Senin, 29 Juni 2009

Cah Olo Merayakan Posting Blog ke-100nya

Celebrating #100 Blogs of Cah Olo

Manusia merayakan sesuatu karena manusia ingin menunjukkan peningkatan kualitas hidup yang sudah ia lakukan. I've surprised cause I just know that I write all of those post so this far.(Hehe...masih belepotan Cing bahasa inggrisnya, baru belajar dan rasanya kalimat diatas itu keliatan maksain jadi inggris dari bahasa indonesia, haha...)

Kalo mau flashback, aku masih inget Maret 2008 pertama kali aku ngeblog. Posting pertamaku dulu isinya puisi-puisi ( Hey..WHAT do U laughing for?!! ) yang pernah aku bikin di semacam diary kecil, lalu aku tulis lagi di blog Cah Olo. Catetan-catetan itu aku ubek-ebek lagi, baca-baca lagi, dan ada beberapa yang sukses bikin aku ngakak lasciviously (Okey, lasciviously = dengan penuh birahi) karena inget background aku bikin puisi itu. Beberapa diantara yang rasanya begitu "kena" dan yang bagus aku coba posting di blog. 

Proses kelahiran blog ini sebenernya karena gak sengaja. Temenku Johan, nyaranin aku bikin akun di multiply biar enak kalo mau download lagu bisa sepuasnya (sayangnya sekarang udah gak bisa). Dengan keisengan tingkat tinggi, aku nyoba ngerawat blog ini dengan masukin puisi-puisi tadi ke dalam blog, nambah-nambah asesoris, ngubah template berkali-kali layaknya orang yang punya website sendiri. Pertama ngerasain, "Enak juga ya, punya diary di internet!". 

Waktu itu aku blogger yang sangat kuper, acuh dengan blogger-blogger lain yang mampir di weblogku, memposting tulisan kalo mood lagi bagus, gak pernah blogwalking, ngasi komentar balik, pokoknya seperti katak dalam tempurung. Keinget dulu ketika masa-masa sulit dimana aku lagi broken, down, jatoh, kebanting, ketimpa tangga, raajiii....iiin banget yang namanya posting tulisan disitu, apalagi puisi (Beeuuuuhhhh!!). Ketika mulai mereda dan aku mulai bosen dengan depresiku itu, surut juga keaktifanku nulis.

Namun, baru setahun belakangan ini aku coba lebih melek lagi mengenai dunia blog. Isi posting juga gak lagi puisi atau syair yang mungkin akan bikin aku nyakar-nyakar tembok
. Sekarang lebih kepada catetan-catetan harian dan segala hal yang nyanthol dan ngeganggu di otak. 

Ternyata ada keasikan tersendiri, nulis jurnal-jurnal ilmiah pribadi mulai dari hal-hal konyol di kampus, keseharian anak-anak kontrakan yang abnormal, acara maen-maen, sampe curhat colongan. Dan selama itu aku terus belajar ngeblog, cara yang selalu bisa dihandalin adalah banyak baca dan banyak nulis. Yep, improve your blog with your reading skills and your writing skills!!. Selama proses belajar itu, aku tetep selalu menyajikan isi atau konten yang terbaik meskipun itu tulisan buat sekedar nyampah doang, Heehee..


Lalu, kenapa Cah Olo ini bisa istikomah sampe sekarang??
Well, mungkin itu bisa terjawab dengan menjawab pertanyaan Ndoro Kakung, Blogger senior dimana blognya itu dibaca ratusan orang per hari. Di bukunya "Nge-blog Dengan Hati". Di Chapter paling awal, beliau bertanya kepada para blogger pemula tentang urgensi seseorang mempunyai blog :

Apakah sampean punya passion setinggi gunung Merapi? 
Adakah sesuatu yang akan membuat sampean begitu bergairah, baik dalam keadaan senang maupun susah, tanpa memperdulikan apakah minat itu akan mendatangkan keuntungan atau tidak? 
Apakah sampean menikmati proses menciptakan sesuatu dan berbagi pengetahuan dengan orang lain?


Lantas kujawab :
Yeah, terkadang blog buatku bisa jadi temen yang bisa nampung semua feel, emosi, semangat, gairah (jangan ngeres), uneg-uneg yang emang gak tersalurkan ketika aku ngelakuian hal yang sama dengan mereka (mereka = temen = manusia, bukan pohon, boneka atau ikan). Pokoknya blog adalah sesuatu yang ganggu di otak dan hati, meskipun itu pikiran-pikiran ngaco dan amburadul, hahaha...!

Dan aku gak mikir, apakah blog-ku itu akan banyak dikunjungi, banyak yang komen, Terserah! Yang penting aku bisa puas kalo udah mem-posting sesuatu, dan tentu saja aku sangat menikmati proses itu. 

Buku "Nge-Blog dengan Hati" ini sangat inspiring banget buat temen-temen yang baru, udah, atau sedang mempunyai blog. Nulis dengan hati berarti kita belajar mengungkapkan opini kita secara tulus, bukan dgn pamrih agar dikomentari, dihargai, whatever it is. Nulis ya sekedar menulis, udah ada kepuasan tersendiri.

Ngutip dari blognya Dewi Lestari a.k.a Dee :
Write your best and it becomes a good blog... at least from the perspective of the writer, rite? :)

There goes my References.
Cah Olo signing off, Have a freakin' funny day buat temen-temen yang seminggu lagi Ujian Semester. Study is something funny to do, right?!! :-) dan jangan lupa...Do'akan saya! Hahaha....!
 Siipp!!

0 comments:

Posting Komentar

Tolong, biarkan aku mencarimu...

Happy Couple

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers