Selasa, 02 Oktober 2012

Chuseok Holiday Part 1

Ga kerasa udah 2 minggu aja di Korea. Weekend kemarin ternyata adalah hari raya terbesar buat orang Korea : Chuseok. Kabar baiknya buatku adalah kita dapet libur 5 hari. Cucoook!!
 
Hari Jumat, sebelum Chuseok Mr. Jae Son Jin dan Soo Won Kim memberi kita surprise, kita dikasih Songpyeon sebelum pulang dan berliburan Chuseok. Songpyeon itu semacam kue yang terbuat dari ketan beras yang dibentuk dengan berbagai bentuk dan warna. Isiannya biasanya manis seperti kacang hijau, kacang merah, coklat, madu. Mirip seperti jajanan pasar seperti yang aku tulis baru-baru ini. Katanya Songpyeon ini cuma bisa dijumpai ketika Chuseok Holiday aja. Wew. Sesuatu banget lah.


Songpyeon
Mr. Jae Son Jin, Mr. Soo Won Kim and Ms. Kim Da Hee

Chuseok mungkin lebih seperti hari raya lebaran bagi orang Indonesia. Chuseok tahun ini jatuh pada tanggal 29 dan 30 Oktober. Chuseok adalah waktu dimana orang-orang Korea berkumpul bersama keluarga mereka, berziarah ke makam leluhur mereka, bersyukur akan panen yang melimpah dan berdoa untuk kesejahteraan di tahun berikutnya. Ketika Chuseok, jalanan sangat macet, orang-orang yang tinggal di kota besar berbondong-bondong menuju kota kelahiran mereka. Tentu saja, jalanan menjadi sangat macet misalnya dari ibukota Seoul menuju ke bawah (ke selatan).

Children wearing Hanbok in Chuseok

Chuseok adalah waktu yang tepat bagi warga asing untuk menikmati Seoul atau Busan karena tentu saja, jutaan orang moving down (south direction) dan Seoul sedikit lebih lengang dari biasanya. Perfect! Aku bersama temanku yang lain sudah memegang tiket bus ke Seoul. First Trip to Seoul begun!

Jungma Bus Terminal, Gwangyang

Jungma Bus Terminal (Gwangyang-Si)

Perjalanan sekitar 4,5 jam dan kita sempat mampir di rest area. Disitu aku bisa ngerasain street food Korea. Aku nyobain udang goreng sama bola daging ayam 2000 Won.

Street Food in Rest Area, South Korea

Sampe di Dong Seoul Terminal, kita pisah rombongan dan kita berdelapan orang menuju Guest House “Seoul Walker” di daerah Hapjeong. Sore menjelang malam kita naik subway menuju Myeong-dong. Pusat belanja paling terkenal di Seoul. Waaah malam minggu di Seoul emang menyenangkan, tapi di Myeong-dong aku gak beli apa-apa karena sepertinya teman-teman yang lain pun juga akan dateng lagi besok ke sini buat mutusin mana yang mau dibeli. Di Myeong-dong, semua barang sangat menarik, dan kalo cukup uang dan kuat buat bawa semua ya terserah sih, hahaha…

Guest House Seoul Walker
Interior Guest House "Seoul Walker"


Guest House Seoul Walker


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Depan halaman Seoul Walker
 
 Ini foto-foto suasana malam minggu di Myeongdong


Lotte Department Store, Myeongdong
Seberang Gerbang Myeongdong, ada Lotte Dept. Store
 
 
Myeongdong during Chuseok
Myeongdong ketika malam hari
 
Masih banyak yang bisa diceritakan. Lanjutin di part 2 aja biar ga kepanjangan. Cukup untuk sabtu malam ini. Masih ada hari Minggu di Seoul.




Related Post :

0 comments:

Posting Komentar

Tolong, biarkan aku mencarimu...

Happy Couple

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers