Rabu, 11 Februari 2009

Yudex Bingung mau Riset Apaan!!

Hari ini seharian mantengin komputer nonstop dari jam 10 pagi sampe 5 sore. Aku lagi pengen nyoba nyusun proposal penelitianku, lagi interest nih ma yg namanya buah saga yg dibilangin ma dosenku kalo kadar proteinnya itu ngalahin kacang kedelai. Kalo yg lain nyoba nyari artikel ttg biji rambutan yg bisa normalin kadar gula darah secara daerah kost2anku itu buuaaanyak bget pohon rambutannya dan aku tuh doyan bget yg namanya rambutan dan abis makan bijinya itu kan terus dibuang. Lha disinilah otak jeniusku penasaran (haiiaaahh...ngggayaaaa! hahaha!) kenapa ya gak dimanfaatin aja bijinya itu.

Terus aku juga pengen tuh neliti ampas kopi, bisa gak yo dimanfaatin lebih lanjut karena tiap pulang ke Solo di daerah Bawen tepatnya daerah Banaran, ada disitu berhektar-hektar tanaman kopi dan tentunya pasti ada pabrik pengolahan yg mengekstrak kopi menjadi bubuk kopi yg siap jual dan ampasnya tuh sepertinya belum dimanfaatkan secara optimal.

Hehehe...inspirasi ttg ide riset emang bisa dateng darimana aja ya. Orang2 pinter bilang kalo Indonesia tuh banyak bget masalah, jadi ya banyak bget hal2 yg bisa dijadiin ide buat penelitian (hahaha...miris juga ya..)

Abis searching di google, dapet tuh artikel2nya. Abis itu aku coba rangkumin jadi satu dan inilah hasilnya :

Rambutan
Sebagai gambaran, dalam setiap 100 gram (sekitar 3 buah) rambutan terkandung 69 kalori, sekitar 18,1 gram karbohidrat, serta 58 mg vitamin C.
Kadar vitamin C buah rambutan lebih tinggi dari jeruk manis. Sebab, dalam 100 mg jeruk manis hanya terdapat 49 mg vitamin C.
Kadar serat rambutan juga cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah.
Di dalam buah rambutan ini mengandung lemak dan polifenol cukup tinggi. Biji rambutan menghasilkan khasiat hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah)
Karakter buah seperti rambutan ini cocok dikonsumsi orang-orang yang tengah berdiet menurunkan atau menjaga berat badan.

Limbah Ampas Kopi
Ampas kopi mengandung minyak dengan 11-20% berat. Jumlah ini setara dengan bahan baku biosolar tradisional seperti kelapa sawit atau kacang kedelai.
Satu kilogram ampas kopi bisa diolah menjadi empat ons briket yang dipadatkan.
Limbah kulit kopi sebagai bahan baku pupuk organik.
2,8 kilogram bahan baku kopi bisa diolah menjadi 1 kilogram bubuk instan. Selebihnya merupakan limbah yang selama ini tidak banyak dimanfaatkan para pabrikan.

Buah Saga
Daunnya dapat dimakan dan mengandung alkaloid yang berkhasiat bagi penyembuhan reumatik.
Bijinya mengandung asam lemak sehingga dapat menjadi sumber energi alternatif (biodiesel).

Kog semua ngarahnya ke arah biodiesel ma biosolar ya. Well, emang sih biodeisel dan biosolar sekarang adalah sebuah pasar yang sedang menggeliat. Aku liat di beberapa SPBU udah banyak yg jual biosolar yg kadar emisinya rendah, lebih irit, lebih bertenaga. Jadi ide bagus bwt riset tuh!

Hwaaa...hari ini cuacanya friendly bget, gak panas juga gak hujan. Cocok bget buat bercengkerama dgn bantal n guling terus buat pulau jawa dgn cat iler!! (dasar orang gila!!).

Happy Weekend Frenzz


0 comments:

Posting Komentar

Tolong, biarkan aku mencarimu...

Happy Couple

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers