Senin, 16 Februari 2009

Sepak Terjang Ibuku Membasmi Hama Rumah

Sesaat aku hampir kejebak dalam pemikiran ini, Akh hari ini gak ada momen istimewa yg mendorong aku buat ngenote ini. Seharian ini aku kaya tikus sawah yg keluar dari kolong pematang kalo pas lagi laper aja. Tapi segera aku sadar pas inget kata2 motivasi buat penulis2 di jagad ini. Penulis gak boleh manja meski dalam waktu, tempat, dan situasi apapun tinta tetap tercurahkan, pena tetap tergoreskan, keadilan harus tetap ditegakkan dan bumi harus cepat diselamatkan!! (Power Rangers kaleee!).

Tapi perlu digarisbawahi, cetak Bold dan Italic spasi 1,5 ya, kalo aku sebenarnya gak pengen jadi penulis. Ngeblog disini karena aku ngrasain keasikan tersendiri kalo cerita keseharian ttg kehidupan disekitarku. Yah kehidupan sekitarku, tapi hari ini aku nemuin titik balik dimana gak cuman kehidupan sekitar aja yg seru buat diungkap. Pemahaman, pemikiran, ide2 yg meluap2 meski cuma terbesit doang sepertinya seru juga. Aku inget postinganku ttg iklan Ponds yg kemarin, definetely I did it. Ternyata aku sudah ngelakuinnya, secara gak sadar. So, in my blog I can write anything!

Back to story, kemarin malem pas aku lagi nonton TV tiba2 dikejutkan oleh suara pukulan. Sumber suara dari ruang tamu. Aku penasaran beranjak kesana, ternyata pas masuk aku megap liat ada sesuatu di dinding. Seekor tokek warna item keijoan sebesar lengan tanganku sedang lari2 diuber ma bapakQ yg udah bawa balok kayu gedhe siap mau giling tu tokek.

Gila Bo' gedhe banget tokeknya, menderita obesitas kali ya tuh Tokek. Mendengar keributan itu, Ibuku dateng. Tau ada tokek, ibuku berlari ke belakang ngambil balok satu lagi, sedangkan aku. Arggh..batang sapu aja cukup. Setelah bala bantuan datang tu tokek makin terpojok, akhirnya dia ngumpet di belakang lemari di sudut ruangan. Capek mungkin main metak umpet ma bapak. Ini kesempatan, kita bertiga nyergap tu tokek, ngegeser lemari dikit abis itu dgn sigap sebuah benda keras melukai tu binatang. Tokek itu terlempar dan jatuh pingsan, tapi kepalanya masih gedhek2 gitu, pusing kali ya!

"Habisin aja tu tokek, Mas" seru ibuku

Tanpa tedeng aling2, sekali lagi digenjet tu tokek pake kayu balok itu lagi. Ccceeekk! Pukulan bapak kali ini strike. Tapi, ekh masih gedhek2 lagi, udah akhirnya tampuk eksekusi dialihkan kepada ibuku. Wah sosok satu ini, kalo dirumah udah terkenal Raja Tega kalo urusan gicek menggicek tikus, kecoa, ular, tokek, dan binatang melata lainnya. Balok yg dibawanya sekonyong2 didaratkan ke pala tokek naas itu. Kali ini bunyinya, Creet...kemudian...croot!

"Udah Bu'!! Cukup!" pintaku sambil merem nahan eneg pas pukulan pertama ibuku buat kepala tokek naas itu berceceran ngotorin lantai. Pukulan kedua gak tau tuh bentuknya tu tokek apa masih bisa dikenalin. Akhirnya jenazah tokek itupun disemayamkan di gerobak sampah yg ada di samping rumah. Kematian yg sungguh tidak berperike-tokek-an.Huhuhu...

Sepak terjang Ibuku emang udah gak perlu diragukan lagi. Aku jadi inget waktu dulu pas aku lagi periksa tandon air di lantai atas. Tiba2 ada suara mencurigakan di tong tempat nyimpen barang2 yg ga penting. Aku ngendap-ngendap pengen tau ada apaan, waktu pas mau ngintip lewat bibir tong itu, tiba2 mata kami menatap satu sama lain dgn perasaan yg sama (eidyan sok romantis!).

Kaget bin Takut! Ada tikus!! Parahnya tu tikus langsung loncat dan nabrak jidatku, aku yg saat itu belum beranjak langsung histeris ngeri. Ibuku yg punya Rat Detector langsung mencium gelagat tidak baik dgnku.

"Ada apa to Yud?!!" tanya ibuku

"Ada tikus di tong Bu!'" seruku

Beliau langsung berlari naik, Lalu dari tong itu tiba2 kami denger suara Ciiit...Ciiit...Citt!
"Masih ada Yud!" kata beliau. "Tungguin itu tong, sebentar Ibu abis ngrebus air.
Akhirnya aku tungguin itu tong, masih bersuara jg lho, aneh, jangan2 banyak lagi pikirku. Tak lama ibuku nongol sambil bawa cerek ngresbu air tadi. Seketika air yg mendidih itu dituang ke dalam tong!! Gila!!

Hasilnya, jeritan Cit Cit Cit itu makin bersahut2an, kaya lomba kicau burung gitu, buaanyak bget kayanya. Semakin lama suaranya makin menghilang. Aku yakin mesti di dalam dah pada mateng kali ya, pikirku. Sampai suara itu dah ngilang, kami berdua membongkar lagi semua isi dalam tong. Sapai semua terangkat, aku cuma bisa megap doang liat disitu...kuhitung...ada...SATU,.... DUA,...TIGA, EMPAT...

"Ibuk, ada DELAPAN tikus rebus disini!!" seruku kaget

"Tangkapan Besar, Nak! Hahaha" tawa gelak ibuku begitu keras saking bangganya.

Bujug Busseeet, aku ngeliat satu keluarga utuh itu mateng secara berjamaah disini, minus satu tadi yg nabrak jidatku. Pada basah kuyup dan kulit mereka memerah. Entah perasaanku senang atau terharu jadinya. Hatiku sebenernya menjerit, tak kuasa menahan rasa iba. Selamat Jalan semoga selamat sampai tujuan.

0 comments:

Posting Komentar

Tolong, biarkan aku mencarimu...

Happy Couple

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers