat nanti PKM n LPMTKI.

Pengen Ribut sama Cuaca.

Cuaca di Tembalang bener2 ngajak tawuran,tiap hari eksis banget ngujanin terus bikin males kalo mau keluar. Begitu PeWenya mlungker di kasur seharian. Buat saat ini kasur n segala hal yg diatasnya adalah my soulmate. Di kost cuma ada aku ma Ari.

Eniwei Libur2 gini aku baru sadar kalo aku lagi masa2 suburnya dgn hal tulis menulis. Sekarang lgi produktif ngeposting blog disamping nyari artikel2 buat proposal penelitian buat nanti PKM n LPMTKI.

Jumat, 06 Februari 2009

Good Day, Good Jobs and Finally Well...

Hari ini hari yg menggairahkan buatku. Seharian ini banyak hal yg kukerjain. Mulai dari nyuci motor (hmm...biasa banget ya, tapi buatku agak langka sih...hehehe) males sih apalagi hujan kayanya kagak pernah absen akhir-akhir ini. Rencana hari ini mau ke kampus mau KRS-an and ngebahas proker Technopreneurship FST(Forum Studi Teknik)

Sebelum ke kampus aku pergi ke ATM mau ngambil duit. Waktu ngecek saldo eh ternyata eh ternyata aku shock liat saldoku. "Sapa yg nambahin 500ribu ke rekeningku ya??". "Uang apaan sih ni?" . Seneng sih, tapi takut juga duit itu kalo bukan hakku repot juga. Waktu aku tanyain temen lain ternyata dapet juga,,,waowao!! Baru tahu kalo 500 ribu itu beasiswa yg dulu pernah aku ajuin semester kemarin. Ternyata dapet euy!whahaha...senangnya hatiku...untuk sementara aku ngerasa sedikit lebih kaya. Kaya lutung!hahaha...!

Tiba di kampus, udah ditunggu sekdept-ku Lita disitu karena emang aku telat (biasa...pake jam karet). Kita mau bahas program kerja Technopreneurship FST tahun depan di kepengurusan kita. Meski kita disitu sama2 gak ngeh mau bikin event apa nanti, paling ga kita tahu mau kita bawa kemana Departemen Technopreneurship ke depan. Akhirnya dihasilkan kesepakatan kalo kita kudu konsultasi sama birokrat kampus, noga bisa ngasih masukan sukur2 kita dapet limpahan ProKer dari mereka (Dasar...minta kog kerjaan,huhuhu...)

Udah bahas ProKernya, kebetulan dosen waliku Pak Andri muncul. Pas sekali momennya aku pengen KRS-an ma beliau abis itu pengen cepet pulang ke Solo. Tanpa ba bi bu lagi aku masuk ke ruangan beliau dan minta ijim mau KRS-an sekarang. Tapi sayang beliau gak bisa, beliau janji senin bisa. Alhasil aku gak bisa berbuat apa2 selain menunda kepulanganku ampe senin. Jadi aku hari ini cuman dapet KHS (Kartu Hasil Studi) semester ini yg tau sendiri anjlok gila!!

Abiz jumatan di kampus, ada anak BEM Fakultas yg manggil aku. Gak tahunya aku dikasih info kalo aku salah satu dari calon penerima beasiswa Supersemar! Wow....banjir beasiswa!!

Abis nyerahin berkas persyaratan peserta lain ke rektorat, pikirku...akh...kenapa ketemu sama Pak Muh. Nur DEA pembantu Rektor IV UNDIP ketemu buat konsultasi aja. Aku juga pengen tau segala hal ttg Dipo Technology, badan yg beliau dirikan. Sekedar pengetahuan aja Dipo Technology itu suatu wadah dimana hasil2 riset yg bisa dikomersialkan dapat dipublish disini dan mereka membantu dalam hal pemasaran hasil2 riset tsb. Tapi seumur-umur aku kuliah aku gakl pernah tatap muka langsung bahkan liat fotonya aja belum pernah. Grogi juga sih kalo dah ketemu petinggi2 kampus, Pembantu Rektor Cuy!! Akhirnya aku beranikan diri, ngumpulin nyali buat ketemu and ngomong langsung dan ternyata beliau ada. Sumpah agak grogi kalo inget siapa aku siapa dia. Sambutan seperti apa yg bakal aku dapet nanti ya?, pertanyaan itu terus bergelayutan di otak. Terus bapaknya yg mana ya??aku takut salah orang, salah nyapa,,akh malunya kalo bisa salah! ya kaya gini ni kalo cuman modal nekat.

Tapi sekejap lambaian tangan beliau langsung menegaskan aku kalo dialah orangnya. Aku langsung disuruh masuk ruangannya, masih grogi. Disitu aku diskusi dgn beliau ttg departemenku, ttg DipoTechnology, ttg riset, wah lumayan banyak, dan makin lama aku ngerasa beliau orangnya wwellcome bget, ramah, merhatiin orang ngomong, antusiasnya, wah 180 derajat dari apa yg aku pikirin. Dari situ aku tau kharisma beliau. Saran2 dari beliau cukup membantu and beliau malah ngasih saran ttg penelitian2 yg proepektif kedepannya.

Pengen sih nampilin foto beliau, tapi aku search di google gak da g cocok, adana foto mengenai hasil riset beliau ttg knalpot antipolusi berteknologi plasma.

















Dr. Muh. Nur DEA dan hasil risetnya...

Hari ini ketemu orang2 penting, dapet beasiswa, target2 yg finally done...Phuuuf...lumayan bangga neh!

Tambahan Pengetahuan ttg Apa itu Teknik Kimia

Pengertian secara harfiah dikatakan bahwa teknik kimia adalah ”suatu ilmu rekayasa/teknik yang mengkonversi/ merubah bahan-bahan baku menjadi bahan/produk jadi yang berdaya guna dan memiliki nilai tambah ekonomis melalui proses-proses kimia, fisika, maupun biologi skala besar”. Dapat pula dikatakan bahwa ”suatu ilmu untuk melaksanakan proses-proses pengubahan bahan baku utama ke dalam produk-produk fungsional”

Dari pengertian di atas, teknik kimia merupakan suatu ilmu yang sangat aplikatif yang memadukan antara konsep-konsep dasar bidang ilmu sains seperti matematika, fisika, kimia, maupun biologi dengan ilmu-ilmu rekayasa (teknologi) dan sistem industri. Dalam konteks ini, ilmu teknik kimia secara prinsipil sangat berbeda dengan ilmu kimia murni maupun teknik industri (teknik dan manajemen industri).


Dalam kehidupan sehari-hari, kita senantiasa dihadapkan para peristiwa-peristiwa penting dalam lingkup ilmu teknik kimia. Satu contoh kegiatan keseharian yang saya berikan di sini adalah menyeduh teh atau kopi.

Ketika menyeduh kopi/teh, apa yang diharapkan oleh orang yang meminumnya? Tentunya adalah cita rasa, supaya tidak ngantuk, atau memang sengaja untuk minum karena haus. Baiklah mari kita bahas peristiwa atau konsep teknik kimia apa saja yg terjadi dari aktivitas menyeduh teh/kopi.


Proses perubahan ukuran
Pernah melihat orang menyeduh teh/kopi tetapi menggunakan kopi kering yang masih bulat utuh atau daun teh yang masih lebar-lebar? Memang ada beberapa orang yang melakukan itu, tetapi hal ini bukanlah sesuatu yang lazim. Di antara kita pastilah lebih banyak melihat orang menyeduh teh/kopi dimana biji kopinya sudah ditumpuk halus atau daun tehnya sudah dicincang kecil-kecil. Ini juga sebuah proses dalam ilmu teknik kimia. Mengapa harus diperkecil ukurannya? Silakan temukan jawaban anda di rimba ”teknik kimia”


Proses pemanasan, perpindahan energi, dan konversi energi.
Kita menyeduh kopi/teh biasanya menggunakan air panas, bukan? Bagaimana supaya air yang kita gunakan menjadi panas? Tentu saja harus dipanaskan menggunakan beberapa metode yang semuanya membutuhkan energi dari luar. Bisa menggunakan kompor/pemanas listrik alias memanfaatkan energi listrik, atau menggunakan kompor minyak tanah/LPG alias memanfaatkan energi kimia dalam bakar tersebut yang kemudian dibakar untuk mendapatkan energi panas. Dalam teknik kimia, inilah yang dinamakan proses perpindahan energi dan perubahan (konversi) energi.


Proses pelarutan dan ekstraksi.
Mengapa kita menyeduh kopi/teh dalam keadaan panas? Apa jadinya kalau kita menyeduh teh/kopi dengan air dingin? Tentu saja teh/kopi tersebut tidak akan larut, bukan? Akibatnya cita rasanya menjadi tidak nikmat karena komponen-komponen yang mengakibatkan aroma harum dan rasa nikmat pada teh/kopi menjadi tidak larut dalam air dingin. Proses pemanasan di atas membantu mempercepat pelarutan komponen-komponen ”nikmat” ini sehingga teh/kopi bisa kita nikmati seperti hal sekarang ini. Komponen-komponen nikmat tersebut akan keluar dari dalam biji kopi atau daun teh dan terlarut ke dalam air panas. Dalam teknik kimia, proses ini dinamakan ”ekstraksi”. Mengapa bisa demikian? Hal-hal seperti itulah kelak yang akan dipelajari di jurusan teknik kimia.


Proses penyaringan
Terkadang karena adanya ampas kopi/teh yang masih terdapat dalam campuran seduhan ini, orang menjadi merasa tidak nyaman atau terganggu saat meminumnya. Untuk menghilangkan ampas ini, perlu dilakukan penyaringan. Dalam teknik kimia, peristiwa tersebut dinamakan ”filtrasi”. Kalau kita menggunakan teh celup, maka kertas untuk wadah teh yang kita celupkan tersebutlah yang berfungsi sebagai alat penyaring sehingga serbuk teh tidak ikut bercampur dengan air seduhan teh. Kita bisa lebih nyaman meminumnya, bukan?


Proses pengadukan dan pencampuran
Apa jadinya kalau kita minum kopi/teh tanpa diaduk. Alias serbuk kopi/teh dimasukkan begitu saja ke dalam air panas dan langsung diminum. Pasti rasanya kurang nikmat. Proses pengadukan membuat semua bahan tercampur dengan baik dan merata (homogen). Bisa juga untuk mempercepat proses pelarutan seperti yang sudah disebutkan di atas. Supaya teh/kopi yang kita minum lebih nikmat, banyak orang menambahkan gula ke dalamnya dengan takaran tertentu sesuai selera orang yang akan meminumnya. Nah, inilah yang dimaksudkan dengan proses pencampuran. Dengan takaran tertentu, kopi/teh dan gula dicampurkan dan dimasukkan ke dalam air panas lalu diaduk-aduk menggunakan sendok (sebagai alat pengaduk) selama waktu tertentu. Setelah itu diminum, deh. Mmmh.... nikmatnya!!


Nah, sudah paham bukan? Sekarang kita tarik benang merah antara peristiwa orang menyeduh teh/kopi ini menuju aplikasi lainnya yang bersifat industrial tetapi identik. Contohnya adalah pabrik cat, pabrik tinta/pewarna, pabrik detergent, pabrik aneka jenis minuman, pabrik aneka jenis makanan, dsb.


Jika kita tinjau dari sisi pengertian teknik kimia seperti yang telah disebutkan di atas jadinya menjadi seperti ini. Bahan baku adalah kopi/teh, gula, dan air. Lalu diproses dan diubah menjadi produk fungsional lainnya berupa seduhan kopi/teh siap minum. Proses-proses yang terjadi di atas kebanyakan adalah peristiwa fisika karena tidak ada reaksi kimia yang terlibat di dalamnya. Lalu apakah ada nilai tambah ekonomisnya? Ya, so pasti dong. Coba deh beli kopi/teh di warung kopi. Kalau dihitung-hitung harganya pasti akan lebih mahal daripada harga bahan bakunya...hehe.. Kalau ngga gitu khan, namanya kerja keras aja alias ngga dapat untung. Tapi itulah teknik kimia, kita bicara industri pastinya kita bicara masalah ekonomi. Siapa sih yang mau bikin pabrik untuk membuat produk tertentu meskipun dia tahu bahwa nantinya akan merugi?


Itu tadi baru membuat kopi/teh skala kecil untuk misalnya satu atau sekelompok orang yang hanya butuh beberapa gelas. Sedangkan kalau kita kembali pada pengertian teknik kimia, ada satu kata yang harus digarisbawahi yaitu skala besar. Saat ini khan tersedia di supermarket atau warung pinggir jalan beberapa produk kopi dan teh siap minum dengan aneka kemasan yang diproduksi oleh berbagai industri. Tentu saja pabrik itu tidak membuat kopi/teh tersebut gelas per gelas, bukan? Wah, bisa makan waktu bertahun-tahun untuk menyediakan satu juta gelas...hehe. Jadinya menjadi tidak efektif dan efisien. Membuat kopi/teh satu gelas dengan membuat satu juta gelas metode produksinya pasti akan berbeda meskipun proses dan prinsip membuatnya sama saja. Nah, that’s the point. Di sinilah seorang insinyur kimia yang paham proses dan perancangannya akan sangat berperan.


Banyak pertanyaan yang harus dijawab oleh seorang sarjana teknik kimia untuk keperluan ini. Contohnya adalah :

- Bagaimana alur prosesnya supaya efektif dan efisien.
- Berapa jumlah bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat satu juta liter seduhan kopi/teh siap minum.
- Berapa ukuran tangki bahan baku dan bagaimana cara penyimpanan bahan baku tersebut.
- Berapa ukuran gelas....eh. . tangki untuk mencampurkan kopi/teh, gula, air, atau bahan lainnya yang dianggap perlu untuk meningkatkan cita rasa.
- Bagaimana cara bahan-bahan baku tersebut dimasukkan ke dalam tangki pencampur.
- Apakah material yang sesuai untuk tempat pencampuran supaya aman bagi kesehatan.
- Berapa listrik atau energi yang dibutuhkan untuk mengaduk campuran-campuran tersebut..
- Berapa besar ukuran alat pengaduknya dan apa jenisnya supaya menghasilkan proses pengadukan yang efisien.
- Berapa lama waktu yang dibutuhkan selama proses pengadukan
- Berapa suhu pengadukan dan kecepatan pengadukan yang optimum supaya dihasilkan seduhan kopi/teh dengan cita rasa terbaik.
- Bagaimana supaya pengadukan dan suhu di dalam tangki pencampur tetap stabil (tidak berubah-ubah) .
- Berapa bahan bakar yang dibutuhkan untuk membuat air panasnya
- Bagaimana mekanisme pemasanannya.
- Bagaimana cara dan mekanisme pendinginannya
- Berapa ukuran pipa yang pas supaya cairan tersebut dapat mengalir dengan baik.
- Bagaimana cara menyaring ampas-ampasnya dan berapa ukuran alat penyaring tersebut.
- Mau diapakan limbah-limbah ampas tadi dan bagaimana caranya supaya aman dibuang ke lingkungan.
- Berapa keuntungan yang bisa diperoleh per liter seduhan kopi/teh yang dihasilkan.
- Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanya an apa, bagaimana, berapa, mengapa, dll.


Tenang saja, pertanyaan-pertanya an di atas bukanlah momok yang menakutkan. Di jurusan teknik kimia, semua konsep dan teori dasar untuk menjawab pertanyaan-pertanya an tersebut tersedia secara blak-blakan dan pastinya akan dipelajari.


Setelah pabrik bisa beroperasi dan berjalan dengan baik, bereslah sudah tugas seorang insinyur kimia. Uppss.... siapa bilang sudah beres. Saat pabrik sudah mulai berjalan, pasti akan ada masalah-masalah dalam proses tersebut. Atau pastilah juga pabrik ingin keuntungannya supaya lebih besar, maka dilakukan upaya-upaya seperti penghematan energi/bahan bakar, memaksimalkan penggunaan bahan baku, memotong alur proses yang tidak efisien, mengganti peralatan-peralatan yang kinerjanya tidak maksimal, meningkatkan kualitas produk, atau bahkan mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. Nah, aktivitas-aktivitas ini tentu saja masih membutuhkan pengetahuan dan kemampuan seorang insinyur kimia. Jadi don’t be afraid OK, alias jangan takut untuk tidak mendapatkan pekerjaan ya.


Wah, ngga nyangka ya ternyata dari bikin kopi/teh saja demikian banyak ilmu teknik kimia yang bisa dipetik. Padahal ada ribuan produk-produk di jagat raya ini yang dibuat atas dasar/prinsip ilmu teknik kima dan membuat dunia terasa lebih indah. So, kalau mau bikin produk yang aneh-aneh dari bahan-bahan baku yang tersedia di sekitar kita, kalian-kalian bisa belajar di bidang ini untuk mengetahui dasar-dasarnya.


Masih banyak aktivitas/peristiwa sehari-hari yang juga bisa ditelaah seperti halnya menyeduh kopi/teh di atas.

Memasak
Ada proses pencampuran, pertukaran panas (pemanasan), pengadukan, perubahan fasa (penguapan), perubahan ukuran, rekayasa produk.

Membuat tape
Ada proses reaksi kimia dan fermentasi

Menjemur pakaian
Wah, kok bisa ya? Apa kaitannya dengan ilmu teknik kimia? Tentu bisa karena orang menjemur pakaian hingga kering itu adalah peristiwa pengeringan yang dalam teknik kimia disebut ”drying”. Ini adalah peristiwa perpindahaan bahan (yaitu air) dari permukaan pakaian yang basah menuju udara bebas. Mengapa bisa berpindah? Karena perbedaan jumlah (konsentrasi) air dalam pakaian basah dengan udara sekitarnya sehingga air ini akan berpindah dari yang konsetrasi tinggi menuju ke lingkungan dengan konsentrasi yang lebih rendah. Terus gimana kalau malam-malam saya jemur pakaian, tapi tiba-tiba besok pagi pakaian saya sudah agak kering meskipun masih sedikit lembab padahal khan tidak ada sinar matahari di waktu malam. Tapi kalau di siang hari kok keringnya lebih cepat ya? Mengapa...mengapa. ..dan sejuta mengapa..... ......... .

Dalam dunia industri, peristiwa sederhana ini banyak dipakai lho. Sebut saja pabrik keripik dimana bahan yang akan dijadikan kripik biasanya harus dikeringkan terlebih dahulu. Pabrik mie instan juga menggunakan konsep ini untuk mengeringkan mie sebelum dikemas dalam bungkus-bungkus plastik. Pabrik susu bubuk, detergent bubuk, pemanis buatan, penyedap rasa, tepung tapioka, juga menggunakan teknik ini pada salah satu tahap pembuatannya.

Siap-siap deh kalau kerja di pabrik makanan yang butuh proses pengeringan, prinsip dasar teknik pengeringan harus sudah ngelotok, lho. Supaya nanti pengeringannya cepat, butuh energi sedikit, dan kualitas hasilnya baik.

Jaringan pipa air PDAM
Ada mekanisme perubahan tekanan (pemompaan) dan sistem aliran fluida serta sistem penyimpanan/ storage.

Membakar sampah
Konversi energi dan reaksi pembakaran

Metabolisme tubuh manusia
Mulai dari mulut hingga anus. Disebut-sebut sebagai miniatur atau ilustrasi pabrik yang sangat kompleks.

Timbulnya embun pagi dan kabut
Pembusukan sampah-sampah organik
Menyaring air kotor
Memompa ban mobil/motor
Dan masih.....masih. ..banyak lagi hal lain yang cukup panjang daftarnya apabila disebutkan satu-persatu

Sudah cukup memberikan gambaran awal mengenai teknik kimia, bukan? Kalau kurang, tunggu saja tulisan-tulisan berikutnya dengan topik yang lebih dalam tetapi tetap dikemas dalam suasana ringan dan informal. Pokoknya teknik kimia itu rentang jelajah aplikasinya sangat lebar, mulai dari kehidupan sehari-hari, industri kecil dan menengah, hingga industri-industri besar yang rumit dan kompleks.

Salam teknik kimia !!

Kamis, 05 Februari 2009

Enam Tips Buat kalian Yg Belum PeDe

Kawan-kawan yang kurang pede, ini dibawah ada tips khusus, trust Me It Works(haha gw terobsesi mama iklan L-Men nih,hahaha...)
Semoga bermanfaat Guys:

  • BERDIRI TEGAK, Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah merubah penampilan, berdirilah yang tegak, busungkan dada dan coba tampillah sempurna. Pokoknya jangan sampai kelihatan lecek dech, soalnya penampilan seseorang akan menentukan penilaian orang lain, buatlah kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah kamu.
  • BERSIKAP ASERTIF, Mulai sekarang cobalah merubah sikap, jadilah orang yang tahu kapan harus berkata tidak dan kapan berkata ya. Coba sekali-kali untuk tidak terlalu membayangkan orang lain akan berkomentar apa tentang diri kamu. Dan jangan takut bikin perubahan.

  • OBYEKTIF MENILAI DIRI SENDIRI. No body's perfect, nggak ada orang lain di dunia ini yang sempurna, dan nggak ada juga orang di dunia ini yang benar-benar nggak berguna. Karenanya jujurlah menilai diri sendiri, jangan selalu menganggap dirimu tidak mampu dan orang lain selalu lebih unggul. Semuanya sama meski punya keahlian yang berbeda, jadi buat apa minder....??? Nggak ada untungnya.

  • BUANG RASA TAKUT. Biasanya orang yang gak pede selalu kesulitan untuk mengungkapkan siapa dirinya pada orang lain. Cara mudah untuk berani menghadapi oarang lain adalah menatap mata lawan bicara kita, tapi jangan memandanginya. Menatap lain dengan memandang, kalau memandang biasanya kamu memperhatikan lawan bicaramu, bagaimana cara bicaranya, bagaimana mimik wajahnya. Boleh saja seperti itu asal jangan kelewatan, apalagi kalo sampi ngiler nggak karuan.

  • SEDIKIT BASA BASI. Cobalah untuk bersikap basa basi, tapi jangan sampai basi beneran karena akan membosankan. Tidak semuanya basa-basi itu jelek kok, untuk meningkatkan rasa percaya diri kemu boleh juga mencobanya.

  • BICARALAH YANG LUGAS. salah satu ciri orang yang kurang pede adalah tidak bicara secara lugas, selalu muter-muter. Dan biasanya terlalu banyak berkata, eeeeeeeeeeeeeeeeeeeee, anu dan yang sejenisnya, misalnya. " saya akan eeeee, anu, saya kan anu......".

SELAMAT MENCOBA. JUST TOBE YOUR SELF!

Selasa, 03 Februari 2009

Semester Tiga ini...

Selalu dan selalu musim liburan semester sekarang ini kadang buat gue bingung mau ngapain aja sebulan lebih kedepan, lama banget liburannya. Padahal universitas lain gak lama2 banget kalo mau ngasih libur. Paling selama libur-libur gini balik kampus cuman pengen ngambil mata kuliah buat semester depan, abis itu udah. Mau ngajak anak-anak plesiran, pada lebih milih ngandhang (pulang) daripada ngabisin duit pikirnya.

Saat gue ngeposting ini, gue lagi di semarang, rencana mau ngurus KRS and KHS gue sekalian daftar beasiswa PPA/BBM and Supersemar, moga aja dapet karena gue lagi butuh banget beasiswa itu. Orangtua lagi konsentrasi persiapan adik gue yang mau kuliah juga. Gak
murah kan sekarang biaya pendidikan di perguruan tinggi bahkan di PTN sekalipun, kayanya udah semakin jauh dari citra PTN itu kampus yang merakyat. UNDIP kampus gue, cukup buat gue salut ma kampus ini karena biaya kuliahnya tergolong masih terjangkau bagi semua kalangan karena subsidi dari pemerintah, okelah agak mahal dikit tapi lihat dong prestasi kita bagaimana dibandingin ma perguruan tinggi terbaik di tanah air yg biaya kuliahnya jauh diatas kita. Bisa liat kan, biaya murah tapi kualitas tetap terjaga. Universitas terbaik di Jawa Tengah, 3 dari 500 perguruan tinggi terbaik di dunia selain UI dan ITB meski gue lupa nyomot sumber ini darimana tapi yang jelas valid kog. Go UNDIP!...Eh ngomong2 gue ini gak da yang nyogok lho ngomong ini, tapi kalo emang ada boleh deh,hehe...itung2 jadi sales promotion boy di dunia maya.


Haduh..haduh..gue ngelantur terlalu panjang nih, jadi lupa mau ngomongin apa tadi.Hukh...dasar!
Yak balik lagi, ngomong-ngomong soal KHS gue semester 3 ini, terjun bebas, perfectly words according to my exams! Bener2 di luar dugaan, bisa dibilang nie ya...semester ini semester paling kelam. Banyak nilai C-nya Boss!!! Ada 4 huruf C nongol tanpa dosa di KHS gue di semester 3 ini. gak tanggung2 Boss, ada empat!! Padahal seumur-umur gue kuliah, yah ada paling satu yg dapet C. Peraturan akademik yg baru ini, gak ada nilai tengah (AB,BC,dll), gak ada modul/tentamen, gak ada semester pendek. Jadi nilai yg keluar itu apa adanya kita ngerjain ujian dulu, gak ada kesempatan kedua buat memperbaiki semuanya. Ya...hasilnya ya itu tadi, jeblog!! Sedih juga sih tapi yg bikin gue agak sedikit ayem ya, gak cuman gue aja yg jatuh nilainya, temen2 lain juga mengalami nasib serupa,,(Ya tetep aja gue jelek,huhu..)

Yah itung2 semester ini pemanasan ah,( Atau malah pemanasan terus, wah jangan deh!!,keburu lulus dong). Besok kudu berjuang extra keras!!
Semangat Yud!

Minggu, 01 Februari 2009

Arti Lambang BKKMTKI

Lambang BKKMTKI yang selama ini sering kita lihat, mungkin ada beberapa dari kita yang belum tahu filosofi dari lambang tersebut. Berikut penjelasannya:
Tiga potongan lingkaran melambangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. BKKMTKI sebagai wadah organisasi mahasiswa yang berbasis profesi Teknik Kimia mempunyai tujuan seperti tertuan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Reactor melambangkan arah/sasaran profesi Teknik Kimia yaitu dunia industri.
Lima Buah garis melintang melambangkan BKKMTKI berdasarkan kelima sila dari Pancasila dimana BKKMTKI nmempunyai tujuan berperan serta dalam mewujudkan mahasiswa Teknik Kimia Indonesia menjadi insane akademis yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dipersiapkan sebagai tenaga professional penggerak pembangunan menuju masyarakat adil dan makmur.
Warna Hitam melambangkan ketegasan dalam melaksanakan keputusan dan komitmen bersama.
Warna Hijau melambangkan komitmen mendukung pembangunan industri yang berwawasan lingkungan.
Warna orange melambangkan semangat muda yang menyala-nyala sebagai insan akademis dan insan pembangunan
Warna putih melambangkan dengan hati ikhlas menyumbangkan dharma baktinya untuk kepentingan bangsa dan kemanusiaan.
Sebenernya Teknik Kimia tuh ngapain sih?

Kerjanya ntar seperti apa ya ?



Pertanyaan seperti ini termasuk pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh mahasiswa-mahasiswa yang baru masuk Teknik Kimia dan ini lumrah terjadi kok, gue dulu juga menderita kebingungan yang sama tapi lama-lama setelah kita jalanin kuliah disana semakin kesini kita semakin paham akan ngapain dan jadi apa kita kelak, jadi gue yakin kebingungan-kebingungan itu bakal ilang dengan sendirinya. Suka gak suka itu kan persepsi orang sendiri-sendiri kan?!
Dulu di semester pertama gue masih gak ‘ngeh’ banget mau ngapain. Gue kudu belajar kalkulus, fisika, dan kimia. Pada dasarnya semua bidang teknik tuh awalnya pasti belajar yang namanya kalkulus, fisika, dan kimia (kecuali di jurusan Teknik Arsitektur kali ya, hehe..), karena emang pelajaran itulah dasar dari bidang-bidang teknik yang ada, termasuk Teknik Kimia. Kalo mo dibilang sih anggap aja itu semua pelajaran SMA kelas 4, hehe..
Sementara kalo yangg namanya teknik kimia gambarannya gimana ya.. sejujurnya saya juga ampe sekarang gak kebayang, hehe.. gak deng.. hahaha.. hmm, ilmu-ilmu dasar yg dipelajarin di teknik kimia tuh intinya ilmu-ilmu yang berhubungan dengan proses kimia. Proses kimia itu apa? simpelnya sih proses-proses yang dibutuhkan untuk mengubah suatu bahan baku menjadi produk yang diinginkan. Contoh ilmu yang terlibat banyak banget, ada transportasi fluida dan zat padat, neraca massa. perpindahan panas, perpindahan kalor, termodinamika, kinetika reaksi, unit operasi, rekayasa proses, proses pemisahan, evaluasi ekonomi, manajemen industri, pengolahan limbah, bahkan kita juga melajarin mikrobiologi industri, dasar-dasar bioproses n masih banyak lagi kok.. eeiiittsss, tapi jangan takut dulu, nama-nama diatas gak seseram yang dibayangin kok, hehehe..
Belum kebayang ya?? ntar juga lama-lama sambil dijalanin juga kebayang kok, hehe..
Terus ntar kerjanya Teknik Kimia kaya gimana ya? hmmm.. contohnya ya bikin pabrik.. masih bingung ngebedain ama Teknik Sipil dan Teknik Mesin? kalo Teknik Sipil dan Teknik Mesin tuh emang bikin pabrik juga, tp mereka tuh bikin pabrik dalam artian merekalah yg bikin alat-alat dalam pabrik, fondasi, gedung-gedung, dan segala hal-hal yang ‘kasat mata’ deh..
Kalo Teknik Kimia dimana? nah Teknik Kimia-lah yang menentukan pabrik apa yg harus dibangun, bahan baku apa yg mo dipake, produk apa yg mo dibikin, gmn cara bikinnya, intinya di belakang layar deh.. Ato mungkin kamu bertanya-tanya apa pentingnya sih Teknik Kimia buat kehidupan manusia?? Disadari ato gak, barang-barang yang ada di sekitar kita sebagian besar merupakan ‘hasil karya’ Teknik Kimia. Kertas, tinta, pakaian yang kamu pake (termasuk bahan pakaian dan pewarna kain), sabun mandi, pasta gigi, shampoo, deodorant, plastik, karet, gas elpiji, bensin, minyak tanah, pupuk, semen, minyak goreng itu semua bisa dibilang adalah ‘hasil karya’ Teknik Kimia. Jadi Teknik Kimia tuh emang luas banget.
Teknik Kimia ilmunya berat?? hmmm, berat ato gak itu sebenernya relatif kok, yang penting intinya tuh jalanin dengan santai aja, just let it flow. Yang jelas sih kalo mau sukses di Teknik kimia yang jelas perlu usaha dong.. gak ada kan orang yang bisa sukses tanpa berusaha.. tapi seperti yang dibilang tadi, yang penting sih dijalanin dengan santai aja, banyak baca literatur dan latihan soal juga bakal banyak membantu kok, dan yang jangan lupa untuk ngembangin kemampuan soft skill kamu diluar pelajaran kuliah, kaya organisasi-organisasi di kampus kalian.

Keajaiban Waktu

Sungguh ajaib yg namanya waktu. Di satu waktu ia menjelma berupa sesuatu yg suram,menyakitkan,dan menyedihkan. Sering pula berupa kisah yg memberikan kenangan buruk dan tidak menyenangkan. Pada satu waktu yg lain ia menjelma dalam bentuk yang sebaliknya berupa sesuatu yg lucu dan menggelikan..

Pada bingung yah..?Hmm sudah gw duga..:-(

Anyway kenapa gw ngelantur,bisa dapet kata2 tadi karena pas gw lagi ngobrol ma mantan gw lewat SMS. Sekarang Novi mantanku itu udah punya pacar dan mereka berdua punya panggilan sayang. Mereka berdua terinspirasi dari daerah asal pacarnya, Padang. Novi menyebut pacarnya Uda sedangkan dia dipanggil Uni.

Dulu gw ngerasa risih kalo mereka memanggil satu sama lain pake penggilan itu, meski ga secara langsung malah kadang Movi ga jarang keceplosan manggil gw Uda. Rasanya risih bener dan menurutku panggilan yang agak freak, aneh yang gw denger,hahaha...sebelumnya gw kudu minta maaf ma mereka berdua nih! ^o^

Kembali ma obrolanku lewat SMS tadi, ditengah-tengah obrolanku gw sengaja gantian nyebut dia pake gelat Uni di depannya dan gw secara sadar dan spontan nyebut diri gw sebagai Uda,aihaihaih...saat itu gw tertawa, sungguh lucu dan menggelikan. Di seberang sana Novi cuma bisa jengkel karena sebutan sayang pacarnya gw pake, khekhekhe...Yah begitulah sekatang kalo denger panggilan itu serasa menggelitik di telinga, sudah ga serem lagi buat gw.

Hmmm....sungguh waktu itu ajaib. Suatu kisah yang menyakitkan, tidak mengenakkan karena fungsi waktu berubah wujud menjadi sesuatu yang lucu dan bisa ditertawakan..

Happy Couple

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers