Selasa, 18 Agustus 2009

In Memoriam With Paskibra SMA

Wow. Guys, tanya, udah berapa lama kalian gak ngikutin upacara bendera?! Atmosfer upacara bendera kemarin berasa ada dimana-mana, mulai dari istana negara sampe di bawah laut Bunaken. Kemudian hatiku gulana ketika mata melihat dan tanya itu menghujam saja di benakku (cailah, bahasanya lebay binti ruwet).

Aku sendiri terhitung sejak kuliah, udah 2 tahun udah gak pernah ngikutin upacara bendera lagi. And You-Know-What, aku dulu jadi anggota Paskibra di sekolah. Anak-anak nyebutnya Paski Smansa (Pasukan Inti SMA N Satu). Paski adalah ekskul paling mentereng dan prestisius di sekolah. Pokoknya, siapa sih yang gak tahu Paski, dan gimana anak-anaknya (Hohoho...Somse!)

Tugas apa aja waktu upacara udah pernah aku jabanin, kecuali dirigen, UUD '45, MC, dan pembawa bendera karena emang tugas cewek. Rasanya tiap upacara bendera mesti dapet tugas mulu, dan berasa hobiiiiiiiii banget tuh yang namanya upacara. Hehehe...Tapi itu cuman berlangsung ketika aku masih di kelas X. Kalo udah kelas XI -jadi senior- kita cuman ngawasin adek-adek junior yang tugas, kita ngadhem dan berlindung dari panasnya matahari di belakang layar, gak ikutan upacara. Hehehe...Dan ketika udah kelas XII kita ya akhirnya ikutan upacara ama temen-temen yang lain.



Perhatikan sesosok lingkaran biru yang ditanda panah. Waspadalah!! Waspadalah!!

Ketika ada momen hari nasional, kita tugas dengan menggunakan baju kebesaran (itu lho pakaian Paskibraka yang serba putih dengan ikat leher warna merah), lengkap dengan sepatu PDH (pantofel) dan atribut-atribut yang nempel di baju dan peci item. Wah eksklusif banget lah.


Pasukan 17 adalah pasukan yang bertugas mengawal pasukan pengibar bendera, aku pernah dapet tuh tugas buat ngerek bendera, dan nyaris sempurna pelaksanannya. Meski kita berkorban dengan latihan terus tiap pulang sekolah, berpanas-panas ria demi keberhasilan upacara (sesaat jiwa nasionalis muncul, hwewehweh).Ada kebanggan tersendiri waktu itu. Apalagi ada pacar yang ngawasin di antara barisan peserta. Perfecto!

Sebenernya kalo mau ngomongin Paski, banyak hal yang begitu menarik buat diceritain, dari mulai dulu perekrutan anggota baru sampe kita punya junior. Satu hal lagi yang bikin aku bangga udah pernah jadi bagian Paski adalah rasa solidaritas yang kuat karena kita sama-sama digembleng dan ngerasain gimana susahnya menjadi anggota Paski. Meski cuman di tingkat sekolah gak sampe Paskibraka yang bertugas menjalankan upacara bendera di istana negara bersama Pak SBY itu, udah cukup banyak kenangan disana.

At least, most of all. Dirgahayu Kemerdekaan NKRI yang ke 64!!
Merdeka!!
Majulah Negeriku!!
Yeeaaaaaaaaakhhhh....!!
(Bawa bambu runcing dan Jerit-jerit ngepalin tangan dan mangap sambil melet)

0 comments:

Posting Komentar

Tolong, biarkan aku mencarimu...

Happy Couple

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers