Sabtu, 26 September 2009

Tentang PKM-ku

Hari-hari ini dan ke depan adalah hari bulan maduku dengan kertas dan monitor komputer (ada gak ya, perumpamaan yang lebih lebay dari ini??). Proposal PKM Penelitian dan PKM Kewirausahaan 3 oktober besok harus sudah dimasukkan ke rektorat. Progress proposalku secepat bocah kemarin sore yang lagi belajar merangkak, gak selesai-selesai. Dan itu artinya, aku harus ngebut dan bocah itu terpaksa menggunakan NOS biar merangkak cepat (hallo! siapapun disana! ada perumpamaan yang lebih baik dari ini? Help Me, My Brain was overloaded!)

Why I am so excited? DirJen Pendidikan Tinggi memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa seluruh Indonesia yang ingin memperluas dan mengaplikasikan pengetahuannya melalui bidang kegiatan penelitian, penerapan teknologi, kewirausahaan, pengabdian masyarakat, bahkan gagasan-gagasan. Kita diminta membuat proposal tentang bidang apa yang ingin kita kerjakan. Proposal kita dihargai maksimal 10 juta untuk tiap usulan. I think it's freakin' cool.

Aku mau mengajukan 3 judul, 2 diantaranya sudah mencapai 85% dan satunya masih tersimpan rapi di kepala. Sedikit cerita tentang apa yang aku usulkan, mungkin bisa menambah wawasan buat kalian. 

-= Kopi Tanpa Kafein =-
Ide merekayasa kopi yang bebas kafein ini memang pure dari aku sendiri. I'm coffee addict and caffein make all the thing going bad. Aku ingin ketika meminum secangkir kopi tanpa harus sering ke belakang buat pipis dan tak harus merasakan jantung yang berdegup kencang.  


Selama ini banyak yang mengusahakannya dengan menggunakan uap panas (steam), tapi ternyata ketika diseduh, aroma dan cita rasa kopi itu juga ikutan lenyap. Aku mencoba memodifikasi pelarut yang digunakan untuk mengekstrak (gampangnya, mengambil) kafein dari biji kopi menggunakan pelarut organik, tentunya yang mudah didapat agar semua orang bisa melakukannya. Ini usulan kegiatan penelitianku.

-= Jelly Rumput Laut =-
Minuman jelly yang beredar di pasaran, ternyata masih menggunakan senyawa kimia. Bersama teman-teman lain, kita mencoba berbisnis jelly rumput laut. Rumput laut itu memiliki kandungan serat yang tinggi juga mempunyai senyawa yang mencegah timbulnya kanker. Selenium dan seng dapat mereduksi level estrogen dalam tubuh, karena jika kadar estrogen yang terlalu tinggi bisa berpotensi kanker. Satu lagi, karbohidrat yang membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dicerna dalam tubuh membuat rumput laut menjadi makanan penunda lapar.

Cuma selayang pandang tentang apa yang membuatku begitu excited akhir-akhir ini. Aku juga gak ingin menjadikan blog ini sebagai website farmasi atau kesehatan apalagi website gizi. Maaf, juga lagi gak kekurangan gizi. 

0 comments:

Posting Komentar

Tolong, biarkan aku mencarimu...

Happy Couple

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers