Minggu, 01 Februari 2009

Sebenernya Teknik Kimia tuh ngapain sih?

Kerjanya ntar seperti apa ya ?



Pertanyaan seperti ini termasuk pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh mahasiswa-mahasiswa yang baru masuk Teknik Kimia dan ini lumrah terjadi kok, gue dulu juga menderita kebingungan yang sama tapi lama-lama setelah kita jalanin kuliah disana semakin kesini kita semakin paham akan ngapain dan jadi apa kita kelak, jadi gue yakin kebingungan-kebingungan itu bakal ilang dengan sendirinya. Suka gak suka itu kan persepsi orang sendiri-sendiri kan?!
Dulu di semester pertama gue masih gak ‘ngeh’ banget mau ngapain. Gue kudu belajar kalkulus, fisika, dan kimia. Pada dasarnya semua bidang teknik tuh awalnya pasti belajar yang namanya kalkulus, fisika, dan kimia (kecuali di jurusan Teknik Arsitektur kali ya, hehe..), karena emang pelajaran itulah dasar dari bidang-bidang teknik yang ada, termasuk Teknik Kimia. Kalo mo dibilang sih anggap aja itu semua pelajaran SMA kelas 4, hehe..
Sementara kalo yangg namanya teknik kimia gambarannya gimana ya.. sejujurnya saya juga ampe sekarang gak kebayang, hehe.. gak deng.. hahaha.. hmm, ilmu-ilmu dasar yg dipelajarin di teknik kimia tuh intinya ilmu-ilmu yang berhubungan dengan proses kimia. Proses kimia itu apa? simpelnya sih proses-proses yang dibutuhkan untuk mengubah suatu bahan baku menjadi produk yang diinginkan. Contoh ilmu yang terlibat banyak banget, ada transportasi fluida dan zat padat, neraca massa. perpindahan panas, perpindahan kalor, termodinamika, kinetika reaksi, unit operasi, rekayasa proses, proses pemisahan, evaluasi ekonomi, manajemen industri, pengolahan limbah, bahkan kita juga melajarin mikrobiologi industri, dasar-dasar bioproses n masih banyak lagi kok.. eeiiittsss, tapi jangan takut dulu, nama-nama diatas gak seseram yang dibayangin kok, hehehe..
Belum kebayang ya?? ntar juga lama-lama sambil dijalanin juga kebayang kok, hehe..
Terus ntar kerjanya Teknik Kimia kaya gimana ya? hmmm.. contohnya ya bikin pabrik.. masih bingung ngebedain ama Teknik Sipil dan Teknik Mesin? kalo Teknik Sipil dan Teknik Mesin tuh emang bikin pabrik juga, tp mereka tuh bikin pabrik dalam artian merekalah yg bikin alat-alat dalam pabrik, fondasi, gedung-gedung, dan segala hal-hal yang ‘kasat mata’ deh..
Kalo Teknik Kimia dimana? nah Teknik Kimia-lah yang menentukan pabrik apa yg harus dibangun, bahan baku apa yg mo dipake, produk apa yg mo dibikin, gmn cara bikinnya, intinya di belakang layar deh.. Ato mungkin kamu bertanya-tanya apa pentingnya sih Teknik Kimia buat kehidupan manusia?? Disadari ato gak, barang-barang yang ada di sekitar kita sebagian besar merupakan ‘hasil karya’ Teknik Kimia. Kertas, tinta, pakaian yang kamu pake (termasuk bahan pakaian dan pewarna kain), sabun mandi, pasta gigi, shampoo, deodorant, plastik, karet, gas elpiji, bensin, minyak tanah, pupuk, semen, minyak goreng itu semua bisa dibilang adalah ‘hasil karya’ Teknik Kimia. Jadi Teknik Kimia tuh emang luas banget.
Teknik Kimia ilmunya berat?? hmmm, berat ato gak itu sebenernya relatif kok, yang penting intinya tuh jalanin dengan santai aja, just let it flow. Yang jelas sih kalo mau sukses di Teknik kimia yang jelas perlu usaha dong.. gak ada kan orang yang bisa sukses tanpa berusaha.. tapi seperti yang dibilang tadi, yang penting sih dijalanin dengan santai aja, banyak baca literatur dan latihan soal juga bakal banyak membantu kok, dan yang jangan lupa untuk ngembangin kemampuan soft skill kamu diluar pelajaran kuliah, kaya organisasi-organisasi di kampus kalian.

1 comments:

Posting Komentar

Tolong, biarkan aku mencarimu...

Happy Couple

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers